Mondok Sambil Kuliah tentu bukan hal yang mudah, mengingat banyak tugas serta kegiatan padat yang ada di Pondok Pesantren telah menanti untuk segera dikerjakan. Kadang malah tak memiliki waktu untuk diri sendiri lantaran terlalu sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan aktivitas sebagai anak pesantren.

Tak heran, jika sebagian besar mahasiswa yang juga sekaligus merangkap mondok akhirnya harus bimbang/galau memilih antara meneruskan belajar atau berhenti dari salah satunya. Padahal mengatur waktu saat mondok sambil kuliah dapat dilakukan meski memang terasa sulit.

Semua tetap bisa dijalani dengan sukses sampai menyandang gelar sarjana sekaligus menjadi alumni pesantren tulen tanpa harus berhenti mondok atau kuliah. Berikut trik sukses mondok sambil kuliah dengan 7 cara memaksimalkan mengatur waktu:

1. Mengatur planning harian secara rutin. Konsistensinya harus selalu dijaga!

Melakukan kewajiban kuliah sekaligus nyantri tentu membuat waktu berkurang dan semakin cepat berlalu. Karenanya dengan waktu yang mepet juga sangat terbatas disitulah yang harus dimanfaatkan dengan maxsimal. Membuat persiapan harian dengan cara mencatat apa saja yang akan dikerjakan besok, akan dapat membuat tubuh dan pikiran selangkah lebih siap. Semuanya cukup meluangkan waktu sebentar sekitar 5 menit untuk menyusunnya yang dapat meminimalisir pemborosan waktu esok. Jadwal yang terkontrol akan membuatmu menghadapi aktifitas dengan lebih rileks dan pede. Percaya, deh!

2. Fokus

Tetap fokus adalah salah satu kunci mengatur waktu di kampus dan di Pondok. Pastikan juga tidak memikirkan tugas kuliah saat berada di pesantren, begitu juga sebaliknya.

Belajar juga dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kampus dan ustad/pengurus pondok sebaik mungkin. Ingat selalu berusaha lakukan yang terbaik tak peduli seberapa ketat jadwal Anda.

3. Tidur cukup

Kopi ala santri bukan jalan keluar saat harus mengerjakan tugas kuliah dan di pesantren saat bersamaan. Saat jadwal kian padat, pastikanlah tetap tidur teratur.

Kurang tidur justru dapat membuat pekerjaan lebih sulit karena dapat memicu gangguan kesehatan mental, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu.

Mengatur waktu bukanlah kemampuan yang bisa datang begitu saja. Butuh waktu hingga Anda dapat melakukannya dengan baik

4. Gunakan skala prioritas

Orang sukses sangat memahami kegiatan, bagaimana memanfaatkan waktu dan realistis menghadapi situasi yang ada. Pelajari berbagai teknik yang membuatnya dapat melakukan beberapa pekerjaan ganda dalam waktu sibuk.

Yang terpenting adalah mampu memprioritaskan tugas di kampus dan di pondok. Kita tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu dan lebih penting. Pandai mengatur prioritas akan memudahkan Anda mengatur waktu kuliah dan mondok.

5. Berani menolak ajakan diluar prioritasmu, kecuali kamu memang benar-benar punya waktu luang

Menjaga konsistensi agar aktifitas harianmu sesuai planning, bukan tanpa kendala. Kamu akan disuguhi berbagai ajakan yang bisa memalingkanmu dari tujuan awal. Jika ajakan itu memang tak terlalu penting, ketegasanmu untuk menolak sangat diperlukan. Sebagai orang yang terbilang sibuk, kamu memang harus punya prioritas dalam memilah mana kegiatan yang mendesak dan mana yang kurang.

6. Jangan sungkan meminta bantuan teman kampus jika kamu kurang paham tugas kuliahmu atau hal-hal lainnya

Daripada kamu menghabiskan waktu menekuni satu tugas yang kamu sendiri kurang paham, cobalah untuk tidak sungkan bertanya atau mendatangi teman dan meminta bantuannya. Ingat, cuma dibantu, ya! Bukan dikerjakan teman secara utuh. Sebab yang terpenting itu bukan hanya tugas kuliahmu selesai, tapi kamu pun paham ilmunya.

Mempunyai teman sebagai partner belajar sangat penting, lho! Dia tak hanya akan membantu tugasmu, tapi juga mengingatkanmu seandainya kesibukkan yang membuatmu lalai atau lupa pada tugas kuliah atau pondok. Jadi, milikilah partner belajarmu dari sekarang!

7. Saat kamu didera lelah, berbanggalah sebab waktu mudamu tak terbuang percuma

Kamu justru harus bangga karena bisa selangkah lebih maju dari mereka. Bersyukurlah, sebab waktumu lebih bernilai dan tak terbuang percuma. Tuhan telah memberimu kesehatan dan kekuatan, itu artinya kamu memang sanggup melewati perjuangan ini.


7 Tips Sukses Mondok Sambil Kuliah Salah Satunya Dengan Cara Memaksimalkan Mengatur Waktu


Sebagai manusia memiliki keinginan sukses tentu menjadi pilihan paling favorit, entah sukses duniawi ataupun akhirat. Lalu siapa orang yang gak mau sukses mendapatkan ilmu yang berkah dan manfaat di pesantren? Tentu semuanya akan menganggukan kepala.

Dari pengalaman-pengalaman saat dipesantren maupun dari orang-orang yang pernah mondok, ciri-ciri santri/anak pesantren yang akan sukses mendapatkan ilmu berkah dan manfaat adalah dengan melihat dan mengenali kegiatan aktivitas sehari-harinya. Keaktifan belajar mengaji maupun menuntut ilmu dipesantren menjadi tanda bahwa seorang santri akan sukses menjadi lulusan pondok.

Mengenal santri yang akan sukses mendapatkan ilmu berkah serta manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain seperti orang tua, saudara adik/kakak, juga keluarga besar dan tentunya masyarakat sekeliling, masyarakat luas bahkan bangsa Negara Republik Indonesia Ini sangatlah penting untuk para orang tua dan juga guru pendidik dalam mengawasi anak-anak yang sedang dalam tahap belajar. ( Khususnya didalam Pondok Pesantren dalam pembahasan ini )

Nah, salah satunya adalah dengan melihat tanda-tanda keakfifan seorang anak. Namun yang sangat perlu di perhatikan untuk jaman sekarang adalah memperhatikan gerak-gerik tingkah laku anak agar terhindar dari pacaran yang melebihi batas, agar tidak fatal.

Bagi santri saat dipesantren maupun seseorang lainnya berkut ini adalah cara menghindari pacaran saat dipondok agar lebih barokah. Para orang tua/guru pendidik juga perlu memerhatikan tanda maupun cirri-cirinya dalam gerak tingkah laku anak sehari-hari.

1.Bersungguh-Sungguh Dalam Belajar
Niat kita di pondok pesantren untuk menghapus kebodohan ,meraih Ridho Allah Swt,ngurip-ngurip Agamanya Allah dll.Belajar sampai mendapatkan ilmu yang banyak dan berkah manfaat ilmu tentunya prioritas paten dalam diri santri, lalu ngapain ngurusin pacaran,hehehe.

Jangan urus yang namanya pacaran kita lakukan apa yang di wajibkan di pondok, kita harus unggul di pondok, itu harus kita pikirkan, kalau kita di pondok hanya memikirkan Perempuan,kelak nantinya kita pulang ke halaman rumah akan merasakan kekecewaan.Waktu mengaji kita tidak bisa diulang lagi tapi nanti ketika kita sudah waktunya kita akan mendapatkan wanita lebih cantik dan sholehah dari wanita yang dulu ingin kita jadikan pacar .

2.Berkumpul Dengan Teman Yang Rajin Dan Dewasa
Nah yang kedua ...siapa bilang kalau di pondok itu anaknya rajin rajin atau sholeh semua ! tidak lah karena anak di pondok kan itu supaya menjadi anak yang sholeh,Makanya kita di pondok harus mencari teman yang lebih pintar atau yang lebih rajin dari kita supaya kita nanti bisa tertular kepintaran dan kesholeh an nya ! hehehe

3. Jangan Pedulikan Pacaran
Yang nomor 3 ini sepertinya udah jelas ...ya untuk apa lagi bro pacaran, apa sih itu untung nya untuk kita! emang bener sih ketika kita pacaran di awal akan terasa sangat maniss sekali bisa menambah semangat tapi nanti ketika di belakang, rasanya akan seperti buah yang sangat lengit, apalagi nanti ketika sudah putus, Uhhhhh rasanya sangat pahit sekali ,,,dan itu bisa mengganggu aktifitas pondok kita kang.

4.Telanjur dan Sudah Putus
Ya gimana lagi kalo kita udah terlanjur ya udah gak apa apa, asal jangan selalu mengenang masa lalau yang sangat manis itu, jangan mengenang mantan pacar kita karena itu bisa sangat menyakitkan !!! Mantan pacar kita itu bukan untuk dikenang tapi harus dibuang jauh jauh dan jangan di pikirkan lagi.Hapus semua kenangan tentang dia, Emang mantan kita.

5.Tidak Membiarkan Diri Kita Terlalu Larut Pada Lawan Jenis
Remaja sering kali terlarut perasaan yang terlalu mendalam terhadap lawan jenis. Biasanya kebutuhannya simple, hanya ingin diperhatikan atau mendapat perhatian. Sering kali anak-anak muda dan remaja terbawa hanyut oleh perasaan sendiri terhadap lawan jenis. Jika perasaan ini tidak dikontrol tentu saja akan membawa pada perilaku pacaran yang kurang baik. Untuk itu, jangan sampai membiarkan diri kita terlarut jauh terbawa emosional. Apalagi terhadap lawan jenis yang belum sah sebagai suami/istri.

