Doa agar betah di Pesantren tentu akan selalu di panjatkan oleh anak pondok, begitu juga dengan orang tua dirumah, mendoakan anak yang sedang mondok biar betah di Pondok Pesantren pasti akan selalu mengiringi setiap langkah perjalanan anak dalam menuntut Ilmu. Serta semua kalangan keluarga besar Pondok Pesantren pasti tak kan lepas memanjatkan doa kepada semua santri yang sedang memperjuangkan Agama Allah swt itu. Doa menjadi bagian terpenting sebagai tujuan dan harapan agar memperoleh Ridha dari Allah swt. Langkah dan suatu cara paling ampuh yang dilakukan santri/anak pondok demi bertahan dan menenangkan hati setiap langkah aktivitas sehari-hari.

Hal yang perlu di solusikan dan diperhatikan juga oleh orang tua ketika anak tidak kerasan atau tidak betah di pesantren, juga merupakan salah satu penyebab santri akhirnya minta orang tua agar menjemput pulang dan tidak mondok lagi (boyong). Kalau sudah begini orangtualah yang sedih.

Niatan untuk memiliki anak yang saleh dan lebih luas pengetahuan agamanya pupus sudah. Meskipun memang menuntut ilmu agama bisa saja di luar pesantren, tanpa mondok, namun menjadi santri pesantren tetap merupakan pilihan tepat. Walaupun masih tergolong usia si anak dalam tingkatan SD atau SMP.

Tidak betah atau tidak kerasan tidak hanya dialami santri baru. Santri lama pun sebenarnya banyak juga yang mengalami masa tidak kerasan. Bahkan kadang lebih menyiksa. Santri lama yang ngempet (menahan) tidak kerasan lalu menyalurkannya dengan berbagai kegiatan di luar kegiatan pokok pesantren, juga berpotensi menimbulkan tidak kerasan yang lebih parah. Ini sering terjadi.


Bagi orangtua yang memiliki buah hati sedang merasakan tidak betah atau tidak kerasan di pesantren, sebaiknya diteliti dulu. Apa alasan tidak kerasannya? Lalu haruskah boyong alias tidak mondok lagi? Benarkah itu solusi terbaik? Nah, kenalilah 4 alasan berikut ini ada yang salah satu fakta penderitaan/ujian cobaan melanda si anak.

1.Kehabisan Bekal

2.Terkena Penyakit Kudis

3.Mempunyai Masalah Dengan Teman

4.Merasakan Rindu Keluarga Dirumah

Hal mustahil bagi seorang anak pondok apabila tidak merasakan 4 fakta penderitaan diatas. Sebuah penderitaan yang menjadi cerita suka duka saat hidup di Pondok Pesantren. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa doa biar betah di Pondok Pesantren dijadikannya sebagai cara paling ampuh untuk bertahan dan menangkan hati yang terbolak-balik.

TONTON VIDEO INI DULU YA


Doa Biar Betah Di Pesantren Adalah Cara Santri Paling Ampuh Bertahan Dan Menenangkan Hati. Karena 4 Fakta Penderitaan Ini Melandanya

Cerita Cinta~Awalnya mungkin si santriwati/santri putri tidak mengira bahwa akan di pertemukan jodoh dengan sosok cowok ganteng pesantren putra. (Cerita Cinta)Padahal mereka berdua jarang ketemu karena terhalang oleh faktor-faktor yang ada dalam aturan Pondok Pesantren. layaknya seperti cerita cinta ala santri putri yang terhalangi oleh tembok/dinding Pondok Pesantren. Pernah bertemu dan bertatap muka sih iya, tetapi untuk saling mengenal lebih dekat tentu akan jarang ditemui terlebih bagi kisah cinta perjodohan santri jaman dahulu yang berbeda dengan jaman sekarang ini. Terlihat dengan adanya fakta-fakta atas perjalanan cinta santri yang ada di jaman sekarang, mereka lebih cepat untuk saling berkomunikasi untuk menjalin hubungan lebih dekat,  seperti halnya melalui alat modern elektronik.Cerita Cinta

