Menuntut Ilmu jauh-jauh ke sebuah pesantren meninggalkan kampung halaman dan keluarga tak membuat para santri-santri MHM Kalibening Salatiga juga meninggalkan urusan finansial atau lebih pasnya yaitu mondok sambil bekerja. Mondok Sambil bekerja menjadi pandangan yang tak aneh lagi di Pondok Pesantren Kalibening Salatiga ini. Para santri Hidayatul Mubtadi-ien tak patah semangat untuk belajar setiap hari meskipun banyak aktivitas ketika di Pesantren. Disana sebagian para santri banyak yang melakoni beraneka macam-macam pekerjaan jasa, Semua dilakukan dengan tujuan untuk hidup mandiri tanpa harus meminta uang saku dari keluarga. Bahkan para santri salah satunya malah ada yang bisa membantu keuangan keluarga mereka walaupun tidak seberapa namun tetap ada diantara mereka para santri PPHM kalibening yang mampu.
Di Pondok Pesantren Kalibening Salatiga memang bisa dikatakan pesantren yang bebas namun juga nggak semau gue. Disana di perbolehkan membawa Handpond, Laptop, Kendaraan serta berbagai macam aktivitas lain seperti sekolah, dan kuliah di area sekitar Salatiga khususnya. Kemandirian para santri disana cukup bisa membuktikan pertanyaan-pertanyaan seperti "lulusan pesantren mau kerja apa ? Setelah lulus mondok mau jadi apa ?

Lika-liku kehidupan para santri demi menuntut Ilmu memang menyimpan banyak rahasia tersendiri bagi setiap masing-masing santri. Berikut macam-macam pekerjaannya ??

1.Jualan Online

Santri bisnis online menjadi solusi menghasilkan uang saat di Pesantren demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang di perlukan ketika mondok. Jualan online ini memang banyak dilakoni oleh sebagian santri PPHM Salatiga. Seperti halnya jualan pakaian, obat-obat herbal, dan lain sebagainya. Sebut saja Kang Fulan yang berdagang online obat-obat herbal walaupun hanya mengandalkan gadget dan sosial media dia Mampu sedikit demi sedikit menghasilkan uang. Setiap hari dia selalu mengeshare dagangannya melalui sosial media seperti facebook.

2.Tukang Servis Komputer

Keahliannya dalam mengotak atik komputer yang ia terjuni khususnya dalam jurusan perangkat keras menjadi sumber penghasilannya saat di Pondok Pesantren. Namanya Rudi Sugiarti ia telah menjalani pekerjaan ini sudah bertahun-tahun mulai dari ikut orang dan sekarang sedikit demi sedikit mulai membuka kios sendiri. Jasa panggilan tukang servis komputer area salatiga pun menjadi pekerjaan saat mondok yang cukup dikatakan menjanjikan.

3.Catering

Andriyanto sapto aji salah satu santri yang sudah bekerja di tempat catering selama kurang lebih 3 tahun menjadikannya sebagai pekerjaan saat mondok

4.Kuli Bangunan, walaupun hanya seorang santri yang masih mondok pekerjaan menjadi kuli bangunan pun tak membuat salah satu dari mereka merasa malu ataupun minder. Pagi berangkat kerja sampai sore kemudian ba'da ashar ia sanggup untuk tetap bisa mengaji.

5.Penjaga Toko

6.Bercocok Tanam Dengan Orang Kampung Sekitar Pesantren

7.Menerima Jasa Bimbel

8.Pedagang Keliling

9.Menjadi Blogger/Penulis Artikel Disebuah Website/Blog

10.Jualan Makanan Kecil Dikamar





Mondok Sambil Bekerja.Inilah 10 Macam-Macam Pekerjaan Santri Saat Di Pondok Pesantren MHM Salatiga


Banyak seseorang tentunya yang mengalami problem cinta, seperti halnya Ketika wanita, yang kita lirik ternyata juga jadi incaran cowok lain dan sekaligus dia merupakan cowok yang menjadi teman dekat dalam keseharian. Sedih Serba bingung, sakit hati dan bertanya harus bagaimanakah aku ? dan kenapa bisa begini ??. . .Terlebih lagi jika si wanita/cewek itu lebih memilih cowok yang juga jadi teman dekat/sahabat kita. Mungkin hal-hal yang dirasakan cowok apabila ada kejadian seperti itu akan bekecambuk hatinya, bahkan bisa menjadi hal penyebab yang fatal menjadi orang strees. Jangan sampai deh !!!

Berikut Cara Gampang lupakan seseorang yang dicintai seperti versi yang dilansir dari merdeka.com
Tidak usah terlalu memaksakan diri untuk melupakan, biarkan mengalir
Tentu ketika pertama berpisah kita akan masih terus mengingat-ingat kenangan bersama mantan. Namun alangkah lebih baik jika kamu tidak berusaha untuk mengingat terus kenangan bersama dia alias melupakan kenangan bersama dia. Namun ketika kamu berusaha melupakan, jangan terlalu memaksakan dirimu untuk melupakan dalam waktu yang singkat. Cara melupakan seseorang yang kita sukai adalah dengan berusaha tidak mengingat namun tidak memaksa. Maksudnya bagaimana? Tidak usah menekankan pada dirimu sendiri bahwa kamu harus segera melupakannya, justru cara melupakan seseorang yang dicintai seperti ini akan membuat kamu terus teringat tentang dia. Biarkan saja mengalir. Yang penting adalah menghindari mengingat-ingat kenangannya.

Baca Juga:


1.Hindari sendirian dalam waktu yang lama
Dalam kesendirian inilah justru otak akan seakan-akan terus memutar kenangan bersama dia. Tentu saja kamu akan semakin susah untuk melupakannya. Jangan biarkan dirimu sendiri dalam waktu yang lama. Namun jika memang kamu merasa harus menyendiri, jangan biarkan dirimu tidak melakukan hal apa-apa. Kamu bisa mencoba menghabiskan waktu dengan membaca, menonton film, mendengarkan musik, atau yang lebih bermanfaat mengerjakan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan.

2.Sibukkan diri dengan aktivitas
Hampir sama dengan poin nomor 2, cara melupakan seseorang yang dicintai adalah dengan terus menyibukkan diri sendiri dengan berbagai macam aktivitas yang membuat kamu tidak sempat untuk sendiri atau tidak melakukan apa-apa. Kamu bisa melakukannya dengan hang-out bersama teman-teman, melakukan hal-hal yang kamu sukai, jalan-jalan di taman, berkumpul bersama keluarga. Akan lebih bagus lagi jika kamu rajin berolahraga. Selain menyehatkan badan, pikiranmu pun sehat dan otomatis akan bahagia.

3.Hindari hal-hal yang membuat kamu ingat dengan mantan
Kamu punya media sosial. Block semua akun mantanmu. Sadis sih memang kedengarannya. Namun jika tiba-tiba dia update status dan muncul di berandamu akan membuat kamu semakin susah untuk melupakan dia. Atau kamu punya barang-barang pemberian mantan. Sebaiknya jauhkan dari pandanganmu. Caranya bisa dengan kamu buang, kamu simpan di kardus, disumbangkan, apapun deh. Yang penting gak kelihatan mata. Oh iya cara melupakan seseorang yang ampuh adalah jangan membuat dirimu berada dalam situasi yang dapat memancing kenangan-kenangan itu muncul. Seperti, nonton film atau drama percintaan, mendengarkan musik-musik galau atau yang ada hubungannya dengan cinta-cintaan. Dijamin deh, ketika kamu berada dalam situasi seperti itu, kenangan bersama mantan akan muncul secara tiba-tiba.

4.Jangan menghubungi mantan sekalipun
Eits, stop mantengin hape lihat chatmu dengan mantan. Ingat poin 4? Block semua media sosial mantan. Jangan pernah sekalipun kamu menyapa meski cuma sekadar chat. Lebih baik jika kamu block segala jenis komunikasi yang berhubungan dengan mantan. Bisa saja dia berusaha menghubungi seperti lewat WA, LINE, ataupun SMS. Jangan dibalas ya, apalagi kalau dia telpon. Sudah nggak perlu diangkat supaya kamu juga nggak ngarep.

5.Batasi interaksimu dengan dia
Mantan ternyata merupakan teman satu kelas, satu kampus, satu tempat kerja? Hm. Jangan terlalu sering berdekatan atau berinteraksi deh. Cara melupakan seseorang yang kamu sukai ini akan efektif jika kamu tidak berinteraksi dengan dia. Jika dia ingin mengajak berteman dulu, bilang saja kalau kamu butuh waktu untuk menata hati. Jika sudah siap baru kamu akan bersikap seperti sedia kala yakni hanya sebatas teman. Pertamanya mungkin bakalan awkward banget. Dan juga orang-orang di sekitarmu akan merasa ada yang salah. Tapi cuek saja, itu demi kebaikan diri sendiri.