6.Mempelajari Hal Yang Baru
Di masa muda atau remaja, rasa kurioritas dan penasaran yang tinggi menjadi hal yang sangat dinanti-nanti dan disukai. Untuk itu, menghindari pacaran kita bisa banyak mempelajari hal baru. Mempelajari hal baru bisa membuat kita tetap berfokus pada ilmu pengetahuan dan karir yang kita tuju. Untuk itu, lebih baik mempelajari hal baru ketimbang harus melakukan pacaran.

7.Memersiapkan Karir Dari Pada Pacaran
Untuk menghindari pacaran, kita bisa mempersiapkan diri terhadap karir atau impian yang kita miliki. Dengan mempersiapkan diri untuk karir maka kita akan lebih fokus terhadap masa depan karir terlebih dahulu ketimbang dari pacaran. Karir adalah hal penting dalam hidup. Dengan karir kita bisa menjalankan tujuan hidup kita sebagai manusia.

8.Mengisi Pikiran Dengan Hal-Hal Yang Positif
Perilaku pacaran bisa terjadi ketika diri kita tidak dipenuhi oleh hal-hal yang positif. Terlalu banyak memikirkan hal-hal yang bersifat emosional dan perasaan, maka biasanya sangat mudah untuk terjeremus hal-hal yang negatif. Perasaan yang positif, penuh semangat dan hikmah akan mengkondisikan diri kita untuk bisa mengontrol diri dan mendapatkan banyak hal dari diri sendiri ketimbang dari orang yang diharapkan atau yang disebut dengan pacar.

9.Melakukan Aktifitas Produktif
Aktivitas produktif adalah salah satu hal yang bisa menjauhkan kita pada kegiatan yang negatif dan kegiatan yang sia-sia. Dengan beraktivitas produktif kita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat, tidak akan berpikiran aneh-aneh, atau bahkan terjerumus dalam pemikiran yang dilingkupi oleh hawa nafsu. Untuk itu, mereka yang produktif akan banyak menghasilkan karya dan manfaat. Sedangkan mereka yang sering menunda-nunda waktu atau bahkan menunda-nunda pekerjaan, akan mudah terpengaruh pada pikiran dan aktivitas yang negatif.
Udah Gitu Aja yaaa bye bye

Inilah 9 Cara Agar Lulusan Pondok Sukses Dengan Ilmu Yang Berkah Dan Manfaat, Salah Satunya Menghindari Pacaran Saat Mondok


Santri memang penuh cerita indah dan memprihatinkan demi berjuang dan bertahan hidup di Pondok Pesantren. Keunikan santri dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu menyimpan kebahagian tersendiri. Seperti halnya ketika santri kehabisan bekal/sedang krisis keuangan karena faktor-faktor tertentu.

Solusi maupun cara dan trik menyiasati ketika kehabisan bekal selalu ada, Khususnya bagi santri yang mandiri sudah tidak mengandalkan kiriman dari orang tua. Cara hidup yang sederhana ala santri ketika bokek hanyalah satu sifat yaitu hanya membuang rasa sikap gengsi. Ini mungkin yang juga membuat beda dari anak-anak pelajar lainnya saat di perantauan. Seperti halnya pelajar anak kos bisa jadi mereka cukup bisa dibilang anak yang gengsian bila harus hidup seperti ala santri. Karena kebanyakan mereka memilih jadi anak kos dari pada mondok. Bukan maksut menjelekan tapi ini hanya opini santriyai.com


Nah, mau tahu cara santri saat krisis keuangan hanya untuk mengganjal perut lapar? Yuk intip menu makanan ala santri bokek berikut ini. Jangan nangis ya pemirsaa. Hehehe

1. Nasi Putih Campur Garam Menjadi Cara Solusi Yang Tepat Untuk Mengisi Perut Kroncongan


Walaupun saat ini banyak orang tua yang mampu tanpa harus telat mengirim uang saku kepada anaknya saat di perantauan tapi hal ini masih banyak yang terjadi karena hal-hal tertentu yang terjadi. Mungkin santri jaman dahulu lebih banyak mengalaminya dari pada santri jaman now. Ini sepertinya sudah cara umum di masyarakat. Ketika tidak ada lauk dan tidak ada sayur, agar nasi tawar bisa diterima lidah, dicampur sedikit garam. Lumayanlah daripada hambar. Syukur-syukur kalau dapat kelapa untuk diparut. Jadilah nasi krawu sederhana.

Trik ini biasanya hanya dilakukan oleh santri yang memang tidak bergabung dengan kelompok masak. Alasannya mungkin beragam. Dari tidak ada uang untuk ikutan iuran, sampai sedang menjalani pola hidup masak sendiri.

Kalau rekan ada yang tahu si santri makan model begini biasanya juga dibantu dengan memberi atau menawarkan sayurnya. Bagi santri yang benar-benar tidak mau dikasihani, dia akan makan model begini sembunyi sembunyi.

2. Makan Lauk Cobek

Ini cara yang agak lebih nikmat ketimbang makan cuma lauk garam. Tinggal datang ke dapur umum, dan tuangkan nasi hangat-hangat ke dalam cobek umum. Tekan-tekan sedikit dengan menggunakan ulek-ulek, dan jadilah nasi tawar itu bercampur dengan sambal segala rasa sisa penggerusan bumbu.

3. Makan Lauk Wajan


Cara ketiga ini dilakukan juga dengan sembunyi-sembunyi. Menunggu rekan-rekan yang masak normal meninggalkan dapur. Biasanya di dapur juga terdapat wajan umum yang dipakai bergantian.

Kalau ada kelompok masak yang habis masak enak dan berkuah, lumayanlah buat menambah rasa nasi. Kalaupun bukan sayur berkuah, maka sayur oseng-oseng juga menyisakan minyak dan kuah berbumbu di wajannya. Inilah sasaran si santri krisis tadi.

Cukup bermodal nasi putih, lalu dituang ke wajan yang habis digunakan masak sayur. Di oles-oleskan ke wajan, rasanya lumayan buat menambah nafsu makan.

4. Trik Unik Mengakali Pengen Makan Mie Kuah


Pengen makan mie kuah di kantin tapi duitnya nipis? Bagaimana cara unik santri menyiasatinya? Lupakan ego dan gengsi. Masuk kantin beli kerupuk barang satu atau dua bungkus. Para santri lain banyak yang beli mie instan siap santap di kantin.

Kalau jenis mie rebus, biasanya tidak dihabiskan hingga kuahnya. Pasti tersisa. Itulah yang bisa dipakai untuk meredam keinginan yang belum kesampaian.

Mangkok yang ditinggalkan begitu saja dan masih tersisa kuah lumayan banyak. Tinggal kerupuk yang baru dibeli dibuka, diremas biar hancur, lalu masukkan ke dalam kuah mie rebus tersebut. Jadilah kerupuk rasa mie rebus instan. Rasanya nggak jauh amat kok dengan mie yang baru dimakan santri lainnya tadi.

5. Begini Cara Bikin Nasi Gurih ala Santri

Nasi gurih biasanya dibuat dengan resep khusus. Diberi kunyit hingga memberi warna kuning alami yang menarik. Dengan tambahan bawang goreng dan suwiran daging. Tapi santri saat krisis bekal juga bisa kok membuat nasi gurih.

Caranya dengan memasak nasi dan langsung dicampur garam saat memasaknya. Kadang ada yang aneh-aneh dengan sekalian mencampurkan penyedap rasa. Atau kalau ada sisa bumbu di penyimpanan, dan nggak bisa beli sayuran, ya bumbu seadaanya itu dibuatlah sambal lalu dicampurkan sekalian dengan nasi saat menanak. Tujuannya biar rasa bumbunya merata.

Begitulah sebagian cara santri yang lagi krisis menjalani masa sulitnya. Ngenes ya? Atau justru Anda adalah alumni pesantren yang pernah mengalami salah satu pengalaman diatas? Selamat bernostalgia saja …

Baca Juga: 8 Cara Hidup Sederhana Anak Pesantren Meski Dengan Uang Pas-Pasan

Inilah 5 Cara Santri Bertahan Hidup Saat Krisis Uang Lagi Mepet. Sungguh Sangat Memprihatinkan


Mempunyai anak yang semangat mondok/belajar Ilmu Agama memang merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua, Apalagi bila anak ngebet banget dan semangat bila di Pondokan di Pesantren di awal sebelum dia masuk pesantren. Kebahagian tersendiri yang dirasakan sebagai orang tua bila anak mau mondok atau semangat mondok untuk belajar Ilmu Agama demi menghapus kebodohan serta hanya mengharap ridho-Nya yang semata-mata untuk memperjuangankan Agama Allah dan juga demi membahagiakan orang tua kelak di hari akhir nanti.

Nah, yang jadi permasalahan-nya bagi orang tua bila anak lama-kelamaan sudah mulai malas masuk pesantren lagi dan memilih tinggal dirumah lebih lama yang mengakibatkan juga ketinggalan pelajaran dan kegiatan di Pesantren. Mengembalikan gairah agar anak kembali bersemangat belajar mengaji di Pondok Pesantren atau Mondok memang bukan perkara yang mudah untuk di terapkan. Nah kali ini santriyai.com akan berbagi tips atau cara membuat anak agar semangat mondok setelah sekian lama menghabiskan waktu liburan pesantren.