Cerita Cinta ala santri putri atau pun putra banyak menuai kisah dengan adanya cerita atau novel yang memiliki berbagai versi. Walaupun banyak cerpen ( Cerita Pendek ) bertebaran yang membahas perjalanan kisah cinta santri, yang pasti semua hubungan  cinta/perjodohan itu tak lepas dari Tuhan dan dengan pengasuh pondok pesantren serta hubungan antara keluarga masing-masing santri.Cerita Cinta

Cerita cinta santri apabila diperjodohkan di suatu pesantren seperti itu hanya dialami oleh sebagian saja, namun suatu ketika apabila sudah benar-benar halal menjalin pernikahan resmi mereka berdua tentu akan menjalin hubungan yang penuh kebahagiaan dan saling berjanji dihati masing-masing untuk tetap nyaman menjalin hubungan dan bahagia dalam keadaan suka maupun duka. Seperti halnya mengkolaborasikan pengalaman-pengalaman saat di Pondok yang banyak memiliki kisah cerita suka duka penderitaan dari berbagai hal ketika mondok. Mulai dari keadaan keuangan, dan derita ketika musibah kudis/gudik melanda diri.

Gambaran-gambaran cerita cinta kehidupan ala santri putri dengan santri putra saat menjalin hubungan cinta yang halal menurut santriyai menarik untuk diulas dan di baca melalui novel/cerpen yang ada. Karangan atau fakta cerita cinta santri yang benar terjadi menjadi sebuah kisah hubungan ikatan  antara santriwati dengan santri putra yang layak serta menarik untuk diperbincangkan, terlebih buat kalangan anak Pondok Pesantren. Cerita Cinta

Ketika mereka sesama santri sudah di perjodohkan dan siap menjalin hubungan kekeluargaan, tentu mereka tidak akan melenceng jauh dari tradisi dan pengalaman mondok untuk dikolaborasikan dalam hubungan cinta dan kasih sayang berkeluarga.Cerita Cinta

Gambaran santriwati dan santri putra ketika sudah menikah, mereka berdua akan lebih bisa akrab dengan saling menyebut nama dengan Neng santri cantik dan cowok santri ganteng sebagai canda tawa dan melepaskan rasa lelah menjalani aktivitas sehari-hari atau hanya untuk mengenang masa-masa indah waktu di Pondok. Pengalaman-pengalaman indah mereka berdua saat mondok akan tak terlupakan dengan menyebut nama itu.Cerita Cinta

Versi santriyai.com kali ini akan mengulas bagaimana gambaran istri (ala santri putri) untuk membuat cowok pesantren gantengnya (sang suami) makin jatuh cinta. 9 hal dibawah ini mungkin bisa terjadi dan sebagai cara untuk tetap menjalin hubungan lebih baik dan menambah rasa cinta dalam berhubungan, bersama sang suami  (cowok santri gantengnya itu).Cerita Cinta

1.Menyiapkan menu pagi, dengan tepat waktu sebelum suaminya ( yang akrab dipanggilnya santri ganteng) menjalani aktivitas.Cerita Cinta

Gambaran sosok ala santri putri untuk membuat sang santri ganteng (suami) makin bertambah jatuh hati yaitu dengan menyiapkan menu sarapan tepat waktu, semua kebiasaan itu tak lepas dari kebiasaan ala santriwati ketika di pondok, mulai dari bangun pagi, membantu keluarga dhalem, dll. Karena sudah banyak pengalaman dan terbiasa, pembelajaran seperti itu tidak menutup kemungkinan ketika sudah menikah akan dijadikannya sebagai cara atau mengkolaborasikan apa yang telah didapatkan ketika belajar di pondok pesantren untuk bahan menjadikan pasangannya lebih jatuh hati.