6,Curhat ke sahabat terdekat
Cara melupakan seseorang dengan cepat selanjutnya adalah dengan curhat ke sahabat terdekat. Ingat ya, curhatlah kepada seseorang yang benar-benar kamu percaya. Bisa curhat ke sahabat atau orang tua. Hal ini untuk mengangkat beban di hati dan pikiranmu.

7,Berinteraksi dengan orang baru
Cobalah berinteraksi dengan orang baru. Tidak usah takut. Selain menambah relasi, bukan tidak mungkin bahwa kamu nantinya akan menemukan jodoh lho. Buka hati saja. Tidak usah terlalu menutup hati. Biarkan lukamu menutup dengan sendirinya.

8.Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta
Nah, cara melupakan seseorang yang telah menyakiti kita terakhir adalah dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah. Mungkin ini merupakan cara-Nya menegur bahwa kamu semakin menjauh dari-Nya. Mintalah kepada-Nya diberikan kekuatan untuk dapat terus hidup dan bertahan dari luka yang disebabkan oleh mantanmu.

So, itulah ke-9 cara melupakan seseorang yang kamu cintai. Ingat, jangan terus terpuruk dan berlarut-larut dalam kesedihan. Tidak hanya kamu saja yang pernah mengalaminya, di luar sana juga banyak orang yang mengalami hal yang sama denganmu. Tahu perumpamaan bola bekel, semakin keras dilempar ke bawah, semakin tinggi pula lompatannya. Semangat. Semoga bermanfaat

Ternyata Wanita Yang Kita Lirik Jadi Incaran Teman Dekat Dan Lebih Memilih Dia. Inilah 9 Cara Gampang Lupakannya


Santri Putri berwajah cantik dan mempunyai akhlak yang baik mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan wanita/cewek. Namun santri putri cantik saja tidak menjamin laki-laki/para cowok menaruh hati kepadanya. Namun untuk pertama kalinya mungkin biasanya para cowok/laki-laki akan terpesona/terpikat oleh kecantikan wanita tersebut. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin saling mengenal keduanya, cantik saja nampaknya tidak cukup membuat pria jatuh cinta.

Ada beberapa tipe cewek/santri putri yang sebenarnya mudah membuat para pria jatuh cinta. Tak hanya jatuh cinta, tipe-tipe ini juga sering kali bikin para pria menaruh rasa rindu besar. Ya, walau tak jarang tipe ini sering dinilai sepele dan tak mungkin membuat pria jatuh cinta. Hanya saja jangan salah, walau sering dibilang sepele, sadar atau tidak tipe-tipe ini sering bikin pria makin penasaran lho.

Apa saja tipe tersebut? Simak berikut ini.

Cerewet
Wanita cerewet bagi sebagian besar orang mungkin dinilai sangat kurang menarik. Juga, wanita cerewet dinilai tidak cocok dijadikan kekasih hati. Tapi jangan salah, di balik sikap cerewet wanita tidak jarang ada sikap perhatian yang menenangkan. Wanita yang cerewet juga merupakan wanita-wanita yang enak diajak ngobrol, menyenangkan dan bikin suasana jadi makin ramai.

Sederhana & Apa Adanya
Para pria sangat suka dengan wanita yang sederhana dan apa adanya dia. Tidak sok cantik, sok pintar apalagi sok kaya. Bersanding dengan wanita sederhana, apa adanya namun tetap memperhatikan sisi menariknya dan bisa menyesuaikan diri dengan segala suasana bisa membuat pria tak hanya jatuh cinta tetapi juga membuat mereka enggan berpaling darinya.

Perhatian, Sabar & Lemah Lembut
Selama ini kodrat wanita memang terlahir sebagai pribadi yang ramah, lemah lembut dan sabar. Ketika wanita memiliki sikap ini di kehidupannya sehari-hari untuk orang-orang yang dicintai mulai orang tua, saudara, kerabat dan sahabat juga kekasih, dipastikan bahwa pria yang sedang dekat dengannya tak akan menyia-nyiakanya. Pria itu juga akan jatuh cinta dan terus memupuk cintanya akan tumbuh semakin baik serta kuat ke depannya.

Cuek & Misterius
Beberapa pria tak suka dengan wanita yang terlalu mencari perhatian dan mudah ditebak. Beberapa di antaranya justru sangat tertarik dengan wanita-wanita yang cuek, misterius dan bikin penasaran. Ada daya tarik dan pesona tersendiri di diri wanita yang cuek dan misterius ini. Wanita yang cuek dan misterius sering kali membuat pria tertantang untuk menaklukkan dan meraih hatinya.

Cerdas
Wanita cerdas adalah idaman dari sebagian besar pria. Kenapa? Karena pada umumnya wanita cerdas mampu menarik perhatian orang di sekitarnya dengan baik. Wanita-wanita cerdas juga memiliki nilai plus di mata pria. Mereka bahkan terlihat makin mempesona dan mengagumkan di mata pria walau penampilannya sangat sederhana dan apa adanya.

Itulah beberapa tipe wanita yang sering kali bikin pria jatuh cinta dan kangen. Meski begitu, kecantikan fisik maupun kepribadian juga menjadi pertimbangan bagi beberapa pria sebelum mereka benar-benar menyatakan perasaannya pada wanita yang telah mengusik ketenangan hatinya. Cantik tidak hanya dilihat dari fisik yang sempurna, tapi juga dari dalam diri dan hati setiap wanita.

Vemale.com

Nggak Cuma Cantik.5 Tipe Santri Putri Ini Sering Bikin Kangen Dan Jatuh Cinta Serta Layak Diperjuangkan Sebagai Calon Istri Idaman Yang Ideal


Dimanapun tempatnya, pasti kita menemui bahwa ketika berada dalam kelompok atau perkumpulan orang yang lebih tua/dewasa tentu orang yang lebih berumur muda, menjadi bahan suruhan perintah-perintah orang yang lebih tua/dewasa. Pada intinya adalah orang yang lebih dewasa lebih suka menyuruh orang yang lebih muda diantara sekelompok/perkumpulan itu. Hal ini sudah menjadi fakta-fakta kehidupan yang terjadi di sekeliling kita.

Bagi kamu yang lagi nyantri/mondok ataupun yang telah mengalami masa-masa di Pondok Pesantren tentu sudah tidak asing lagi apabila ada santri senior yang suka nyuruh-nyuruh santri junior/santri kecil. Walaupun ada yang begitu mereka sebagai santri senior tetap mempunyai alasan-alasan yang mulia dalam perihal nyuruh menyuruh. Berikut 7 Alasan baik santri senior ketika menyuruh santri junior.

1.Melatih Keaktifan, bukan mempunyai maksud semena-mena terhadap orang yang lebih muda. Namun ketika seorang santri senior menyuruh santri junior dalam hal apapun, niat baik dalam hati tetap tertanam dalam hati yaitu dengan alasan untuk melatih keaktifan sosok santri junior tersebut.

Dengan begitu ketika seseorang sudah terlatih ataupun terbiasa dengan aktif melakukan segala hal , tidak menutup kemungkinan orang yang disuruh akan menjadi terbiasa dalam berbagai hal. Seperti mengaji dengan tepat waktu serta tidak merasakan berat saat jam-jam kegiatan belajar-mengajar tiba.

2.Secara tidak sadar  Santri Senior melatih tentang ketaatan, tidak jauh berbeda dengan yang diatas, alasan ini mungkin tidak disadari bahwa hal suka menyuruh terdapat hal baik yang sebenarnya bisa diambil oleh korban seperti hal-nya melatih ketaatan.

3.Ingin tahu seberapa besar si santri junior memiliki sikap sewaktu di suruh, apabila ini terjadi terkadang niat itu karena ingin tahu lebih dalam sikap karakter yang dimiliki oleh santri junior. Ketika santri senior sudah paham tentu akan mempermudah bagaimana nantinya dalam menangani santri junior tersebut dalam hal sikap maupun akhlakul karimah.

4.Mengajarkan sebuah cara tentang apa yang di suruhnya, Hal ini dilakukan juga karena ingin melatih atau menunjukan dasar-dasar cara sebelum melakukan sesuatu pekerjaan. Contohnya ketika santri junior di ajak untuk memperbaiki Air PAM, dengan begitu santri junior akan mengetahui tempat-tempat dan alur jalan air PAM tersebut. Jika sewaktu-waktu ada kerusakan nantinya santri generasi penerus sudah tahu, karena sudah pernah di perintah oleh santri senior.

5.Melatih agar memiliki sikap menghormati kepada orang yang lebih tua

6.Mendidik agar lebih mengerti pahit manisnya proses perkembangan kehidupan

7.Ingin memberikan sesuatu setelah melakoni apa yang telah di perintahkan

Nah dari ke 7 hal alasan diatas ketika kita menjadi santri junior maupun melihat kejadian seperti itu, janganlah langsung buruk sangka terlebih dahulu. Mungkin saja mereka mempunyai maksud dan tujuan yang baik.