1. Berdoa

Mendoakan anak adalah hal terpenting yang harus pertama kaii dilakukan sebagai orang tua agar anak di berikan hidayah dan kelancaran dalam memnuntut Ilmu di Pesantren. Selain itu sisi dari kekutan doa orang tua untuk anak yang sedang mondok atau dipesantren adalah bisa memberikan energi positif kepada anak untuk semangat mondok atau belajar Ilmu Agama. Secara otomatis tidak menutup kemungkinan hikmah dari sebuah doa orang tua kepada anak tentu akan di Kabulkan yang Maha Kuasa apalagi dalam urusan menyangkut agama, Insyaallah anak akan kembali ke Pondok dan bersemangat mondok.Amin

2. Memberi Uang Jajan Lebih

Memberikan uang jajan lebih untuk anak adalah cara yang efektif memngembalikan semangat belajarnya di Pondok Pesantren. Meskipun memberikan uang jajan lebih terkesan boros atau manja tetaplah mencoba melakukanya. Sebagai orang tua yang ingin anaknya menjadi anak yang sholeh tak apalah sedikit mengeluarkan uang lebih demi anak yang mempuny bekal Ilmu Agama, toh semuanya akan kembali lagi dirasakan kelak di hari-hari akhir nanti.

3. Memberi Hadiah

Fitrah seseorang apabila diberi hadiah pasti senang, karena dia tentu merasa di perhatikan secara lebih. Memberikan hadiah kepada seorang anak adalah cara yang tepat yang berkemungkinan anak menjadi bersemangat mondok lagi. Dengan di beri hadiah seorang anak akan terkesan sungkan dan lama-kelamaan akan menuruti apa perintah-perintah orang tua.

4. Menuruti Kemauan-nya

Menuruti kemauan anak ini adalah kelanjutan dari yang diatas, pasalnya kemauan anak adalah hal yang harus di perhatikan selama itu masih bersifat positif tetaplah turuti apa yang menjadi keinginan anak agar dia nantinya luluh dan mau menuruti apa yang di suruh orang tua. Cara ini juga berpeluang mengembalikan gairah si anak untuk kembali belajar di pesantren setelah sekian lama dia malas di rumah atau terbesit dari hal-hal lainya

5. Motivasi Si Anak Dan Berikan Inspirasi

Walaupun motivasi mempunyai sifat yang sementara cara ini memiliki peluang ampuh agar anak bersemangat belajar di Pondok. Tentunya memotivasi anak juga harus diberi inspirasi-inspirasi yang membuat dia tergugah hatinya. Dengan begitu pasti anak akan segera kembali ke pondok dengan hati yang senang setelah mendengarkan motivasi dan inspirasi yang di berikan.

6. Buatlah Perjanjian Kelak Setelah Dia Lulus Dari Pesantren

Nah yang terahir kalinya untuk membuat anak mempunyai atau memiliki semangat belajar di pondok menurut santriyai.com adalah membuat perjanjian dengan si anak bila nanti setelah lulus dari pesantren akan di berikan sesuatu yang istemewa atau hadiah, Namun bukan hanya sekedar lulus saja tapi juga harus ada syarat ketentuan bagi si anak dalam belajarnya di pondok. Seperti halnya harus hafal alquran dan lain sebagainya.

Demikianlah cara membuat anak agar memiliki rasa belajar di pondok semakin menggebu-gebu dalam berlomba-lomba memperoleh kebaikan yang hakiki. Semoga juga anak-anak kita yang di pesantren juga memperoleh Ilmu yang berkah dan manfaat dunia akhirat.Amin

6 Cara Agar Anak Semangat Mondok


Sebagai orang tua yang mempunyai anak agar mau mondok atau supaya anak mau masuk pesantren adalah investasi orang tua ketika berada dikehidupan kedua nanti. Bukan hanya investasi akhirat saja namun juga, memberikan bekal ilmu agama kepada anak adalah kewajiban dari orang tua. Menjadi sosok orang tua yang memilih jalan memondokkan anak di pesantren adalah cara yang tepat dan benar, Pasalnya pergaulan dan dari sisi lingkungan di pondok pesantren sudah terlihat jelas, kehidupannya yang selalu positif dan mandiri.

Namun permasalahan yang sering terjadi ketika ingin memondokkan anak di pesantren adalah saling bertolak belakang antara kemauan anak dan kemauan orang tua. Kemauan orang tua ingin memondokkan anak di pesantren namun anak tidak mau menjadi hal permasalahan atau penghambat anak mau mondok atau masuk pesantren. Permasalahan anak tidak mau masuk pesantren atau mondok sebenarnya hal yang sepele. Semuanya tergantung dari orang tua mendidik anak maupun membujuk-nya. Nah simak cara-cara atau solusi santriyai.com dibawah ini sampai titik terahir ya.hehehe

Cara agar anak mau mondok atau bersedia masuk pesantren yang tepat adalah sebagai berikut:

1. Memberikan suasana realigi sejak lahir
Suasana realigi sejak lahir ini akan memberikan sisi energi positif kepada anak seiring perkembangan anak yang nantinya semakin hari bertambah umur. Bila anak sudah diberikan suasana realigi sejak lahir insyaallah anak akan lebih mempunyai dorongan-dorongan kuat dalam hatinya ingin mempelajari ilmu agama.

2. Mendoakan anak setiap hari
Mendoakan anak setip hari berpeluang besar mempunyai anak yang sholeh, hal ini bisa kita lihat dari hadist maupun alqur'an yang sudah tidak asing lagi " Berdoalah Kepada Tuhanmu Niscaya Aku Akan Kabulkan ". Doa dan doa setiap hari tanpa putus dengan keyakinan pasti doa kita akan terkabul.

3. Menjadikan suasana rumah menjadi terlihat islami
Suasana Rumah tampak islami ini bisa terlihat dengan memasang kaligrafi ayat-ayat alqur an dan foto-foto ulama-ulama yang terdahulu. Nah hal ini akan memberikan dampak anak ingin mempunyai rasa ingin tahu apa yang di tempel di dinding rumah itu. Bukan tidak mungkin hal ini pasti akan memberikan hal yang luar biasa kepada si anak yang kelak nantinya bila sudah dewasa akan mau masuk pesantren.

4. Selalu berusaha setiap hari memberikan ilmu agama
Sedikit demi sedikit walaupun hanya satu ayat berikanlah setiap hari ilmu agama, Seperti halnya tajwid-tajwid alquran dan sebagainya. Jangan putus asa dan jangan berhenti setiap harinya untuk memberikan bekal kepada si anak agar kelak menjadi anak yang sholeh.

6. Selalu menceritakan hal-hal positif tentang kehidupan di Pesantren
Bercerita mengenai kehidupan pesantren akan menarik perhatian dan rasa ingin tahu anak menjadi besar. Bila anak sudah mempunyai rasa ingin tahu besar tentu dia pasti ingin cepat-cepat mondok.

7. Menjaga pergaulan-nya
Menjaga pergaulan anak sejak dini adalah hal yang harus dilakukan setiap hari, jangan sampai hari-harinya terdapat racun negatif pergaulan. Bila sudah terkena racun negatif berilah obat dan pencerahan. Racun negatif pergaulan ini seperti halnya ucapan kotor atau tingkah laku anak. Pergaulan anak yang negatif tentunya akan menghambat atau menjadi faktor anak tidak mau mondok. Karena hal tertentu.

Demikianlah cara-cara anak agar mau masuk pesantren. Pokok nya adalah pembekalan anak sejak kecil menjadikan anak mau mondok atau agar anak menjadi sholeh,

7 Cara Anak Agar Mau Mondok Atau Masuk Pesantren


Mempunyai anak-anak yang baik, patuh, cerdas dan yang religius merupakan sebuah harapan besar dari orang tua. Oleh karena itulah, kita sebagai orang tua wajib mendidik anak-anak kita sejak dini supaya dapat menjadi anak kebanggaan bagi orang tua. Lalu bagaimana cara terbaik mendidik anak yang baik dan benar? Dalam artikel akan di paparkan langkah terbaik supaya anak menjadi patuh,baik dan religius.

Cara menjadikan anak agar baik, patuh, cerdas dan religius

Pada prinsipnya secara teori memang mudah mendidik anak, namun pada faktanya tidak semua orang tua bisa melakukannya. Hal itu banyak sekali anak-anak yang tumbuh kembangnya mengalami hambatan dan menjadi anak yang kehadirannya kurang diharapkan karena memiliki kepribadian yang kurang baik. Nah, di bawah ini adalah cara mendidik anak yang baik dan benar sejak dini.

1.Ajarkan kemandirian dan tanamkan rasa tanggungjawab kepada anak sejak usia dini.
Pada umumnya para orang tua akan merasa cemas pun khawatir yang berlebihan kepada anak-anaknya. Sebaiknya janganlah terlalu berlebihan mencemaskan dan mengkhawatirkan anak atau ofer protektif. Hal itu justru tidak baik untuk penanaman kepribadian anak. Namun cobalah untuk mempercayai buah hati anda, tetapi harus tetap dipantau dari jauh tanpa ada pengekangan atau melindungi tatkala dia bersalah.Mulailah untuk mengajarkan kepada buah hati anda untuk mengetahui benda-benda miliknya, serta merapikannya setelah bermain. Ketika sudah anak anda sudah memasuki masa sekolah maka ajarkan dia untuk membantu mempersiapkan keperluannya, berilah uang saku yang cukup dan cobalah untuk mengajarkannya menabung sedikit dari uang saku tersebut.