2.Selalu tampil rapi dan menawan ketika di hadapan santri gantengnya ( suami ), yang begini memang sudah menjadi kebiasaan seorang wanita sekaligus juga dunia kehidupan pesantren putri. Terlebih hal ini merupakan bagian pelajaran dari yang sudah dikaji didalam pesantren. Jadi dengan begitu, menjadikan selalu tampil rapi dan menawan untuk membuat pasangan makin cinta adalah hal yang lumrah yang mungkin bentuk cara untuk membuat cowok halalnnya makin jatuh hati.Cerita Cinta


3.Peka dalam momen-momen dimana si suami sedang santai untuk membuatkannya segelas kopi dan nyamilan adalah gambaran momen peka terhadap suami, Hal seperti ini adalah hal kebisaan ala santri putri yang sudah terbiasa dengan aturan main yang ada di Pondok pesantren. Sehingga dengan kejadian ketika di pondok yang banyak jadwal kegiatan serta tekanan ketat bisa menjadikan sosok seseorang menjadi terbiasa yang bisa dibawa dalalm menjalin hubungan kekeluargaan. Dengan demikian secara otomatis kebiasaan tersebut akan terbawa kelak setelah menjalani hidup yang lain.

4.Mendengarkan suami bicara sambil memandang matanya juga sebagai bentuk gambaran untuk membuat pasangan makin cinta. Ataupun memang secara sengaja digunakannya untuk tips membuat pasangan simpatik bahwa ada perhatian lebih dari sang istri, dengan begitu tentu sang suami akan merasakan hal lain didalam dirinya.Cerita Cinta

5.Memahami kesibukan suami, biasanya karena sang suami sibuk dengan urusan dunia pendidikan Madrasah atau bisa juga hal lainnya sesuai apa yang menjadi aktivitas hari-harinyaCerita Cinta

6.Memuji pribadi si suami dihadapannya ataupun umum adalah bentuk bahwa seorang istri benar-benar suka dan bangga telah memiliki dia. Apabila ini terjadi biasanya ada yang suka dan tidak suka karena dianggap seperti itu adalah hal yang berlebihan. Namun ada juga yang lebih suka dengan bijak apa yang dilakukan istrinya. Bisa di simpulkan juga perbuatan itu terjadi karena ingin menambah agar sang suami bangga.Cerita Cinta

7.Saat didalam rumah menonjolkan apa yang paling disukai, dengan tujuan dan harapan agar si suami menambah rasa perhatian dan simpati lebih. Bukan tidak mungkin hal ini bisa dilakukan sebagai tips membuat mantan santri putra itu makin jatuh hati.Cerita Cinta

8.Menjadi Pilar Kekuatan Baginya, Seperti halnya tetap mendorong penuh apa yang menjadi kehendak atau rencana suaminya, disaat suka maupun duka, Sang istri tetap menerima dan tidak bersedih walau belum berhasil mencapai tujuannya. Dengan begitu semangat dan kekuatan cowok alumni pondok pesantren (suami) akan lebih stabil bahkan bisa jadi malah makin bertambah dan dianggap oleh sang alumni pesantren putri sebagai cara yang mampu untuk menambah rasa sayang sang suami.Cerita Cinta

9.Selalu menjaga sikap yang sesuai akhlak kepribadian yang baik menjadi istri sholihah

Cerita Cinta Cara Membuat Santri Putra Makin Jatuh Cintal 9 Hal Ini Mungkin Terjadi


Mengenali berbagai macam jenis tipe pembeli adalah suatu hal cara menjadi pedagang sukses dan sebagai bentuk upaya agar bisa merebut hati pembeli/konsumen serta bikin dia balik lagi. Sehingga dengan bisa mengenali berbagai macam tipe-tipe pembeli/konsumen, seorang pedagang akan lebih mendapatkan keuntungan besar. Karena penjual/pedagang mampu memahami bagaimana cara menghadapi konsumen/pembeli, yang banyak memiliki sifat karakter yang berbeda-beda. Konsumen adalah raja, begitulah sebutan-sebutan seorang pedagang/penjual manapun demi membikin pembeli/konsumen balik lagi.

Jika penjual/pedagang sudah mengenali tipikal-tipikal pembeli bukan tidak mungkin sikap seorang penjual akan mampu melayani dengan senang hati dan penuh keikhlasan dalam menangani pembeli/konsumen. Dengan cara begitu pembeli/konsumen akan lebih senang dan merasakan kenyamanan saat berbelanja. Semua itu fakta yang terjadi mengapa pemilik swalayan modern yang bertebaran bahkan saling berdekatan tetap menjadi pedagang sukses. Seperti yang sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Contohnya Alfamart, Indomart, Super Indo dll sebagainya.