7 Alasan Apabila Santri Senior Suka Menyuruh Santri Junior. Jangan Buruk Sangka Dulu !!!


Bagi siapa saja yang pernah nyantri tentu mengakui kehidupan di Pondok Pesantren adalah hal yang mempunyai keunikan cerita pengalaman yang berbeda dari tempat-tempat lain. Mengenal Kehidupan Pondok Pesantren yang memiliki beribu-ribu keunikan serta berbagai cerita pengalaman lainnya saat di Pesantren/saat mondok pasti adalah hal yang paling indah dan paling berkesan sepanjang sejarah kehidupan sebagai seorang santri.

Nama yang semula berawal si Fulan (Si salah satu nama dari seorang santri) disana berubah menjadi sebutan "kang santri" saat di Pesantren, yaitu adalah orang yang belajar Ilmu Pendidikan Agama Islam. Mereka seorang santri yang di kenal juga mempunyai segudang keunikan cerita pengalaman hidup saat di Pondok karena memilki berbagai macam aktivitas yang padat, disamping itu juga memberikan kesan paling indah nan berharga bagi mereka seorang santri.

Mengenal kehidupan di Pondok Pesantren, lalu apa saja hal keunikan yang tidak dapat di temui di tempat lain ? Berikut Ini adalah 9 Ulasan Cerita pengalaman unik santri yang sudah menjadi fakta-fakta dalam lingkungan Pondok Pesantren.

1. Para santri ngetel(memasak sendiri)
Masak sendiri merupakan salah satu hal mendewasakan dalam dunia pesantren. Namun, sekarang jarang yang memasak sendiri, seiring dengan perkembangan zaman. Jika mencari santri masak didapur, silahakan cari pondok masih salaf.

2. Makan selengser bersama
Inilah yang membuat makanan akan terasa enak. Ketiaka sudah selesai memasak, makanan dituang ke lengser atau daun pisang, kemudian dimakan bersama-sama oleh orang 5-10 orang. Meski sayur dan nasi masih panas, para santri tak peduli untuk melahapnya. Soal tangan gosong atau lidah terbakar, itu soal nanti. Masalahnya, kalau tidak berani ambil resiko itu, dijamin tidak kenyang karena kalah dengan yang lain nya.

3. Antri mandi
Apabila sebuah pesantren yang jumlah santri nya ribuan, ketika pagi dan sore hari akan ada pemandangan menarik dikamar mandi atau sungai.

4. Terserang penyakit kulit
Penyakit kulit atau kudis, akrab bagi santri baru. Hal ini seakan menjadi “ujian” pertama bagi santri apakah nanti nya ia akan betah tinggal dipesantren atau tidak. Saking parahnya, santri yang terkena penyakit ini kadang smpai tidak bisa duduk atau sulit jalan. Mau dibawa kerumah sakit,dokter, tak jua sembuh-sembuh. Hanya waktu yang bisa menyembuhkan nya, hingga badan kebal dan penyakit merasa bosan sendiri. Namun itu dulu, pesantren sekarang sudah banyak memiliki air bersih dan fasilitas yang memadahi.

5. Dikejar setoran
Setoran disini bukanlah setoran yang lazim terjadi antara sopir angkot dengan juragan nya, namun, setoran hafalan nadzaman dan syair-syair kitab. Biasanya, seminggu sekali para santri setoran tersebut kepada ustadz. Jika tidak memenuhi target santri akan dita’zir dan lebih ekstrem nya lagi tak bisa naik kelas.

6. Mayoran (masak-masak besama)
Ini adalah manifestasi kekompakan atau rasa syukur santri setelah mengkhatamkan kitab. Namun, sepertinya tradisi mayoran ini sekarang lekang oleh waktu karena masakan mewah sudah ada dimana-mana.

7. Ta’zir (hukuman)
Pesantren dimana pun pasti memiliki peraturan. Jika ada santri yanhg melanggar, ia akan dihukum sesuai bobot pelanggarannya. Adaa yang dicebur kan kekoalam atau disungai, dicukur gundul atau dipajang di depan pesantren dengan memakai kalung yang bertuliskan kesalahannya. Ketika terjadi ta’ziran ini, bisanya santri menonton dan menyoraki. Ini pelajaran sekaligus tes mental dan melatih tanggung jawab.

8. Berebut mencium tangan kiai
Pesantren salaf mengajarkan santri untuk memuliakan ilmu dan ahlinya. Salah satunya bentuk memuliakan tersebut adalah bersalaman dan mencium tangan kiai. Selain itu, bersalaman dan mencium tanagan kiai adalah sebuah upaya ngalap barokah agar mendapat ridla dari sang kiai.

9. Tirakat
Terakhir dalam tulisan ini adalah tirakat. Para santri biasnya minta ijazah kepada kiai akan amalan tertentu seperti ngrowot(tidak makan nasi),puasa,sholat jama’ah,manaqib,mujahadah,dalil dll.

Demikian fakta-fakta keunikan menarik tentang santri dipesantren salaf. Mungkin dan pasti bagi pembaca yang pernah nyantri. Masih ada keunikan santri selain yang sudah saya sebutakan.

Semoga kedepan para santri terus dapat berkiprah membangun masyarakat, negara, dan bangsa.#AMIIN



http://faktauniksantri.blogspot.co.id/

Mengenal 9 Keunikan Cerita Pengalaman Hidup Di Pondok Pesantren Yang Hanya Di Rasakan Seorang Santri


Mendengarkan kisah santri yang sukses di Indonesia dan internasional adalah hal yang menyenangkan dan menjadi kabar bahagia bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi kalangan Pondok Pesantren, bagi mereka tentu bisa menjadi cerita motivasi untuk santri-santri yang sedang belajar/menuntut Ilmu.

Bagi seorang santri tentu kala mendengarkan kiprah-kiprah seorang santri Pondok Pesantren yang berhasil dan sukses tentu akan memberikan semangat dan menginspirasi pribadi mereka masing-masing.

Cerita Motivasi Untuk Santri

Sejarah mencatat beberapa ulama Indonesia pada masa lalu pernah berkiprah hingga namanya dikenal dunia. Mereka pada umumnya berguru ke Mekah dan Madinah. Sebagian menghabiskan hidupnya dengan mengajar di sana, sebagian lagi pulang ke Indonesia. Di antara mereka adalah Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli Al-Minangkabawi, Syeikh Nawawi Al-Bantani dan lainnya.

Santri yang juga bisa menjadi barometer akan kesuksesaanya antara lain K.H Hasyim Asy’ari, K.H Wahid Hasyim, K.H Ahmad Dahlan, Bung Tomo, Gus Dur, dan masih banyak lagi. Sekarang ini banyak pula santri yang berhasil menduduki jabatan di pemerintahan Indonesia.

Bukan hanya membawa pengaruh hebat di Indonesia . Beberapa santri ini juga sudah berhasil menembus dunia internasional. Mereka berhasil menggapai impian mereka lewat karya atau usaha yang gigih,

Diantara beberapa santri yang sukses di jaman sekarang baik di Indonesia maupun dunia antara lain:

1. Nadirsyah Hosen

Dr. H. Nadirsyah Hosen, LLM, MA (Hons), PhD adalah orang Indonesia pertama dan satu-satunya yang menjadi dosen tetap di fakultas hukum di universitas di Australia. Sejak pertengahan tahun 2015 dia mengajar di Monash University Faculty of Law, salah satu Fakultas Hukum terbaik di dunia. Sebelumnya selama 8 tahun ia mengajar pada Fakultas Hukum, Universitas Wollongong (2007-2015) hingga meraih posisi sebagai Associate Professor. Tahun 2005 ia bekerja sebagai post-doctoral research fellow di TC. Beirne School of Law, Universitas Queensland.

Dr. Hosen lulus sarjana S1 dari Fakultas Syari’ah, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan meraih gelar Graduate Diploma in Islamic Studies serta Master of Arts with Honours dari Universitas New England. Kemudian ia meraih gelar Master of Laws dari Universitas Northern Territory.

Peraih dua gelar doktor (PhD in Law dari Universitas Wollongong dan PhD in Islamic law dari National University of Singapore) ini telah melahirkan lebih dari 20 artikel di jurnal internasional seperti Nordic Journal of International Law (Lund University), Asia Pacific Law Review (City University of Hong Kong), Australian Journal of Asian Law (University of Melbourne), European Journal of Law Reform (Indiana University), Asia Pacific Journals on Human Rights and the Law (Murdoch University), Journal of Islamic Studies (University of Oxford), and Journal of Southeast Asian Studies (Universitas Cambridge).