2.Ajarkan dan tumbuhkan rasa ingin tahu pada anak sejak dini.
Pada usia yang masih anak-anak mereka merasa memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Ketika melihat benda-benda dan sesuatu yang belum diketahui dan dipahami maka biasanya mereka akan banyak bertanya. Sebagai orang tua anda tentunya harus menjawab dengan penjelasan yang mudah dan mampu dipahami oleh anak tersebut. Jika anda tidak mengetahui tentang apa yang ditanyakan, maka dalam memberi jawaban sebisa mungkin tidak berbohong, tetapi berusahalah untuk memberikan jawaban yang selogis mungkin. Sebaiknya anda menghindari kata “tidak tahu”. Anda bisa menyanggupi untuk mencari tahu tentang apa yang ditanyakan oleh anak tersebut

Namun jika anak anda merupakan anak yang pasif atau tidak suka bertanya, maka cobalah untuk menjelaskan sesuatu tanpa ditanya. Sebagai contoh: “Nak, itu kambing, makannya rumput, suaranya mengembek, dan dagingnya enak dimakan, dan biasa untuk korban,” begitulah kiranya.

3.Ajarkan dan tumbuhkan kemampuan berpendapat aak sejak dini.
Pada umumnya para orang tua akan merasa acuh terhadap anak yang mengemukakan pendapatnya. Mereka menganggap bahwa pendapat anak tidaklah penting karena masih anak-anak. Padahal jika anak tidak dipedulikan akan bisa berdampak minder dan tidak lagi berani untuk mengemukakan pendapat. Kita sebagai orang tua wajib belajar untuk selalu mendengarkan pendapat anak, apabila pendapatnya tidak benar kita sebagai orang tua bisa mengkoreksinya. Sebagai contoh kita bisa memberi respon yang baik dan positif ketika anak berpendapat dengan memberi pujian positif meski pun pendapat yang dikemukakan asal-asalan.

Namun jika anak anda termasuk anak yang memiliki sikap pemalu maka anda bisa memberikan umpan ddengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ringan sehingga dapat memicu si kecil untuk mengeluarkan pendapatnya.

4.Ajarkan pada anak sejak dini rasa sosial, bersimpati dan empati.
Sebagai manusia yang sudah dikodratkan sebagai makhluk sosial tentu memiliki sikap sosial, simpati, dan empati sangatlah penting. Nah supaya anak tumbuh menjadi manusia yang bisa menghargai orang lain maka ajarkanlah sedini mungkin pada mereka tentang bagaimana menghargai orang lain, bagaimana menghargai pendapat orang lain dan bagaimana cara memahami lingkungan disekitar kita.

Anda bisa mengajarkan pada anak anda tentang bagaimana cara memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan bantuannya, dan ajarkan pula sikap tidak sombong pada anak anda.

Sebagai contoh, ketika ada pengemis yang datang ke rumah anda, mintalah anak anda untuk memberikannya.

5.Berikanlah sikap toladan yang baik.
Sebagai orang tua kita harus bisa bersikap sempurna dihadapan anak-anak kita. Sebab orang tua merupakan contoh yang akan dianut oleh anak-anak hingga dewasa nanti. Jika kita ingin anak-anak kita bersikap sopan, bertutur kata yang lembut dan baik, maka kita harus selalu bersikap yang sama sebagai panutan. Namun jika kita ingin anak kita memiliki sikap religius, maka kita harus memberi contoh seperti orang yang memiliki sikap religius.

Dari uraian pembahasan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa didalam mendidik anak harus benar-benar matang dan jangan lupa berikanlah perhatian yang cukup. Jangan berlebih dan jangan kurang, sebab keduanya tidak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Demikianlah pembahasan tentang tips mendidik anak agar baik, patuh dan religius. Semoga dapat bermanfaat.

5 Tips Terbaik Anak Menjadi Patuh,Baik,Taat Dan Religius


Hidup manusia pasti tidak lepas dari dua hal, yaitu kesedihan dan kebahagiaan. Tidak selamanya manusia hidup senang dan bahagia, pada suatu waktu kesedihan mungkin saja menimpa. Cara menghilangkan rasa sedih saat kesepian maupun di timpa masalah yang terbaik dan pali
ng ampuh merupakan suatu hal jalan yang harus diatasi. Karena bila kesedihan berlarut-larut tidak baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis.

Nah topik atau tips dibawah ini sangat cocok untuk semua kalangan yang merasa sedih yang berlarut-larut bersemanyam dalam diri seseorang. Mungkin saja juga anak pesantren atau santri yang kesepian dan dilanda rasa sedih saat mondok juga mengalaminya. Faktor kesedihan seorang santri saat mondok disebabkan oleh beberapa hal mulai dari masalah keuangan, masalah pribadi, atau hal lainnya. Kesedihan di pondok pesantren memang banyak macamnya dan kadang juga tak mudah menghilangkan rasa kesedihan yang menimpa. Namun suka dukaan yang menimpa penuntut ilmu dipesantren atau santri mejadi sebuah kenangan sepanjang waktu yang dirasakan saat mondok.

Lalu bagaimana cara menyikapi rasa sedih saat mondok? Adakah resep mujarab untuk mengobati kesedihan? Penulis Al-Farj Ba’da al-Syiddah dalam bukunya bercerita tentang seorang bijak yang sedang ditimpa musibah. Namun, ia tidak sedih.

Ketika teman-temannya menjenguknya untuk mengungkapkan keprihatinan, orang bijak itu berkata, “Aku tahu ada satu obat yang terbuat dari 6 resep berbeda.”

Teman-temannya pun bertanya, “Apa saja itu?” Ia pun memaparkan jawabannya. Berikut ini 6 cara langkah menghilangkan rasa sedih atau mengobati kesedihan yang dipaparkan oleh orang bijak tersebut:

1.Percaya sepenuhnya kepada Allah.

2.Menyadari bahwa semua yang telah Allah takdirkan akan terjadi.

3.Sabar adalah senjata paling ampuh yang dipergunakan oleh orang-orang yang mendapat ujian.

4.Jika saya tidak sabar lalu apa yang bisa saya lakukan. Dan saya tidak akan terbantu hanya dengan perasaan resah.

5.Mungkin saja saya akan berada dalam kondisi yang lebih jelek daripada kondisi saya sekarang ini.

6.Yakin dari waktu ke waktu jalan keluar akan terbuka.

Demikianlah, kesedihan itu insya Allah dapat terobati dengan iman dan sabar serta selalu bersyukur.

Baca Juga:Kata Kata Kenangan Masa Dipesantren Membuat Kangen Dan Rindu Dengan 7 Kehidupan Saat Mondok Jadi Santri

6 Langkah Berhasil Menghilangkan Rasa Sedih Saat Di Pondok


Silahturahim kerumah orang lain yang sopan dan memenuhi adab tata cara merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik. Apalagi ketika seseorang akan sowan ke dhalem kiai atau kerumah kiai harus mengerti akhlak sopan santun. Mulai dari cara ucapan kata-kata untuk silahturahim ke dhalem kiai atau sowan kiyai serta juga ke orang lain, baik dirumah ataupun saat bertemu dijalan dll.

Berikut tips yang hendak sowan kerumah kiyai/kiai atau kerumah orang lain sebaiknya menggunakan cara-cara bersilahturahim yang baik mulai dari kata-kata silahturahim/sowan kiyai yang tepat menurut santriyai.com

1.Mengucapkan Salam Saat Masuk
Hal yang pertama kali perlu dilakukan saat bersilaturahmi ke rumah orang lain/sowan kiai adalah dengan mengucapkan salam kepada tuan rumah sebelum masuk ke rumah. Mengucapkan salam merupakan bentuk penghormatan kita terhadap pemilik rumah dan juga menandakan bahwa kita memiliki etika dan juga sopan santun.

Asal masuk ke rumah orang tanpa disertai salam merupakan tindakan yang salah saat bersilaturahmi ke rumah orang. Tuan rumah tentu akan merasa risih jika ada orang lain masuk secara tiba-tiba ke dalam rumahnya tanpa disertai salam.

2.Jangan Makan/Minum Sebelum Dipersilahkan
Saat kita berkunjung ke rumah orang lain, pemilik rumah biasanya akan menyuguhkan makanan dan juga minuman untuk para tamunya. Nah, seringkali kita lupa dan langsung memakan makanan dan meminum minuman yang disuguhkan pemilik rumah.

Cara terbaik sowan/silahturahim yang bisa dilakukan adalah dengan menunggu sampai pemilik rumah mengizinkan untuk mengambil makanan ataupun minuman. Jika dirasakan sudah terlalu lapar dan haus kita dapat meminta izin terlebih dahulu sebelum makan dan minum.

3.Hindari Perkataan yang Menyakiti Tuan Rumah
Tujuan bersilaturahmi/sowan kiai adalah untuk menyambung dan mempererat tali silaturahmi dengan teman ataupun yang lainnya. Oleh karena itu, disaat kita bersilaturahmi ke rumah orang lain/kiyai hindari perkataan-perkataan yang dirasa akan menyinggung pemilik rumah.

Carilah topik pembicaraan yang nyaman untuk dibicarakan seperti kejadian sekitar rumah, kegiatan kantor, dan yang lainnya . Jangan membicarakan hal-hal yang sensitif seperti perhiasan yang dikenakan, kondisi rumah, dan aib pemilik rumah.

5.Jangan Terlalu Cepat Pergi
Cara selanjutnya adalah dengan sepintar mungkin mengatur waktu kunjungan. Jangan bertamu dengan waktu yang sangat lama karena hal tersebut dapat mengganggu aktivitas pemilik rumah dan juga jangan bertamu dengan waktu yang terlalu cepat karena akan muncul anggapan kita tidak senang untuk bertamu kesana.
Waktu kunjungan selama 30-45 menit merupakan waktu yang cukup ideal untuk bersilaturahmi ke rumah orang lain, dimana waktu tersebut tidaklah terlalu cepat dan juga tidak terlalu lama.