Dengan demikian, Cara mengenali tipe pembeli dan bagaimana menghadapi customer/pembeli adalah hal yang seharusnya memang dimiliki oleh seorang pedagang yang mau sukses. Seperti yang terjadi pada swalayan modern yang kasir/penjualnya selalu ditekankan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, seperti halnya tetap menjadi sosok yang ramah, simpatik, dan mau memberikan solusi ketika konsumen kebingungan dengan barang yang akan dibelinya. Sudah tidak diragukan lagi pelayanan adalah hal yang nomer satu untuk memikat hati konsumen agar nyaman, betah dan berbuah menjadi pelanggan yang selalu balik lagi.

Sudagar modern yang sukses itu sebetulnya tak jauh dari perjuangan Kasir/karyawannya dalam melayani beberapa macam jenis tipe pembeli/konsumen. Bahkan mereka pemiliknya tidak berhadapan langsung dengan pembeli, maka dari itu bisa dikatakan suksesnya tak jauh dari suka duka karyawan supermarket seperti halnya Alfamart dan Indomart. Karena mereka, para penjaga toko langsung bertatapan menghadapi berbagai macam jenis sifat karakter ratusan tipe pembeli.



Lalu tipe seperti apa saja yang ada pada orang-orang berbelanja itu ?? Berdasarkan pengalaman santriyai.com dan pengalaman teman santriyai fakta-faktanya adalah 7 tipikal dibawah ini.

1.Tipe Pembeli Nggak Sabaran

Mungkin dari beberapa kasir/penjual kamu sudah menemui tipe pembeli yang nggak sabaran ini. Mereka pasti cenderung tegesa-gesa untuk dilayani dan tidak sabaran dalam mengantri. Sifat yang nggak sabaran menjadikannya dia mengusik dan mendahului customer/pembeli lain yang lebih dulu mengantri. Tentu bagi siapa saja yang melihatnya akan merasa jengkel dan bisa jadi malah marah. Terlebih bagi dia yang didahului tak lain juga buat kasir/penjualnya, pasti akan kesal melihat orang yang nggak sabaran itu.

2.Tipe Pembeli Rempong Dikit-Dikit Nanya

Suka duka yang dirasakan oleh pelayan toko swalayan modern yang membuat serba salah itu apabila saat menegur pembeli yang rempong dikit-dikit nanya justru bisa menjadikan penjual/kasirnya kesal. Apalagi dia sedang melayani orang lain, main nylonong atau memutus pembicaran membuat si kasir/penjual menjadi serba salah. Iya iya lah ketika pembeli rempong banyak nanya gak dijawab akan berbuah marah buat dia. Padahal Kalau mau dijawab si kasir/penjual masih melayani pembeli lain kalau dijawab tentu akan berbuah kesal oleh yang lebih dulu dilayani. Suka duka nasib jika didatangi pembeli rempong sperti itu pastinya ya. Gambaran sperti itu pasti juga pernah lihat dimanapun saat berbelanja kan.

3.Tipe Pembeli Sombong, Mentang-mentang belanja banyak dan banyak duit biasanya tipe pembeli ini cenderung sombong dan angkuh. Saat ditanya jawabnya hanya satu kata dan menunjukan sikap tidak enak dipandang.

4.Pembeli Manja, Padahal swalayan modern itu adalah bentuk toko layaknya warung makan prasmanan, ambil sendiri apa yang menjadi lauk menu makanannya lalu transaksi pemabayarannya jika sudah selesai makan. Begitu juga swalayan modern, tetapi nggak jarang yang dialami kasir/penjaga toko malah di buat si pembeli manja disuruh ngambilin ini, itu apa yang akan dibelinya. kesal banget tuh pasti, padahal si penjaga toko lagi sibuk dengan pekerjaan lain.

5.Tipe Pembeli Modus Karena Tertarik Dengan Penjualnya

Ini kerap juga bakal dialami penjaga toko yang mempunyai tampang ganteng atau cantik, jika sudah seperti itu bukan tidak mungkin apabaila ada pembeli/konsumen tertarik terpesona akan menjadikan sebuah modus konsumen untuk PDKT dengan penjaga toko tersebut. Contohnya banyak sekali sperti halnya berlama-laman di toko muter-muter area dimana si penjaga toko yang ganteng/cantik itu berada. Bahkan ada yang setiap hari datang hanya untuk menggoda.