Disamping itu, Nadirsyah Hosen adalah seorang kiai dari organisasi Islam terbesar di Indonesia: Nahdlatul Ulama (NU). Sejak tahun 2005, ia dipercaya sebagai Ra’is Syuriah, pengurus cabang istimewa NU di Australia dan Selandia Baru. Nadirsyah Hosen ini adalah putra Prof. Dr. Ibrahim Hosen. Ayahnya ini pernah menjadi santri K.H. Abdullah Abbas Pesantren Buntet, Cirebon.Gus Nadir, begitu ia biasa disapa, adalah pengarang banyak buku baik berbahasa asing maupun Indonesia.

2. Yudian Wahyudi

Seorang Santri Yang Berhasil Menjadi Guru Besar di Amerika Serikat, Yaitu Prof. Dr. K. Yudian Wahyudi. Beliau adalah dosen pertama dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang berhasil menembus Harvard Law School di Amerika Serikat. Hal itu diperolehnya setelah menyelesaikan pendidikan doktor (PhD) di McGill University, Kanada. Ia juga berhasil menjadi profesor dan tergabung dalam American Asosiation of University Professors serta dipercaya mengajar di Tufts University, Amerika Serikat (AS).

Prof. Dr. K. Yudian Wahyudi adalah Lulusan Pondok Pesantren Termas, Pacitan, Jawa Timur dari tahun 1972 hingga 1978. Dan Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak selama satu tahun, antara 1978-1979.

Dari Krapyak, beliau masuk Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga (sekarang Universitas Islam Negeri) merangkap kuliah di Fakultas Filsafat UGM. Selanjutnya, setelah lulus, melanjutkan pendidikan MA dan doktor di McGill University lalu ke Harvard Law School Amerika Serikat. Kini Prof Drs KH. Yudian Wahyudi PhD ditetapkan dan dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta masa bakti 2016-2020.

3. Habiburrahman El Shirazy

Siapa yang tidak mengenal Habiburrahman El Shirazy, atau yang biasa di panggil kang Abik Ini, dengan Bergelar H. Habiburrahman El Shirazy, Lc. Pg.D. beliau telah mendapatkan gelar sebagai penulis NO. 1 di Indonesia (dinobatkan oleh INSANI UNDIP AWARD pada tahun 2008). Laki- laki yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, 30 September 1976, juga menekuni berbagai bidang selain novelis. Belaiu ini juga dikenal sebagai sutradara, dai, penyair, sastrawan, pimpinan pesantren, dan penceramah.

Dalam bidang pendidikan Habiburrahman El Shirazy juga berhasil menjadi seorang sarjana dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Beliau juga pernah nyantri di di Pondok Pesantren Al Anwar, Mranggen, Demak di bawah asuhan K.H. Abdul Bashir Hamzah ketika Mts. Dan Meneruskan MA di daerah Surakarta. Karya-karyanya juga banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Taiwan, Australia, dan Komunitas Muslim di Amerika Serikat. Karya-karya fiksinya dinilai dapat membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi pembaca.

Di antara karya-karyanya yang telah beredar di pasaran adalah Ayat-Ayat Cinta (telah dibuat versi filmnya, 2004), Di Atas Sajadah Cinta (telah disinetronkan Trans TV, 2004), Ketika Cinta Berbuah Surga (2005), Pudarnya Pesona Cleopatra (2005), Ketika Cinta Bertasbih (2007), Ketika Cinta Bertasbih 2 (Desember, 2007) Dalam Mihrab Cinta (2007), Bumi Cinta, (2010) dan The Romance. Kini sedang merampungkan Langit Makkah Berwarna Merah, Bidadari Bermata Bening, Bulan Madu di Yerussalem, Bumi Cinta, Api Tauhid, dan Ayat-Ayat Cinta 2 yang sedang dimuat bersambung di Harian Republika.

4. Ali Alatas

Perjuangan dari santri negeri hingga bisa menjadi seorang Dokter Juga ditekuni oleh Dr. Ali Alatas. Ali Alatas berasal dari keluarga kurang mampu. Tinggal di hutan belantara pedalaman Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Namun mimpinya untuk mengejar pendidikan tak pernah surut. Sampai akhirnya menjadi dokter.

Ali melanjutkan pendidikan di Pesantren ‘Assalam Al-Islami’ di desa Sri Gunung, Sungai Lilin, Musi Banyuasin selama 6 tahun. Pesantren tersebut menyediakan beasiswa mulai dari bebas biaya SPP hingga bebas seluruh biaya bagi yang berprestasi, sesuatu yang sangat dibutuhkan Ali. Setelah lulus dari pondok dia mengikuti program santri jadi dokter Musi Banyuasin.

Setelah itu, Ali terbang ke Jakarta untuk menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa kedokteran. Saat menjadi mahasiswa, Ali juga pernah mendapat kesempatan untuk ke Malaysia sebagai salah satu delegasi ” Mahasiswa Kedokteran Islam Indonesia “, tepatnya di Cyberjaya University College of Medical Sciences. Di sana, Ali dan teman-temannya mempresentasikan tentang peran kedokteran islam di Indonesia khususnya dan dunia.

5. Alwi Shihab

Pria yang memiliki nama lengkap Alwi Abdurrahman Shihab ini lahir di Rappang, Sulawesi Selatan, pada Senin, 19 Agustus 1946.

Seperti dikutip Merdeka.com, mantan Menteri Luar Negeri era Presiden Abdurrahmah Wahid ini, mendapat gelar professor dari Harvard University (1998), menjadi Asisten Professor di Temple University Department of Religion, USA (1993-1995).

Adik M. Quraish Shihab ini pernah nyantri di Darul Hadis, Malang, sebagaimana dikutip dari Alwishihab.com.

6. Mun’im Sirry

Mun’im pernah merasakan sebagai santri di Pondok Pesantren TMI al-Amien Prenduan Sumenep Madura (1983-1990) di bawah asuhan K.H. Idris Jauhari

Saat ini, ia tercatat sebagai dosen di Jurusan Teologi, Universitas Notre Dame. Pria asal Madura ini aktif menulis beberapa buku, di antaranya Kontroversi Islam Awal Antara Mazhab Tradisional dan Revisionis.

7. Sumanto Al Qurtuby

Sumanto Al Qurthuby lahir di Batang, Jawa Tengah, pada 10 Juli 1975. Pria kini berusia 40 tahun mendapatkan dua gelar master dari The Eastern Mennonite University’s Center for Justice and Peacebuilding, Virginia, Amerika dan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia.

Saat ini, ia tercatat sebagai dosen di Jurusan Teologi, Universitas Notre Dame. Pria asal Madura ini aktif menulis beberapa buku, di antaranya Kontroversi Islam Awal Antara Mazhab Tradisional dan Revisionis.

8. Eva Fahrun Nisa Amrullah

Seperti dikutip dari Facebook pribadinya, istri Faried F. Saenong ini aktif berkiprah di berbagai universitas luar negeri, seperti menjadi peneliti di Austrian Academy of Sciences dan Post Doctoral di Universitas Amsterdam.

Ia pernah nyantri di Darunnajah selama 6 tahun. Menurutnya, Pesantren Darunnajah telah mengajarkannya Islam Rahmatan lil ‘Alamin, Islam yang penuh kasih sayang. Islam yang tidak pernah mengkotak-kotakkan santri dan nonsantri. Selain itu, pesantren juga mengajarkannya tetap bekerja sama walaupun berbeda.

9. Ahmad Fuadi

Penulis Novel yang terkenal lewat karyanya yang berjudul “Negeri Lima Menara”, bahkan sudah difilmkan, baru-baru ini juga telah sukses meraih Social Impact Award dalam Education UK Alumni Awards 2016. Meski hanya menempuh studi di Inggris selama satu tahun untuk pendidikan master. Sekarang ini Ahmad Fuadi juga mendirikan Komunitas Menara yang menyediakan akses pendidikan dan buku bagi komunitas kurang mampu. Pada kesempatan itu, dia membeberkan rahasia kesuksesannya mengenyam pendidikan tinggi di Inggris.

Dalam Hal Pendidikan Ternyata Ahmad Fuadi adalah Alumni Pondok Pesantren Gontor. Hingga pada 2004-2005 dia melanjutkan studi di Royal Holloway, University of London, jurusan Film Dokumenter melalui beasiswa Chevening. Bahkan Karya Best sellernya tersebut juga diilhami saat berjalan-jalan di Inggris sambil belajat membuat cerita.

Masih banyak santri-santri yang sukses yang tidak muat jika dimuat dalam post ini. Semoga semua santri-santri di Nusantara bisa meniru jejak-jejak santri terdahulu yang mengharumkan agama dan negara. Aamiin



Oleh: Nasyit Manaf dari berbagai sumber
http://www.fiqhmenjawab.net

Cerita Motivasi Untuk Santri Inilah 9 Santri Yang Sukses Di Indonesia Dan Internasional


Berdasarkan pengalaman mondok secara pribadi maupun para mantan-mantan alumni Pondok Pesantren, kehidupan di lingkungan Pesantren memang dapat di akui sebagai pengalaman yang paling berharga. Mungkin bagi sebagian orang akan menyesal apabaila tidak pernah jadi santri. Karena yang pernah menjadi santri pun juga merasakan penyesalan, banyak beberapa faktor penyebab yang dialami saat menuntut Ilmu di Pesantren setelah pulang/boyong merasakan kekecewaan/penyesalan yang menjadi cerita sedih santri.