5 Cara Silaturahim Kerumah Orang Atau Sowan Kiai


Nah, kali ini ada tips tentang cinta mengenai kriteria Cewek yang disukai santri putra. Berikut 21 Tipe-Tipe Cewek yang Paling Disukai santriwan atau santri putra pondok pesantren atau wanita idaman santri putra.

1. Tipe Cewek Pengertian

Sebegitu menarikkah tipe cewek pengertian ini bagi para cowok santriwan? Hal ini sekaligus mengungkap sebuah fakta bahwa kaum cowok santri putra ternyata juga mahluk yang ingin dimengerti.

2. Tipe Cewek Penyayang

Tipe cewek penyayang ini juga paling disukai cowok. Secara, cowok juga mahluk yang ingin disayang. Siapa sih orangnya yang tidak ingin disayang? So, buat para cewek ‘sayangilah cowok kamu’ niscaya kamu akan semakin disayangi oleh pasanganmu.

3. Tipe Cewek yang selalu berpikir positif

Cewek yang selalu ceria saat ketemu cowoknya dan mampu membuat setiap acara kencan jadi lebih berkesan. Cewek tipe ini, meskipun gak terlalu cantik, bakal dianggap sebagai sesuatu yang tak ternilai. Setiap cowok yang menjadi pasangannya akan merasa berharga dan dicintai.

4. Tipe Cewek Baik Budi


Hampir semua cowok menyenangi cewek yang baik budi. Bagi mereka, itu lebih berharga dari pada materi. Mereka kagum pada cewek yang menunjukkan perhatian dan kepedulian pada hubungan mereka. Keluarganya, teman-temannya dan lingkungannya

5. Tipe Cewek Sensual

Tipe cewek ini punya daya pikat yang luar biasa. Mereka gak pernah dengan sengaja menggunakan daya tarik seksualnya untuk memerangkap cowok, tapi secara alamiah para cowok tertarik kepada mereka. Kalau lo gak termasuk dalam tipe ini, jangan maksain diri, nanti malah dikira cewek ganjen!

6. Tipe Cewek Terus Terang

Tipe cewek ini tahu bagaimana berkomunikasi. Hal itu membuat cowok gak perlu menebak-nebak isi hatinya. Para cowok mudah menyesuaikan sikap dengannya.

7. Tipe Cewek Mandiri

Tipe cewek yang membutuhkan kehadiran cowok, tapi gak tergantung padanya. Cowok merasa aman karena merasa gak bakal disalahkan jika ada sesuatu yang gak beres dalam hubungan mereka.

“Tipe Cewek yang Paling Disukai Cowok”

8. Tipe Cewek Pede

Cewek yang mencintai dan yakin pada diri mereka sendiri. Cewek seperti ini gak membutuhkan perhatian dan sanjunan terus menerus, membuat cowok merasa nyaman dan betah bersamanya.

9. Tipe Cewek yang Cerdas

Kecerdasan ibarat pancaran cahaya yang memukau siapa aja. Cewek tipe ini memiliki magnet yang kuat bagi orang di sekitarnya. Kepribadiannya membuat cowok-cowok berlomba menjadi kekasihnya.

10. Tipe Cewek yang gak Matre dan Mau Nerima Apa Adanya

Tipe cewek yang seperti ini sangat di kagumi cowok. Para cowok akan menaruh hormat atas sikap si cewek yang gak silau dengan uang yang dimiliki pasangannya. Cowok biasanya justru akan dengan sukarela memberikan suatu yang dimiliki, berapa pun nilainya. Mereka juga bisa menerima apa adanya keadaan cowoknya, saat si cowok dalam keadaan apapun (entah kaya atau miskin), si cewek bisa nerima apa adanya dan tetap ada di samping si cowok.

11. Tipe Cewek Sederhana dan Apa Adanya

Nah, ini juga tipe cewek yang paling saya sukai. Sederhana dan apa adanya. Ngga neko-neko. Nggak banyak dipolas-poles ini-itu. Natural, alami, semua yang polas-poles itu cuma topeng. Tipe cewek yang mensyukuri karunia Tuhan atas dirinya.

12. Tipe Cewek Setia

Kesetiaan adalah salah satu inner power yang punya getaran dan pengaruh yang kuat dalam jangka panjang. Cewek setia hampir selalu membuat cowok takluk karena merasa hormat padanya. Bentuk kesetiaan bukan semata-mata gak berpaling ke cowok lain. Melainkan tetap bertahan di sisi pasangannya dalam keadaan terburuk sekali pun.

13. Tipe Cewek Ramah

Senyum memberi kehangatan tersendiri bagi cowok. Senyum hangat yang dipadu dengan kecerdasan dan ketulusan, merupakan ramuan diri keramahan yang sangat disukai oleh semua cowok. Di dekat cewek ramah, cowok merasa tenteram seperti berada di dekat ibunya.

14. Tipe Cewek Humoris

Cowok sangat senang pada cewek yang penuh canda. Bersama cewek yang humoris, mereka selalu merasa rileks sebab humor-humor cerdas memancarkan kehangatan yang khas pada diri mereka. Selain itu, selera humor yang tinggi akan membuat cewek tampak selalu ceria dan menyenangkan.
“Tipe Cewek yang Paling Disukai santri putra”

15. Tipe Cewek Fleksibel

Umumnya, cowok paling gak suka sama cewek yang keras kepala dan cuma nuruti keinginannya sendiri. Bukan karena mereka mau dihormati, tapi mereka merasa eneg dengan cewek yang gak peduli dengan orang lain. Cewek yang gak tanggap terhadap lingkungan dan alergi terhadap sesuatu yang baru.

Satu hal yang sering terjadi pada “Cewek kaku” adalah langsung cemberut bila tiba-tiba rencana berubah. Para cowok akan merasa bete dan justru semakin berlaku otoriter jika itu terjadi.

16. Tipe Cewek Jujur

Para cowok sangat senang dengan cewek yang gak panuh kepalsuan. Mereka sangat hormat pada cewek yang gak menutupi keberadaan dirinya dengan kemewahan atau keramahan yang dibuat-buat. Para cowok juga akan terpesona pada cewek yang bersikap wajar dan apa adanya, serta cewek yang pandai menyatakan apa yang ada dalam pikirannya.

17. Tipe Cewek dengan bentuk badan bagus

Yang ini sudah menjadi hal yang lumrah. Hampir seluruh cowok pasti suka dengan cewek bertubuh indah. Mereka suka cewek yang sintal dan berisi. Ukuran payudara besar memang suka menjadi topic pembicaraan kalau para cowok lagi ngobrol soal cewek. Namun, sesungguhnya, mereka gak mendambakannya sebagai hal yang utama. Mereka juga gak menyukai cewek yang kelewat feminim yang sangat terpengaruh oleh tren mode.

18. Tipe Cewek Cantik

Sebenarnya, tipe cewek cantik ini sangat relatif. Setiap orang punya definisi berbeda mengenai apa itu cantik? Sama seperti apa itu cinta? Cantik menurut saya belum tentu cantik menurut orang lain, begitu pun sebaliknya. Tapi tidak bisa dipungkiri, cewek cantik sangat menggiurkan.

19. Tipe Cewek Satu Keyakinan

Ternyata masalah keyakinan masih menjadi salah satu pertimbangan cowok dalam memilih cewek. Tipe Cewek yang memiliki keyakinan yang sama taat beribadah menjadi satu kriteria kunci yang tidak boleh hilang.

20. Tipe Cewek yang Memiliki sifat Keibuan

Sifat keibuan seorang cewek ternyata banyak juga dicari oleh para cowok. Kalau untuk orang-orang yang siap menikah, setidaknya menjalin hubungan yang serius, mungkin tipe cewek ini adalah yang paling banyak dicari.

21. Tipe Cewek Hemat

Cowok sangat gak suka dengan cewek yang boros. Tapi, bukan berarti mereka menyukai cewek yang pelit. Mereka sangat menyayangi cewek yang pandai dan bijak menentukan pengeluaran. Mana yang harus dihemat, mana yang memang harus di los. Cowok yang tetap memberi tempat istimewa bagi cewek yang boros pertanda sungguhnya mereka hanyak menginginkan fisik saja.

21 Tipe Cewek Idaman Santri Putra


Sholat tahajud adalah salah satu solat sunat muakkadah yang sangat di tuntut dalam Islam. Kebaikan solat ini di jelaskan sendiri oleh Allah SWT di dalam al-Quran.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا
“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. al-Israa’ : 79)

Firman-Nya yang lain,

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ () آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَٰلِكَ مُحْسِنِينَ () كَانُوا قَلِيلًا مِّنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ () وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).” (QS. al-Dzaariyaat : 15-18).
Berikut ini ada beberapa tips mudah cara bangun tengah malam untuk menunaikan sholat sunnah Tahajud:

Pertama
Hal yang paling utama agar boleh bangun malam adalah minta tolong kepada Allah SWT dengan berdoa sebelum tidur. Jika sudah terjaga daripada tidur maka cepat-cepat bangun.

Kedua
Biasakan tidur siang, 30 menit sebelum zuhur atau tidur selepas solat zuhur. Sabda Rasullah SAW, “Lakukanlah Qailulah, kerana sesungguhnya syaitan itu tidak berani Qailulah” (Hadis Riwayat ai-Tabrani)

Apa itu Qailulah? Qailulah ialah tidur sebentar pada siang hari.