1. Tidak Menulis/Memaknai Kitab Dengan Penuh

Tidak rajin dalam menulis atau memaknai kitab kitab kuning Ketika mondok hal ini pasti akan menjadi penyesalan nantinya setelah tidak mondok. seperti halnya, menulis ulang (mencatat) materi dan pelajaran merupakan suatu hal yang dianjurkan didalam Pondok Pesantren. Tetapi, terkadang rasa malas untuk mencatat ulang materi yang diajarkan tiba-tiba menyergap.

Padahal, yang harus kita sadari adalah tiap otak manusia memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap suatu informasi. Apalagi jika informasi yang kita dapatkan tersebut adalah suatu yang sangat asing sebelumnya.

Oleh karena itu, perlu dilakukan hal tambahan yang nantinya bisa membantu informasi dan pelajaran tersebut bisa tetap menempel di dalam ingatan kita.

2. Tidak Membaca

Setiap santri tidak hanya mendapatkan materi pelajaran yang diberikan oleh para guru/ustadz, tetapi juga diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi materi-materi lainnya di buku, e-book, maupun di situs-situs online.

Ya, hal kedua yang saya sesali adalah tidak membaca. Dalam artian masih banyak waktu yang saya sia-siakan padahal bisa digunakan untuk membaca dan mencari materi tambahan.

Padahal, bisa saja dengan mencari dan membaca materi-materi tambahan kita akan mendapatkan insight baru yang bisa menjadi inspirasi untuk melakukan optimasi atau inspirasi untuk bisnis yang akan kita geluti.

Jadi, selama menjadi santri jangan hanya pasif menunggu materi pelajaran yang diberikan oleh para guru, tetapi jadilah aktif dengan cara mencari dan membaca materi pelajaran dari sumber-sumber yang lain.

3. Tidak Bertanya

Di akhir setiap pemberian materi pasti selalu ada sesi tanya jawab. Alhamdulillah, pada beberapa pertemuan saya selalu memanfaatkan kesempatan untuk bertanya tersebut.

Entah menanyakan materi yang memang benar-benar tidak saya pahami, sampai menanyakan hal-hal ringan sekadar untuk mencairkan suasana. 🙂

Tetapi, bukan itu yang saya sesali. Yang saya sesali adalah tidak memanfaatkan kesempatan yang mungkin tidak semua orang bisa dapatkan, yaitu bisa berinteraksi langsung dengan guru-guru terbaik di bidangnya.

Ada Mas Vatih dengan ilmu internet marketing-nya. Mas Said dengan ilmu bisnis online-nya. Mas Umar dan Mas Hammad dengan ilmu agamanya. Juga Mas Into dan Mas Juki dengan ilmu SEO-nya.

Padahal, selama rentang waktu satu tahun dan privilage sebagai seorang santri Sintesa seharusnya saya bisa memaksimalkan kesempatan untuk bertanya hal-hal baru yang belum saya mengerti. Mumpung bertemu dengan para ahlinya langsung.

Oleh karena itu, untuk para santri angkatan selanjutnya jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Karena ketika kita sudah lulus dari Sintesa kemungkinan untuk berinteraksi langsung dengan guru-guru di sini pun pasti akan mengecil. :’)

4. Pulang, sebelum khatam

5. Tak Ada Perubahan

Dikutip dari sintesa.net


5 Faktor Utama Yang Biasanya Jadi Penyesalan Santri Saat Di Pesantren Setelah Pulang


Kehidupan di Pesantren memang menjadi kenyataan memberikan banyak momen, serta banyak menyimpan cerita yang bikin kangen. Terlebih dengan adanya kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi ciri-ciri santri baik itu santri putri maupun santri putra, serta menjadi fakta-fakta yang terjadi saat mondok. Masa mondok yang paling seru kali ini adalah ketika mengingat suasana kebiasaan, yang menjadi ciri-ciri santri putri saat bertemu santri putra atau berhadapan dengan santri putra. Berikut 6 reaksi santri putri di Pesantren saat bertemu santri putra.

1.Menundukkan Kepala

Sedikit bercerita tentang pengalaman pribadi nih, ya. Rata-rata santri putri kalau ketemu kang santri pasti menunduk. Enggak mau saling tatap menatap satu sama lain. Sepertinya mbak santri sangat menegakkan syariat Islam yang melarang saling pandang-memandang dengan yang bukan mahramnya.

Tapi perlu diingat ya, biasanya kalau kang santrinya udah lewat para santri putri ini menoleh ke belakang ke arah kang santri tadi. Kalau kang santrinya enggak noleh, itu berarti sedang beruntung. Tapi yang bikin pipi jadi merah ketika kang santri menoleh juga ke arah mbak santri.

2.Minggir Tersipu Malu

Dibandingkan santri putra santriwati lebih banyak menyimpan rasa malu saat bertemu dengan santriwan, Hal ini pasti terjadi ketika berjalan dan bertemu dengan lawan arah tentu santri putri akan minggir dan tersipu malu.

3.Kaget dan Salah Tingkah

Kaget dan salah tingkah seperti halnya memegang kerudung untuk sekedar membenahi/merapikan, hal ini sudah menjadi hal yang lumrah ketika cewek pesantren bertemu dengan cowok santri.

4.Benerin Kerudung Serta Meniup Kening

5.Gandengan Tangan Dan Salah Satunya Ngumpet Dipundak Teman

6.Kalau Didalam Kelas Lebih Suka Duduk Paling Pojok

Dari beberapa ciri-ciri santri putri diatas enggak sepenuhnya menjadi kebiasaan santri putri saat bertemu santri putra. Tetapi biasanya dari kedua belah pihak jika sudah saling mengenal tidak sepenuhnya begitu

Ciri-Ciri Kebiasaan Santri Putri Di Pesantren Saat Bertemu Santri Putra.6 Reaksi Ini Momen Fakta Dialami


Mengenal kalimat-kalimat kata tentang cinta Ilmu Nahwu yang ada didalam Kitab Alfiyah Ibnu Malik merupakan hal yang paling asyik dan bisa membuat hiburan yang membahagiakan saat di Pondok Pesantren. Namun ada juga yang menganggap materi pelajaran Bahasa Arab paling sulit bagi sebagian santri. 

Mempelajari Ilmu Nahwu Bahasa Arab Ini, sudah menjadi hal wajib yang harus di pelajari oleh santri, seperti halnya harus menghafal ratusan bait-bait syair nadhom bahkan ribuan bait. Namun disamping itu pelajaran Bahasa Arab Ilmu Nahwu khususnya Kitab Alfiyah memiliki hal yang paling berbeda karena banyak memiliki syair-syair/kata-kata kalimat indah tentang cinta seperti yang akan di ulas dibawah ini nanti.

Nadhom alfiyah ibn malik memang begitu istimewa.
Di samping kandungannya sendiri yang membahas tentang kaidah-kaidah gramatika Bahasa Arab yang diringkas secara sederhana namun tepat. Juga karena adanya faktor-faktor lain yang membuat nadhom ini begitu renyah untuk dipelajari dan diperdalami lebih lanjut.
Diantaranya adalah keterampilan penulis dalam memberikan contoh, juga penggalan-penggalan bait dalam nadhom yang mempunyai filosofi tersendiri. Semisal kalam hikmah, kunci kesuksesan, dan juga sesuatu yang sangat tidak asing, juga tidak kalah menarik yakni “cinta”.

Berikut ini adalah beberapa bait di nadhom alfiyah ibn malik yang secara tidak langsung memberi pencerahan tentang kalimat-kalimat tentang cinta.


1. kalau bisa nyaman dengan yang dekat, mengapa harus cari yang jauh

وفي اختيار لايجيئ المنفصل # إذا تأتى أن يجيئ المتصل

# Dalam kondisi tidak terpaksa, tidak perlu mendatangkan dhomir munfasil
# Selama masih bisa memakai dhomir muttasil (bait ke- 63).

Pengaplikasian bait ini semisal pada contoh ketika membuat maf’ul bih dari dhomir, maka pergunakanlah dhomir muttasil ( tersambung dengan fi’il )
Contoh: ضربتُك, bukan ضربت إيك

Dalam konteks cinta dan mencari pasangan, banyak yang menyarankan bahwa harus mencari dari kalangan yang masih dalam satu lingkungan, semisal satu desa, satu kampus/pondok pesantren, atau bahkan satu kelas.
Alasannya sederhana, karena pasangan yang masih dalam satu lingkungan/almamater,pemikiran dan ideologinya mungkin selaras. Hal itu, sedikitnya akan berpengaruh pada kelanggengan hubungan tersebut.

Namun, hal itu hanyalah sebagai saran, pada akhirnya mencari pasangan dari lingkungan yang jauh berbeda pun bukanlah sebagi larangan.
Biarkanlah sang waktu sendiri yang menjawab perihal sang jodoh.

2. Adakalanya pasangan yang cocok itu berawal dari orang yang tidak pernah kenal sama sekali.

فقد يكونان منكرين # كما يكونان معرفين

# Athaf bayan juga bisa terbentuk dari dua isim yang sama-sama nakiroh (umum/belum diketahui).
# Sebagaimana biasa athaf bayan terbentuk dari dua buah isim yang sama-sama makrifat (khusus/diketahui). Bait ke- 537


Ada pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang.
Lazimnya memang seperti itu, karena benih-benih cinta sendiri akan timbul karena berbagai faktor, salah satunya dengan saling mengenal ataupun sering bertemu.
Namun inilah salah satu keajaiban cinta. Pada kenyataanya, banyak sekali cinta bahkan jodoh yang bersatu dengan berbagai hal sederhana atau bahkan hal-hal instan.
Adakalanya saling jatuh cinta pada pandangan pertama, dan langsung tembus pada garis finish yang disebut pernikahan.

3. Tentukan pilihan cinta, yang terbaik untukmu.

إن عاملان اقتضيا في اسم عمل # قبل فللواحد منهما العمل
والثان أولى عند أهل البصرة # واختار عكس غيرهم ذا أسرة

# Tatkala dua aamill menuntut amal pada satu ma’mul yang sama,
# Maka berikanlah amal tersebut pada salah satu dari keduanya.
# Ulama Basyrah memilih untuk memberikan amal pada aamil yang kedua.
# Sedangkan selain Ulama Basyrah memilih aamiil yang pertama.

Menentukan pilihan hidup bukanlah hal yang main-main, semuanya harus melalui pemikiran juga pertimbangan yang matang.
Semisal di kalangan wanita, jika ada dua orang yang menyatakan cinta padanya, maka dia harus memilih salah satunya. Tentunya dengan pertimbangan yang logis dan sesuai
dengan keinginan hati.

Sama seperti perdebatan ulama nahwu diatas, maka bisa saja sang wanita itu memilih orang yang pertama, karena memang paling awal menyatakan cinta, atau mungkin juga memilih orang yang kedua dengan alasan karena yang paling baru. Namun kedua alasan itu harus sesuai dengan pertimbangan yang disebutkan sebelumnya, karena keelokan paras saja tidak cukup, harus ada unsur cerdas juga dewasa dalam diri setiap orang yang
ingin melanjutkan kejenjang yang selanjutnya.


4. Lenyapkanlah, budaya tikung menikung.

و هل فتى فيكم، فما خل لنا #........................


# Apakah sudah ada seorang laki-laki di sampingmu?
# Karena saya belum memiliki kekasih.

Bait berikut merupakan contoh dari bentuk mubtadha yang terbentuk dari isim nakiroh.

Etika dalam menyatakan cinta adalah mengobservasi dahulu calon pasangan kita, apakah dia sudah ada yang melamar atau belum, apakah dia sudah punya kekasih atau belum. Karena dalam islam sendiri, melamar lamaran orang sangatlah dilarang.

Walaupun mungkin cinta tak bisa disalahkan, atau mungkin janur kuning belum melengkung, tapi cinta kita itu juga harus dilandasi dengan adab dan tatakrama.
Karena tikung menikung, bukanlah suatu tatakrama.


5. Jarak jauh sekalipun tak mampu memadamkan api cinta.


وعلقة حاصلة بتابع # كعلقة بنفس الاسم الواقع
# Hubungan dhomir yang timbul dari isim taabi’ ( mengikuti isim yang asal)

# Hakikatnya sama saja dengan hubungan dhomir yang timbul dari isim asal tersebut.

Bait ini menjelaskan tentang syaagil dalam istighol, untuk dijelaskan lebih detail mungkin
akan sangat panjang, namun saya akan coba untuk menjelaskan lewat contoh saja.
Contoh awal dari istighol زيدا ضربته
Contoh istighol dengan taabi’ زيدا ضربت رجلا يحبه
Pada pengamalan istighol, kedua contoh ini sama saja.

Dalam masalah cinta jarak jauh, pertemuan adalah sesuatu yang sangat sulit, namun juga sangat diharapkan. Namun terkadang bagi mereka yang LDR, menelpon atau bahkan melihat foto kekasihnya saja, mampu mengobati rindu yang datang, layaknya bertemu langsung empat mata.
Karena cinta yang haqiqi tidak akan luntur hanya dengan jarak.


6. MOVE ON DONG!!.

ينوب مفعول به عن فاعل # فيما له كنيل خير نائل
# (dalam mabnie majhul) maf’ul bih akan menggantikan posisi dari fail.
# Dari segi hukum dan amalnya akan sama percis dengan fa’il.

Ada segelintir orang yang mungkin tak mampu untuk menemukan sebuah pencerahan tatkala merasakan pahitnya cinta, bahkan mungkin dia bertekad dalam hatinya untuk tidak lagi merasakan cinta.
Itu adalah hal yang sangat salah, karena pada dasarnya, semua orang mempunyai jodoh masing-masing dan akan dipertemukan dengan jodohnya kelak. Bisa saja, perpisahan yang terjadi, menunjukan bahwa dia adalah jodoh yang salah, dan yang harus kita lakukan adalah melakukan persiapan agar kita cukup pantas, ketika kelak dipertemukan dengan jodoh kita.
So, jangan berkecil hati, karena semua akan indah pada waktunya.

7. Jatuh cinta dalam diam.

ويرفع الفاعل فعل أضمرا # كمثل زيد في جواب من قرأ

# terkadang fa’il dapat marfu’ oleh fi’il yang disimpan.
# seperti pengucapan “zaid”, ketika menjawab pertanyaan “siapa yang membaca”?

Adakalanya orang jatuh cinta namun memilih untuk menyimpan sejenak perasaan itu, bukan tanpa alasan,namun lebih kerena dia menganggap bahwa cinta untuk saat ini hanyalah sebuah keinginan yang belum mencapai tingkat kebutuhan.
Namun bukan berarti dia melupakan cinta tersebut, dia tetap mencinta namun dengan cara yang samar. Karena mungkin dia berfikir jauh kedepan, mempersiapakan diri sebaik mungkin agar dia menjadi sosok yang pantas.
Lebih tepatnya dia mencinta dengan cara yang berbeda, namun indah.
Karena cinta bukan hanya sekedar tentang merasa nyaman, namun lebih kepada memberi rasa nyaman.
Karena cinta bukan hanya menerima, tapi memberi dan memberi.




7 Kata Kata Tentang Cinta Ilmu Nahwu Dalam Kitab Alfiyah Ibnu Malik


Jasa tukang renovasi bangunan rumah dan pemborong sekitar salatiga adalah jasa pelayanan yang bergerak dalam bidang tenaga ataupun juga bisa disebut jasa kontraktor pemborong dan renovasi bangunan rumah, Kami bergerak dengan sistem pelayanan jasa renovasi bangunan rumah, khususnya untuk melayani masyarakat di sekitar salatiga. Kami siap melayani berbagai macam renovasi rumah, seperti halnya renovasi bangunan rumah dibagian ruang-ruang tertentu yang sudah rusak, mengechat tembok, bersih-bersih, dan lain-lain sebagainya.

Jasa tukang renovasi bangunan rumah dan pemborong di Salatiga,  juga merupakan jasa pemborong rumah siap bangun di daerah area salatiga dan sekitarnya, dengan sistem pengadaan bidang tenaga jasa tukang pemborong bangunan rumah siap bangun area Salatiga dan sekitarnya.

Jasa tukang bangunan rumah di Salatiga ini, kami mempunyai sistem penghitungan harian dan borongan tergantung nanti dalam kesepakatan setelah bermusyawarah antara kedua belah pihak penyedia jasa dan para pencari jasa tukang renovasi bagunan rumah atau orang yang mencari tukang pemborong bangunan rumah.dengan harga yang kompetitif. Kami Juga melayani segala jenis desain rumah yang siap bangun berdasarkan gambaran pemilik serta kami juga siap melayani jasa gambar untuk desain bangunan rumah yang layak di huni.

Kami memberikan pelayanan yang berkotmitmen secara profesional dan bertanggung jawab. Sudah memiliki pengalaman cukup dalam pembangunan rumah maupun hanya renovasi saja di Kota Salatiga maupun di luar kota salatiga.