Kapan waktu paling sesuai untuk amalkan Qailulah? Mengikut pengalaman mereka yang istiqamah mengamalkan Qailulah, waktu paling baik ialah antara pukul 12 tengahari sehingga sebelum Zuhur. Namun boleh juga dilakukan selepas Zuhur.

Ketiga
Tidur lebih awal, jangan biasakan tidur lewat yang menyebabkan sukar nak bangun tahajud. Selewat-lewatnya jam 11 malam.

Keempat
Ketahui jadual tidur anda setiap malam, dengan begitu anda boleh menentukan jam malam anda untuk tidur sesuai dengan keinginan anda mau bangun jam berapa pun.

Untuk mengetahuinya cubalah uji dengan tidur lebih awal, kemudian pasang jam locing dengan waktu 4 pagi jika terjaga cuba bangun dan mulakan solat 2 rakaat dulu.

Kelima
Mintalah isteri anda untuk membangunkan anda pada sepertiga malam kerana biasanya wanita akan lebih mudah terjaga.

Keenam
Anda juga boleh minta bantuan pada teman-teman untuk saling membangunkan baik melalui telefon mahupun sms, dengan begitu anda juga sudah menerapkan tolong menolong dalam kebaikan.

Ketujuh
Banyak-banyak minum sebelum tidur, dengan begitu kita akan sering buang air kecil. Setiap kita buang air kecil maka minumlah kembali air putih yang banyak, dengan begitu kita akan mudah terjaga sampai pada waktu sepertiga malam.

Kedelapan
Sebagai latihan, anda boleh mulakan bangun malam anda setengah jam sebelum subuh dan solat yang ringan, jika sudah terbiasa maka dipercepat lagi menjadi 1 jam sebelum subuh dengan jumlah rakaatnya ditambah, begitu seterusnya.

Kesembilan
Berwuduk, membaca al-Qur’an sebelum tidur dan gunakan adab-adab dan cara tidur yang diajarkan Rasulullah SAW.

Kesepuluh
Jangan Makan terlalu banyak sebelum tidur, kerana akan membuat kita menjadi malas untuk bangun tahajud.

Kesebelas
Jangan tidur dalam keadaan berhadas besar kerana juga akan membuat kita malas untuk bangun tahajud.

Keduabelas
Jangan berbuat maksiat, kerana setiap dosa yang kita lakukan akan membuat kita sukar bangun malam. Seterbiasa apapun anda bangun malam jika pada siang harinya anda berbuat maksiat maka insya Allah pada malam harinya anda akan akan untuk bangun malam.

Itulah beberapa cara yang boleh anda cuba lakukan agar mudah bangun malam. Semoga tips cara mudah bangun malam untuk solat Tahajud di atas boleh bermanfaat bagi anda semua.

Sumber: islamituindah.my



12 Cara Termudah Bangun Malam Untuk Shalat Tahajud


Tujuan masuk pesantren tidak lain untuk memperbaiki akhlak, menimba ilmu, baik agama dan sains, dan masih banyak lagi tujuan-tujuan menuntut ilmu di pesantren. Tapi yang namanya kebutuhan pasti ada dan fitrah-nya setiap manusia memang ingin menjadi lebih baik, dari segi finansial ataupun hal lainnya. Nah begitu juga orang yang sedang mondok atau santri, tentu salah satu dari mereka juga ingin memperbaiki kebutuhan ekonomi walaupun masih di pondok.

Jauh dari keluarga dan hidup mandiri tanpa merepotkan keuangan dari orang tua menjadikan tekanan seorang santri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang ingin memiliki sampingan penghasilan ketika di pondok pesantren. Mencari duit ataupun penghasilan saat masih mondok memang bukan perkara yang mudah, karena kegiatan belajar mengajar yang ada membuat waktu semakin sempit untuk perkara aktivitas finansial.

Nah maka dari itu santriyai.com ingin berbagi tips cara mendapatkan sampingan penghasilan uang tambahan yang cocok dan pas tanpa mengganggu kegiatan belajar/mengaji.

1.Menjadi Penulis
Salah satu cara mendapatkan uang saat masih dipondok adalah dengan menjadi penulis buku, pasalnya dengan menjadi penulis tidak akan banyak menyita waktu banyak. Bila ada waktu longgar sempatkanlah untuk menulis sedikit demi sedikit pasti akan menjadi bukit. Setelah itu tinggal mencari cara bagaimana menerbitkan buku yang ditulis tadi. Tentunya dengan menulis akan membuat kepribadian kita lebih mantap dan menambah wawasan ilmu yang luas. Peluang menjadi penulis saat masih mengaji di pondok ini sangat cocok dan berpeluang besar menjadi santri sukses dunia akhirat. Bertambah ilmu, memberi manfaat, dan hasil secara perlahan esok harinya tentu akan dalam genggaman. Tetapi semuanya harus diniati dengan kuat dan konsisten agar berhasil sukses. Karena kunci utama sukses salah satunya dengan usaha dan niat serta konsisten.

2.Menjadi penerjemah kitab kuning
Peluang berpenghasilan saat masih menjadi santri pondok adalah menjadi penerjemah kitab kuning. Cara ini berpotensi besar berpenghasilan untuk mencukupi kebutuhan di pondok. Dengan menerjemahkan kitab kuning seorang santri yang ingin mendapatkan tambahan uang jajan maupu halnya lainnya ini juga cocok buat yang masih mondok. Caranya tak lai seperti nomer satu.

3.Berdagang Onlain
Peluang usaha berdagang onlain dipondok ini khusus buat pesantren yang di memperbolehkan membawa alat elektronik. Seperti handpond misalnya, bisa digunakan untuk jual beli di situs-situs media yang ada dengan menjual barang dagangan orang lain atau dagangan milik sendiri. Ketika selesai belajar mengajar dipondok atau sudah selesai mengaji sempatkanlah waktu sedikit untuk onlain dagangan yang ada.

4.Menulis di Internet Atau Menjadi Blogger
Menjadi blogger atau penulis artikel di internet merupakan cara menghasilkan uang di pondok pesantren yang tepat dan sangat cocok karena Fleksibilitas Waktu, Fleksibilitas Tempat, Potensi Pendapatan yang Besar, Tidak Perlu Keluar dari Profesi Sekarang, dan kreatif. Bila tulisan sudah populer tentu secara otomatis hasil akan di dapatkan dari pengiklan mandiri ataupun dari pihak-pihak penyedia layanan iklan.

5.Membuka jasa laundry pakaian teman
Cara mudah mendapatkan uang di pesantren adalah dengan membuka jasa laundry pakaian teman, hal ini sangat simple dan mudah tanpa harus mengganggu aktivitas lain. Karena kita bisa sekalian melakukannya saat sekalian mencuci pakaian sendiri. Kamu untung 2x teman juga untung.

6.Membuka jasa ojek antar maupun deleveri
Cara mendapatkan sampingan saat mondok adalah membuka jasa ojek atau deleveri makanan siap jemput dan antar apa yang dibutuhkan di kawasan pesantren. seperti halnya ojek delevery makanan, beli satu gratis satu buat kamu contohnya. Lumayankan hehhehe

7.Menjadikan hobby dan bakat yang ada menjadi pundi-pundi tercukupinya urusan finansial
Jadikanlah hobby dan bakat menjadi lahan penghasilan, hanya kamu yang tahu bagaimana caranya.

Demikianlah cara-cara peluang menghasilkan uang dipondok pesantren semoga bermanfaat. Santri hebat ialah yang mandiri tidak merepotkan keluarga tapi malah membantu keluarga dalam urusan finansial juga. Itulah santri hebat masa kini.

7 Cara Menghasilkan Uang Saat Dipondok Tanpa Menggangu Kegiatan Mengaji


Anjuran buat santri baru untuk tidak pulang selama 40 hari merupakan hal yang berlaku di kebanyakan pondok pesantren, konon katanya jika setelah 40 hari pertama tidak pulang akan membuat santri menikmati mondok berkelanjutan atau betah mondok. Sehingga ini menjadikan pihak pesantren untuk membuat cara menangani santri yang baru agar kerasan tinggal di pondok. Semuanya juga dilakukan pengurus pondok agar santri yang baru pertama kali masuk tidak kecewa atau bisa merasakan suatu yang istimewa. 

Berikut cara sesama santri yang lebih senior atau pengurus pondok membuat santri baru ( anyar )  kerasan dan betah mondok:

1.Mendoakan santri baru agar diberi kemudahan dan diberi lapang dada untuk nyantri sampai goal
Mendoakan santri tentu semua pihak pesantren melakukan itu, agar diberi kemudahan dalam menuntut ilmu serta bisa bermanfaat ilmunya untuk dunia akhirat. Nah ini adalah cara pengurus maupun pihak pesantren agar si anak santri baru betah mondok dan mengantisipasi santri baru untuk tidak pulang terlebih dahulu selama 40 hari pertama atau juga sampai sukses.

2.Memanjakan santri baru
Memanjakan santri baru juga tak kalah penting sebagai peran utama untuk menjadikan santri baru tetap tinggal di pondok selama waktu yang biasanya di anjurkan ( 40 hari pertama ). Cara sesama teman santri atau pihak pengurus dalam memanjakan santri baru adalah seperti halnya menggratisi dia jajan di warung, menyiapkan tempat tidurnya agar tidak didahului teman lainnya, atau memberi sesuatu lainnya yang membuat santri anyar senang

3.Mengajaknya bergaul dan menceritakan kisah-kisah santri yang hebat
Seorang santri baru tentu merasakan kesepian dalam hatinya atas kehidupan barunya, hal ini adalah hal yang wajar dirasakan semua orang jika dalam lingkungan baru. Tentu pengurus pondok pesantren maupun teman lainnya yang lebih senior akan secara otomatis untuk yang peka akan mengajaknya bergaul dan bercerita tentang kisah-kisah santri hebat. Cara ini secara tidak langsung akan bisa membuat santri baru lebih yakin dan mantap betah tinggal di pondok.