Alur Kerja Sama Bersama Kami Antara Lain:

Harga fix total bangun rumah atau renovasi akan kami serahkan dalam bentuk proposal setelah kami melakukan survey serta setelah desain rumah dan RAB sudah tersedia

Mengenai biaya bangun rumah ini, akan kami negosiasikan pada anda sesuai desain, spek bangunan dan kondisi lapangan hasil survey lokasi. Oleh karena itu, seperti inilah alur kerjasama jika anda menggunakan jasa bangun atau renovasi rumah kami :

1. Silahkan hubungi kami untuk meminta informasi atau penjelasan tentang membangun atau merenovasi rumah serta silahkan sampaikan keinginan atau rencana anda.
2. Pertemuan di tempat yang disepakati untuk pembicaraan lebih lanjut mengenai rencana bangun rumah anda.
3. Peninjauan lokasi yang akan dibangun
4. Perencanaan pembangunan oleh tim kami
5. Penawaran harga secara resmi dari perusahaan kami
6. Penandatanganan kontrak kerja
7. Proyek bangun rumah mulai dikerjakan

Perlu kami sampaikan bahwa kami tidak hanya mengerjakan pembangunan rumah melainkan juga membangun bangunan lain seperti ruko kantor cafe dan restoran,rumah sakit dll sebagainya.

Jika terjadi kesepakatan untuk membangun rumah menggunakan jasa bangun rumah atau renovasi kami yang berarea salatiga sistem pembayarannya adalah DP 50%-75%.



JIKA ANDA INGIN MENGGUNAKAN JASA TUKANG BANGUN RUMAH ATAU RENOVASI RUMAH KAMI, SETELAH MEMBACA BLOG/WEB INI Anda Bisa Langsung Kontak Via Whatshapp 085602400452/085211147004

Jasa Tukang Renovasi Bangunan Rumah Dan Pemborong Di Salatiga~085602400452


Latar belakang sebagai Cowok Ataupun Cewek Pondok Pesantren tak membuat gentar pertanyaan-pertanyaan kenapa dia kuat menyandang status jomblo. Mereka bisa menjawab dengan beberapa alasan-alasan logis kenapa kebanyakan anak santri pondok pesantren baik itu cowok maupun cewek lebih kuat berstatus jomblo. Cara menanggapi sebuah pertanyaan mengapa mereka menjomblo pun setiap anak pesantren tentu berbeda-beda.

Kita semua pasti pernah bertemu seorang anak santri Pondok Pesantren baik itu teman cewek atupun cowok yang umurnya bisa dibilang sudah ideal untuk menikah, tapi masih belum mempunyai pasangan hidup alias masih jomblo. Terkadang kita juga berfikir agak sedikit bertanya-tanya, kepo seperti wartawan "Kenapa ya nih ya anak santri Pondok Pesantren cowok-cewek belum juga punya pasangan dan terus bertahan menjadi jomblo ?" Kuat banget sih mereka ???
Memang banyak hal dan alasan yang melatar belakangi untuk cewek ataupun cowok dalam memilih jalan hidupnya yang terus menjomblo, bukan karena dia tidak cantik, ganteng, tidak kaya, atau kurang bergaul, melainkan ada alasan pribadi atau psikologis yang biasanya melatar belakangi mereka untuk terus menjadi jomblowan jomblowati. Berikut beberapa alasan logis mengapa cewek-cowok Pondok Pesantren terus memilih menjadi jomblo:
1.Sibuk Mencari Ilmu

Kesibukannya dalam mencari Ilmu di Pesantren menjadikan alasan kuat mengapa belum juga segera menikah. Sisi lainnya juga saat masih mondok atau belajar Ilmu Agama memberikan alasan kebanyakan pria atau wanita Pondok Pesantren menjadi lebih merasa memilki energi positif, karena itu mereka mampu bertahan dan kuat menyandang status jomblo.

2.Tidak Menganggap Pacaran Sebelum Menikah Begitu Penting Dan Bermanfaat

Anggapan untuk memiliki pasangan pacar sebelum menikah menjadi tidak begitu penting dan bermanfaat karena mereka percaya dan yakin bahwa jodoh sudah ada yang menentukan. Logikanya yang mesti adalah karena soal jodoh sudah ada yang mengatur dan nanti apabila sudah waktunya pasti akan bertemu serta tidak usah ambil pusing dengan permasalahan urusan jodoh. Tetapi yang seperti itu tidak hanya satu atau dua orang, sebagaian juga ada yang berusaha bagaimana agar cepat di pertemukan jodoh ( istilahnya jemput bola ). Biasanya anggapan atau alasan nomer dua ini menjadi alasan anak pondok baik itu santriwati/santri putra yang masih serius dengan belajar dan memilki keimanan yang kuat tidak mendekati yang negatif, lebih mengutamakan sisi yang bermanfaat terlebih dahulu.

3.Takut Dosa

Salah satu yang menjadi alasan kuat bertahan jomblo walaupun sudah dikatakan santri tua yaitu dengan takut dosa. Karena memang hal ini akan berkaitan dengan hukum halal haram boleh tidaknya menjalin hubungan dekat dengan seorang lawan jenis yang bukan mahramnya. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa ketakutan akan dosa apabila berpacaran menjadi alasan yang super untuk menjawab pertanyaan kenapa masih menjomblo.

4.Untuk Sementara Waktu Lebih Suka Menjomblo Karena Lebih Dianggapnya Nyaman dan Bahagia. 

Kenyamanan seseorang menjomblo terkadang menyebabkan mereka malah bahagia, untuk sementara. Karena mungkin dia takut kalo udah pacaran dan akhirnya putus itu malah gak enak di kedua belah pihak. Entah rasa canggung satu sama lain ataupun rasa cuek “dia bukan siapa siapa gue lagi”. Coba kalo temenan / sahabatan? Berantem entar juga baikan lagi. Ya gak??

5.Lebih Memilih Menunggu Di Perjodohkan Dengan Teman Nyantri Pesantren Putri Jadi Teman Hidup Yang Halal ( Teman Nyantri Jadi Teman Hidup)

Bagi kebanyakan anak pesantren memilih di perjodohkan dengan teman nyantri di pesantren putri begitu juga sebaliknya anak pesantren putri adalah hal yang ditunggu-tunggu dan menjadi idamannya setelah saatnya nanti untuk kembali ke kampung halaman. Membawa oleh-oleh teman nyantri jadi teman hidup sebagai idola pasangan halal untuk keluarga dirumah, sebagai harapan sekaligus tujuannya di akhir mondok.

Dari kelima alasan diatas itulah alasan-alasan yang mungkin terjadi dari kebanyakan pria/wanita Pondok Pesantren, Bukan masalah dia minder, kuper, dari ejekan yang biasanya dterlontarkan masyarakat remaja milenial bahwa anak pesantren itu kurang gaul dll sebagaianya.







5 Alasan Logis Cowok/Cewek Pondok Pesantren Kuat Berstatus Jomblo


Sebuah Ilmu Cinta kata rayuan gombal paling romantis adalah salah satu cara merayu wanita/cewek (yang berarti pasangan halal kita) agar makin cinta serta membikin wanita/perempuan/cewek meleleh hatinya. Contoh kata rayuan gombal romantis untuk melelehkan perempuan/wanita/cewek salah satunya yaitu dengan merayu atau menggombalinya menggunakan kata-kata Bahasa Arab, yang terdapat dalam syair/bait kitab Alfiyah Ibnu Malik tentang BAB Cinta.
Bait syair tentang cinta yang ada/terdapat dalam kitab Alfiyah Ibnu Malik tentu sudah cukup di kenal oleh kalangan santri maupun para Alumni Pondok pesantren, atau juga oleh para pelajar dunia pendidikan berbasis Agama Islam khususnya dalam jurusan Bahasa Arab. Kata-kata cinta gombal paling romantis yang terdapat dalam bait-bait syair Kitab AlfiyaH Ibnu Malik biasanya di buat para cowok/laki-laki untuk merayu dan memikat hati wanita supaya menambah jalinan hubungan yang lebih harmonis dalam berkeluarga.

Sebagian besar para cowok/laki-laki yang sudah mengenal bait Alfiyah Ibnu Malik tentang cinta tentu mereka banyak menyukainya dan digunakan sebagai cara untuk menggombal wanita/cewek, merayu, memikat hati para perempuan halalnya. Hal ini menjadi bahan metode pemikat wanita paling ampuh, paling romantis menggombal, biasanya banyak digunakan pada saat hubungan keluarga itu sedang genting. Bukan hal yang mustahil, syair yang ada dalam Kitab Alfiyah tentang cinta bisa digunakan sebagai obat penawar dalam situasi genting, kesal/marah.

Berikut 5 contoh rayuan gombal dalam Ilmu Nahwu Kitab Alfiyah Ibnu Malik seputar Cinta supaya istri semakin bertambah jatuh hati.

1.Cintaku padamu dek .. persis sekali dengan apa yang terdapat dalam Kitab Ibnu Malik: كَلَامُنَا لَفْظٌ مُفِيْدٌ كَاشْثَقِمْ sebuah ungkapan kata yang berguna untukku danj uga untukmu, seperti arti kata اِسْثَقِمْ yang akan tegak berdiri tak ada mampu yang merobohkannya. Seperti halnya cinta dan kasih sayang yang dimiliki kita berdua lhooh dek.

2.Dek... Aku ingin engkau menjadi khobarku yang menutupi semua kekuranganku, karna memang itu khobar di ciptakan untuk mubtada' yang Syair kitab Ibnu Mengungkapkan وَالْخَبَرُ الْجُزْءُالْمُثِمُّ الْفَائِدَةْ aku yakin kamu pasti bisa karna الله بَرٌّ وَالْاَيَادِى شَهِدَةْ

3.Walaupun وَاَخْبَرُوا بِاسْنَيْنِ اَوْبِاَكْثَرَ عَنْ وَاحِدِ Ulama' nahwu meperbolehkan mubtada' satu mempunyai dua khobar bahkan lebih, Tapi aku tak akan menduakanmu apalagi mentigakanmu, aku ingin engkau menjadi khobar tunggalku dan tak akan pernah terganti.

4.Meskipun beliau Ibnu Malik mengatakan وَكَوْنُهُ مُنْتَقِلاَ مُشْتَقَّا Hal/sifat harus bisa berubah-rubah, tapi ini tidak berlaku bagiku Dek.. karna sifatku ثَابِتَا tetap yaitu mencintaimu tak akan bisa berubah.

5.Aku tidak bisa وَيُحْذَفُ الثَانِي فَيَبْقَي الاَوَّلُ Mudzof membuang Mudzof ilaihnya Yang menjadikan mudzoh sendiri, Ini tidak akan terjadi pada kita dick.. aku ingin selalu bersanding dengan mu dan aku tidak bisa hidup sendiri.

Dari kelima contoh kalimat rayuan cinta gombal diatas hanyalah sebuah upaya untuk mempererat hubungan , agar selalu tampak harmonis. Dengan adanya ungkapan kalimat tersebut besar kemungkinan jika hubungan dalam situasi genting, contoh kalimat ungkapan diatas bisa dipraktekan. Dan tidak menutup kemungkinan juga kalimat diatas insyaallah memilki potensi bikin adem hati pasangan.







5 Kata Ilmu Cinta Gombal Romantis Untuk Merayu Wanita Berbahasa Arab Dalam Bait Syair Alfiyah Tentang Cinta

Foto Pribadi Kreatif Via Fb Teras Santri

Mengenali ciri-ciri kebiasaan santri ketika di Pondok Pesantren bahwa dia memiliki tanda pribadi kreatif, inovatif yang bisa dikatakan berpotensi besar untuk sukses setelah keluar (boyong) dari Pondok Pesatren ataupun saat masih di pesantren adalah hal yang menarik untuk di bahas. Terlebih bagi orang tua yang anaknya masih di Pondok Pesantren.

Mengenali pribadi perilaku anak yang masih mondok juga hal yang penting untuk diketahui orang tua, sebagai bentuk perhatian dan agar mengetahui batasan-batasan apa saja, sarana mencegah perilaku kurang baik atau negatif yang seharusnya dikurangi untuk si anak yang sedang di Pondok Pesantren. Tingkah perilaku seseorang ataupun si buah hati dimanapun tempatnya seperti halnya saat di Pondok/sedang menuntut Ilmu tentu setiap hari perkembangannya akan bertambah, mulai dari wawasan, pergaulan, akhlak, pemikiran, dll sebagainya.

Nah, apabila sebagai orang tua memiliki perhatian khusus seiring perkembangan si anak dari hari ke hari maka menandakan bahwa sosok sebagai orang tua yang sangat sayang demi kelanjutan masa depan yang lebih baik dan berharga. Terlebih buat kita, sebagai anak dan masih mondok/menuntut ilmu harus peka nih dan harus bersifat lebih dewasa lagi.

Kembali lagi kepembahasan. Kebiasaan Apa saja sih yang menandakan kamu memilki pribadi yang kreatif dan inovatif sebagai seorang santri ???

Terkadang kita merasa dan mempunyai pemikiran tidak perlu menjadi orang pintar untuk bisa sukses atau membanggakan keluarga. Adakalanya cukup menjadi orang yang kreatif. Karena pribadi yang kreatif selalu bisa menarik perhatian orang lain dengan cara pandangnya terhadap sesuatu, aktivitasnya yang beda dari orang lain, produktivitasnya dan lain sebagainya.

Meskipun terkadang mereka yang kreatif punya penampilan yang biasa sekali. Tapi entah kenapa mereka yang tergolong kreatif selalu punya daya tarik tersendiri atas keahlian yang dimilikinya. Kalau kamu bagaimana? Apakah menurutmu dirimu tergolong pribadi yang kreatif? Untuk bisa menilai kepribadian orang kreatif sejatinya kamu bisa melihatnya dari kebiasaan yang mereka lakukan. Berikut di antaranya.

1.Kamu lebih sering begadang, demi mempelajari pelajaran yang biasanya malah dianggap sulit bagi sebagian anak Pondok Pesantren, tapi justru itu malahmenjadi sebab mengutak-atik konsep pemikiran ide itu adalah makanan sehari-harimu.

Apakah kamu lebih memilih (karena lebih nyaman) begadang mengerjakan sesuatu ketimbang memilih waktu lainnya? Kalau iya, boleh jadi kamu tergolong pribadi yang kreatif. Melansir Huffingtonpost, peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart di Italia, menemukan bahwa orang yang suka begadang lebih bisa menngembangkan solusi kreatif dan orisinal dalam memecahkan suatu masalah daripada orang yang tidur notmal.

Marina Giampietro, penulis utama studi ini, berhipotesis bahwa begadang mungkin mendorong pengembangan semangat non-konvensional dan kemampuan untuk menemukan solusi alternatif dan orisinal. Maka dari itu orang yang bekerja di malam hari tampak lebih kreatif.

2.Kebiasaan di Pondok yang biasanya kamu di bilang santri nakal/mbelink  hanya karena nggak suka mengikuti aturan yang menurutmu kurang tepat dan merepotkan.

Pribadi kreatif biasanya juga punya pemikiran kritis terhadap sesuatu, biasanya aturan yang berlaku. Ia kerap berseberang-paham dengan aturan main yang sedang berjalan disekitarnya. Maka jangan heran kalau karenanya kamu yang kreatif kerap menerima penolakan dari lingkungan, kamu kerap dianggap rebel hanya karena berlain paham. Lho, padahal kan wajar-wajar saja kalau punya pandangan yang berbeda, toh Tuhan menciptakan manusia beragam.

3.Saat orang lain melihat hal baru sebagai kesulitan, kamu justru melihatnya sebagai peluang dan tantangan

Kalau kamu tergolong pribadi yang kreatif barangkali kamu juga gemar berimajinasi. Dengan daya imajinasi yang nggak terbatas, kamu yang kreatif selalu menemukan celah dari tiap kesulitan yang dihadapi. Ketika orang lain melihat suatu masalah dan menganggapnya penghalang, kamu berbeda, kamu cenderung menganggapnya sebagai peluang dan tantangan untuk maju.

4.Ketika menyukai sesuatu kamu tak perlu alasan pasti, dan kadang melakukannya berdasarkan perasaan, apapun resikonya nanti

Orang kreatif acapkali tidak butuh alasan mengapa ia menyukai sesuatu. Misal tiba-tiba ia suka menggambar atau mendesain, saat ditanya alasannya ia pasti akan kesulitan mendeskripsikan penyebabnya. Ketika ia tertarik terhadap sesuatu, dasarannya hanya rasa suka dan ingin melakukannya. Barulah beberapa waktu setelah ia bosan, biasanya ia bisa mengingat penyebab dan alasan mengapa dulu ia suka menggambar dan lain-lain contohnya.

5.Kebiasaan di pondok yang dimana kamu saat sedang mempertahankan hidup/kehabisan bekal kamu selalu memiliki cara sederhana demi mengisi perut yang keroncongan. Menurut santriyai.com itu adalah hal yang patut di apreasi, karena kamu bukan anak santri yang manja dan mengeluh kesah kepada orang tua saat kehabisan bekal melanda.

6.Ketika di pondok pesantren kamu sering banget mencari-cari apa saja sarana prasarana yang rusak dan perlu di perbaiki. Saat menemui alat sarana prasarana yang terbengkalai/rusak kamu selalu peka untuk segera memperbaikinya

7.Saat ada waktu jam-jam kosong kamu selalu memanfaatkan waktu itu untuk hal-hal yang positif,  Saat temanmu mengisi waktu luang dengan bersantai, bermain yang nggak memberi manfaat kamu malah mencari kesibukan lain yang lebih manfaat. Meskipun sebenarnya santai/sekedar refresing  perlu tapi kamu malah menggap itu hal yang kurang berarti. 

Kebiasaan Di Pondok Pesantren 7 Inilah Tanda Anak Santri Menunjukan Pribadi Yang Kreatif, Inovatif

Random