4.Menyempatkan waktu khusus buat santri baru
Waktu khusus ini seperti halnya menyempatkan si santri baru dalam hal-hal bencengkrama atau hal-hal pendidikan lainya serta mengenalkan adat-adat yang biasanya ada di pondok dari mulai larangan, anjuran, kewajiban dll.


4 Cara Pengurus Pondok Menangani Santri Baru Agar Kerasan 40 Hari Pertama Tidak Pulang Dulu

Setiap manusia akan melewati banyak fase-fase dalam kehidupannya, mulai dari sejak lahir, lalu menjadi anak-anak yang diasuh oleh kedua orangtuanya, hingga kemudian beranjak dewasa dan menikah lalu memiliki keluarga sendiri. Seperti juga kang santri yang ingin melamar mbak santri, mereka yang sudah lama mengabdi dan tinggal dipesantren serta sudah cukup umur sudah saatnya untuk boyong sekaligus memboyong santriwati kekampung halaman. Santriwan melamar santriwati merupakan hal yang biasa terjadi di pondok. Nah Bagi seseorang yang ingin melamar wanita baik itu wanita pondok atau cewek lainnya yang sesuai menurut islam bisa anda baca dibawah ini.

Berikut tata cara melamar wanita pondok atau cewek selainnya yang bukan latar belakang pondok pesantren yang sesuai dengan islam atau akhlak:

1. Menentukan calon yang akan dilamar

Sebelum terjun panjang melangkah untuk melamar seorang wanita pesantren atau wanita lain, tentukan terlebih dahulu cewek mana yang akan dilamar serta memastikan bahwa kita telah mengenalinya, agar proses melamar si calon lebih efisien dan berjalan dengan lancar. Dikarenakan melamar bukanlah perkara mudah yang bisa dengan apa adanya bukan dimulai dan dibatalkan. Proses melamara juga akan melibatkan keluarga dari kedua belah pihak.

2. Calon Pasangan Harus Single Dan Tidak Terikat

Pastikanlah wanita yang akan dilamar adalah perempuan yang belum menikah dan belum di khitbah oleh orang lain.

3. Meyakinkan Hati Untuk Melamar calon

Sertakan doa kepada Allah dalam langkah pilihan yang akan kita ambil terlebih masalah jodoh, yakinkanlah dengan cara mendekatkan diri kepada Allah dan meminta petunjuk serta kemantapan hati, seperti sholat istikhoroh.

4. Memintalah Izin kepada wanita calon istri

Karena prosesi lamaran tidak kalah penting dengan prosesi pernikahan, maka ada baiknya sebelum melamar seorang perempuan kepada kedua orangtuanya terlebih dahulu kita mintai pendapat sang perempuan, apakah ia bersedia dilamar atau tidak. Hal ini meminimalisir penolakan dari pihak perempuan karena hal tersebut bisa menyebabkan keretakan antara kedua belah keluarga.

Hal ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan saudaranya atau dengan bertanya langsung kepada sang perempuan dengan didampingi oleh laki-laki yang merupakan saudaranya.

5. Meminta Izin pada Wali calon pasangan yang akan Dilamar

Jika biografi informai dan pertemua selesai dijalankan langkah berikutnya ialah dengan meminta izin dari wali perempuan untuk melamar secara resmi. Jika sudah diizinkan, barulah proses lamaran akan berlanjut pada proses pernikahan antara kedua calon.

Mengenai hal ini Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam Bersabda:

“Janganlah engkau menikahkah janda sampai engkau meminta pendapatnya dan janganlah engkau menikahkan perawan sampai engkau meminta izinnya.” Para sahabat bertanya, “Bagaimana kita tahu dia mengizinkan?” Beliau pun bersabda, “Dia diam saja.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

(Baca juga: Hukum Shalat Berjamaah dengan Perempuan yang Bukan Muhrim; Balasan Menyakiti Hati Orang Lain)

6. Mengenali seluk beluk info si wanita

Perkara menikah bukanlah hal yang sederhana. Sepasang manusia yang disahkan dalam pernikahan akan menjadi sepasang suami istri yang hidup bersama selama sisa hidup sampai akhir hayatnya. Artinya sebelum melamar seseorang, harus dipikirkan secara matang karena nanti prosesnya tidak hanya berjalan selama sebulan atau dua bulan tapi selamanya di mana dalam waktu-waktu setelah pernikahan tersebut pasti akan ada banyak perselisihan dan bahkan mungkin pertengkaran. (Baca juga: Mahar Nikah Berupa Hafalan Al Quran; Bulan Baik Untuk Menikah Menurut Islam)

Untuk itu sangat penting dilakukan penggalian informasi mengenai calon pasangan yang akan dilamar mulai dari nama, kepribadian hingga latar belakang keluarganya. Hal ini dilakukan sebagai gambaran awal mengenai bagaimana calon pasangan yang akan dilamar nanti. (Baca juga: Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam; Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainnya)

Namun begitu, dalam menggal informasi mengenai calon pasangan yang akan dilamar ini juga harus tetap memperhatikan aturan-aturan dalam syariat Islam. Maka dalam hal ini dibutuhkan informasi tambahan untuk mengenali lebih jauh pasangan hidup nantinya. (Baca juga: Hukum Silaturahmi Menurut Islam; Hukum Menghina Allah Dalam Hati)

Maksud dari penggalian informasi mengenai calon pasangan yang akan dilamar ini adalah untuk mendapatkan informasi dasar saja, jika mungkin sebelumnya tidak saling mengenal satu sama lain. Informasi dasar itu cukup dengan cara meminta biodata calon pasangan dan foto (jika belum tahu orangnya), informasi keluarganya dan latar belakang dimana ia aktif.

Untuk mendapatkan informasi bisa dengan cara menanyakan secara langsung kepada orangnya, keluarga dan kerabatnya, atau bisa juga dari bantuan orang ketiga semisal dari ustadz atau ustadzahnya yang bisa menjaga amanah dan memang dilandasi dengan motif ingin membantu.

7. Melihat Perempuan yang akan dilamar

Islam memperbolehkan seorang laki-laki untuk melihat seorang perempuan yang akan dilamarnya dengan ketentuan-ketentuan yang sesuai syariat Islam. Hal ini bisa dilakukan dengan mengutus orang lain ataupun dengan melihat secara langsung perempuan yang akan dilamarnya. Untuk melihat perempuan yang akan dilamarnya, seorang lelaki harus didampingi oleh salah satu keluarga atau temannya dan si perempuannya juga harus didampingi oleh salah satu walinya. hal ini dilakukan untuk menghindari fitnah dan hal-hal buruk lainnya. Baca juga: Hak Muslim Terhadap Muslim Lainnya; Keutamaan Menjaga Wudhu yang Istimewa)

Untuk cara yang pertama, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam mengutus Ummu Sulaim kepada seorang perempuan, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Ummu Sulaim, ‘Lihatlah urat di atas tumitnya dan ciumlah bau mulutnya'” (HR. Ahmad).

Kemudian Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda untuk cara yang kedua, yakni:

“Jika salah seorang diantara kalian meminang seorang perempuan, maka jika ia bisa melihat dari perempuan itu apa yang dapat menyerunya untuk menikahinya, maka hendaklah ia melakukannya. Jabir berkata ‘aku meminang seorang perempuan maka aku bersembunyi terhadapnya hingga aku melihat darinya apa yang mendorongku untuk menikahinya, kemudian aku menikahinya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Bakr bin Abdullah al-Muzani berkata bahwa Mughirah bin Syu’ban menuturkan, “Aku datang kepada Nabi SAW, lalu aku sebutkan seorang perempuan yang akan aku khitbah. Beliau bersabda, Pergilah dan lihatlah ia, maka sesungguhnya hal itu lebih pantas untuk melanggengkan (cinta) kalian berdua.” (HR. Ahmad dan Ibn Majah).

8. Mendatangi kediaman perempuan

Jika seluruh proses di atas telah lancar dilakukan maka selanjutnya adalah mendatangi kediaman keluarga perempuan yang akan dilamar. Pihak keluarga besar sang perempuan akan menyambut kedatangan pihak keluarga besar dari sang laki-laki, dimana dalam proses ini keluarga laki-laki membawa buah tangan berupa seserahan yang diberikan kepada keluarga pihak perempuan atau biasanya seserahan ini bisa dijadikan sebagai bahan pelengkap saat hari pernikahan nanti.

9. Musyawarah Dan Menyampaikan Maksud

Setelah tamu (pihak laki-laki) disambut, mereka akan dipersilahkan duduk dengan posisi saling berhadapan antara keluarga laki-laki dan perempuan. Di sini akan ada prosesi pembukaan lamaran sekaligus musyawarah dimana pihak keluarga laki-laki dan perempuan saling menyahuti maksud dan tujuan serta membahas rencana untuk pernikahan.

Dalam rangkaian acara musyawarah ini juga disampaikan penerimaan dari pihak keluarga perempuan, apakan lamaran di terima atau tidak.

10. Penyerahan Hantaran Secara Simbolis

Hantaran yang dibawa oleh pihak keluarga laki-laki diberikan kepada keluarga perempuan dengan disaksikan seluruh keluarga secara simbolis.

11. Penutupan Acara Lamaran

Jika acara dan pembahasan dirasa cukup maka selanjutnya adalah penutupan.

12. Nikmatilah  Hidangan Dan Saling Bercengkrama

Setelah penutupan, seluruh keluarga menikmati hidangan yang disiapkan oleh pihak keluarga perempuan dan juga saling bercengkrama supaya saling kenal antara keluarga satu dengan lainnya. Jikapun ada pembahasan rencana pernikahan yang belum selesai dibicarakan, hal tersebut bisa dibicarakan dilain kesempatan dengan suasanya yang lebih santai.

Demikianlah penjelasan mengenai tata Cara Melamar Wanita Menurut Islam semoga artikel ini dapat menambahkan khazanah keilmuan dan keimanan bagi kita semua. Amin.

12 Cara Melamar Mbak Pondok Yang Sesuai Dengan Akhlak


Cewek Pondok yang cantik dimata santri putra tentu memberikan pandangan yang terkesan dan terbawa perasaan bagi cowok-cowok santri. Sisi unik anak pondok yang banyak menyimpan cerita kenangan tentang santriwati cantik memberikan cerita kang santri diluar waktu aktivitas yang padat. Nah kali ini santriyai.com memberikan faktor-faktor wanita pesantren yang terlihat cantik mempesona dalam pandangan cowok-cowok santri. Berikut ulasan tentang cewek pondok yang bikin baper jatuh cinta.

1. Kecerdasan santri putri yang menonjol

Cowok santriwan biasanya menjadikan obrolan tentang santriwati yang mempunyai kecerdasan yang sangat menonjol. Cerdas dalam berbagai aktivitasnya yang energik. Kecerdasan santri putri ini kadang juga memberikan kesan buat santri putra menjadi terbawa perasaan.

2. Natural dan paling rapih

Wanita pondok yang cantik alami yang nggak neko-neko dan rapih juga bisa menjadikan cowok santriwan baper. Ciri khas santri putri yang satu ini memberikan daya tarik tersendiri dalm pandangan sebagian kang santri.

3. Sifatnya yang halus dan terlihat santun

Sifat wanita pesantren yang kalem dan santun yang ketiga ini tentu tidak sedikit buat santri putra yang ingin memboyongnya untuk dijadikan istri idaman.

4. Putri ustad

Keabanyakan dari putri kiyai/ustad menjadi sosok gadis yang fenomenal dikalangan pesantren, karena biasanya mereka menjadi sosok paling menarik perhatiaan dari segi kehidupann spiritual dan sosialnya.

5. Sosok yang di pandang tidak terjamah

Pandangan wanita yang tidak terjamah merupakan faktor dari wanita yang bisa buat baper para cowok, bukan hanya kalangan pesantren saja melainkan cowok-cowok diluar sana tentu banyak yang memilihnya. Dalam arti wanita yang tidak terjamah ini biasanya karena cewek ini nggak terlalu ekstrim bergaul di dunia luar.


6. Rajin membantu Bu nyai ( Istri Pengasuh Ponpes )

Hal lain tentang wanita pesantren yang bikin jatuh cinta para cowok santriwan adalah sosok santriwati yang sering membantu bunyai dalam melakukan segala aktivitas pekerjaan, seperti membantu memasak, bersih-bersih dan lain sebagaianya.

7. Bunga pesantren

Biasanya bisa dikatakan bunga pesantren karena hal ini sudah menjadi sugesti turun temurun di lingkungan pondok. Bunga pesantren masih tetap hits obrolan santri putra selama dia belum menikah. Bukan tidak mungkin karena membicarakan bunga pesantren yang sudah menikah tentu sedikit menyiut kebraniannya karena faktor-faktor tertentu.

8. Hafal Nadzhom Kitab Alfiyah
Tidak sedikit juga cowok santriwan yang memilih pasangan wanita yang hafal Al Quran

9. Hafal Alqur an

Walaupunn wanita tidak terlihat cantik tapi wanita yang hafal Al quran menjadi terlihat cantik karena mempunyai hafalan 30 juz. Ini banyak di cari laki-laki pesantren pasalnya hal ini akan memberikan suatu yang indah dikala nanti sudah berkelurga.

10. Aktif dalam kegiatan kemajuan pondok pesantren

Sosok cewek pondok yang cantik terlihat dalam aktifnya dia dalam memperjuangkan pondok untuk tetap exis dan berkembangnya kemajuan pondok pesantren.

10 Faktor Cewek Pondok Cantik Dimata Cowok Santriwan Yang Bikin Baper Atau Jatuh Cinta


Banyak sebagian wanita/cewek pusing dan dihantui pria yang terus ngotot mengejarnya ingin memiliki untuk dijadikan pasangan yang sah (menikah) ataupun juga hanya sekedar dikejar-kejar laki-laki/cowok/pria yang berlebihan ngotot ingin memiliki sebagai pacar. Memang betul adanya sebagian laki-laki mengejar wanita secara berlebihan. Meskipun dia tahu bahwa wanita yang dikejarnya tidak mencintai bahkan sudah ditolak dengan cara sopan dan cara kasar mentah-mentah. Namun Laki-laki itu tetap pantang menyerah dan ngotot mengejar. Nah,Kenapa ada laki-laki yang seperti itu berikut alasannya dan cara wanita menyikapi cowok yang ngotot menikahi:

1.Karena Laki-laki yang terus mengoyak-oyakmu sangat mencintai secara dalam dan berlebihan

Cowok/pria yang terus mengejarmu menjadi bukti tanda sayang kepadamu, selama status masih sebagai wanita singgle laki-laki itu akan terus berusaha mendapatkanmu sampai janur kuning belum melengkung dirumahmu. Solusi terbaik untuk wanita yang sangat dicintai cowok secara berlebihan, ada baiknya sebagai perempuan harus menggunakan cara cepat memilih pasangan yang benar-benar pas dan cocok untuk dijadikan suami, agar terhindar dari kejaran cowok yang tidak dicintai. Ini merupakan langkah yang baik buat pria yang terus mengejar wanita yang tidak mencintainya.

2.Laki-laki itu Menganggap kamulah sumber kebahagiannya

Merasa bahwa hanya dengan kehadiranmu ini dia bisa bahagia dan yang menjadi sumber semangat pria ketika sudah memilikimu , sumber hal-hal positif dalam dirimu. Kalau tanpa kamu dia merasa hidup akan hampa dan nggak ada artinya. Kenyamanan dan kebahagiaan dirinya hanyalah kamu yang menciptakan. Dia nggak butuh orang lain untuk merasa bahagia. Dia cuma butuh merasa nyaman dengan diri sendiri, bersyukur dan menjalani hidup dengan positif jika sudah bersamamu.

3.Terlalu Bergantung

Kadang cinta yang terlalu dalam membuat sebagian orang bergantung sepenuhnya pada dia yang jadi tujuan dari hidupnya. Cuma sama dia bisa mendapatkan suntikan percaya diri, cuma sama kamu dia merasa nyaman. Bersama kamu merasa nggak perlu lagi bersosialisasi dengan orang lain. Karena dia sudah memenuhi semua yang dibutuhkan di jiwa seorang laki-laki itu. Sebaiknya kamu harus memberi penjelasan dan motivasi yang kuat buat dia agar laki-laki yang mengejar-ngejarmu sembuh dari ketergantungan cinta kepadamu.

4.Merasa Nggak Berharga Kalau Tanpa Kamu

Seakan-akan hidupmu nggak ada artinya tanpa sosok kehadiranmu sebagai wanita yang dicintainya. Dia merasa cuma kamu yang bisa hidup apa adanya, dan kalau kehilangan kamu nggak akan merasakan perasaan cinta lagi. Cara paling ampuh jika ada laki-laki keras kepala merasa kamulah yang berharga adalah buat dia mengerti tentang tauhid agama.

5.Terlalu percaya diri bisa mendapakan sosok wanita sepertimu

Cowok percaya diri bisa mendapatkan sosok wanita idaman yang dimiliki dalam dirimu,mendjadi sebab kenapa dia mencintaimu dan mengejarmu terus-terusan. Nah kalau yang ini merupakan cara paling mudah agar laki-laki tidak bersikeras mendapatkanmu jadi pasangannya adalah memberikan pencerahan dan menunjukakan wanita lain yang ada disekitarmu jika wanita lain itu lebih baik darimu.

6.Berharap tentang sesuatu yang indah dari perempuan sepertimu

Harapan adalah pemicu paling utama yang membuat cowok laki-laki/pria terlalu jatuh cinta dengannya. Selama harapan itu ada, meskipun tidak terlaksana maka akan membuat dia terus berharap padamu. Cara agar wanita tidak dikejar laki-laki yang tidak dicintainya yang ke enam ini adalah dengan menakut-nakutinya dampak negatif jika terlalu berharap.

7.Karakter dan sifat wanita sepertimu menjadi prioritas utamanya

Semua Orang tentu ingin menjadi prioritas utama, Dia tentu juga demikian. Tapi sebaiknya hindari hal ini, karena dia justru akan terjebak sendiri. Sebab Orang yang menjadikan pasangan sebagai prioritas utama, bukan hanya pikiran akan fokus pada pasangan tapi tindakan juga akan demikian. Rela mengabaikan hal penting lain hanya untuk bertemu pasangan, rela menderita untuk pasangan, dan lain sebagainya. Kalau dia yang jadi prioritas utama ingin memilikimu, itu bukan masalah, asal dia tetap tahu diri dan tidak ngelunjak. Karena dampaknya justru cowok yang akan terlalu jatuh cinta sama Kamu.

Meskipun Dia Tahu Kamu Tidak Mencintainya Cowok Tetep Saja Mengejar Dan Ngotot Ingin Memilikimu.7 Alasan Pria dan Cara Wanita Menghadapinya

Newer Posts Older Posts Home