6.Pembeli Yang Suka Minta Diskon, yang ini sudah umum terjadi pasti. Helloww ini swalayan masak kamu tawar. (dalam hati karayawan toko pada si pembeli berkata). Tipe pembeli minta diskon biasanya adalah emak-emak yang kurang update tentang pasar modern.

7.Tipe Pembeli Bijak, nomer 7 ini adalah tipikal pembeli yang sangat disukai oleh karyawan toko modern. Mereka tahu sikap dan bagaiamana menjadi pembeli yang baik itu. Mungkin yang seperti ini sudah banyak berpengalaman ataupun memang mempunyai sifat yang baik sejak lahir.



Itulah fakta yang ada pada seseorang pembeli, mereka semua tentu tetap bebeda-beda. Masing-masing memilki ciri dan sifat beraneka ragam. Menghadapinya memang memerlukan cara-cara hebat dan bijak dalam menyikapi ataupun melayani satu persatu dengan baik. Memang nggak mudah menghadapi 6 diantara 7 tipe pembeli diatas. Intinya tetap melayani sepenuh hati untuk siapapun pembeli.

7 Jenis Tipe Pembeli Swalayan Modern Yang Kerap Menjadi Suka Duka Karyawan Supermarket, Karenanya Pemilik Menjadi Pedagang Sukses


Jika seseorang cowok pesantren sedang jatuh cinta sosok seorang santri putra akan melakukan berbagai cara untuk membuat santri putri jatuh cinta. Wanita Pesantren itu memang layak di perjuangkan demi hubungan yang kelak untuk meniti masa depan lebih baik dan suatu langkah yang memang pantas di perjuangkan demi hidup jangka panjang yang lebih baik.

Ketika santri putra sedang jatuh cinta tentu hatinnya akan deg-deg byar serta dengan begitu hal-hal cara ampuh untuk berusaha membuat santri putri/wanita pesantren jatuh cinta sampai klepek-klepek akan dilakukan. Bukan untuk menjalin hubungan secara kenegatifan layaknya pacaran anak jaman sekarang yang penuh kontroversi, melainkan sebagai bentuk usaha/perjuangan untuk mendapatkan calon istri yang sesama santri ataupun agar disukai santri putri yang nantinya akan membawa jalinan suka sama suka dan akhirnya mereka nanti akan sowan orang tua atau gurunya minta diperjodohkan untuk dia.

Cara-cara unik ketika santri sedang merasakan jatuh cinta akan dimulai dari munculnya kata-kata menaklukkan, melumpuhkan, membuat, memikat bahkan lelucon bahasanya adalah cara untuk memelet seorang santriwati/wanita pesantren agar klepek-klepek yang kelak agar bisa menikahi wanita pesantren/santriwati itu.

Berikut 7 usaha seorang santri putra agar mendapatkan hati santriwati. Cara ini memiliki potensi sebagai amalan-amalan tingkah perbuatan untuk membuat santriwati/wanita pesantren jatuh cinta samapai klepek-klepek,

1.Disiplin mengaji atau masuk madrasah secara rutin

Disiplin mengaji adalah bentuk upaya dalam memperjuangkan santri putri incarannya. Hal ini bisa dikatakan sebagai fakta-fakta yang terjadi ketika jatuh cinta, dilakukannya mungkin karena dianggap dapat memiliki potensi besar untuk membuat santri putri bisa klepek-klepek. Dengan alasan lain juga disiplin mengaji karena ingin terlihat dia adalah sosok yang mempunyai ketaatan dan bersunguh-sunguh untuk belajar. Dengan demikian, ini juga dianggap bisa memicu respon daya tarik tersendiri.

2.Rajin menjaga penampilan

Dalam posisi ketika akan bertemu, entah empat mata ataupun dalam keadaan ramai santri puta ini akan tetap menjaga penampilan sebaik mungkin, Agar nantinya apabila santri putri melihatnya ada rasa simpatik terhadap dirinya.

3.Semangat dalam menghafal

Semangat dalam menghafal adalah fakta yang terjadi, ketika dia ingin memperjuangkan cinta santri putri dalam perihal perjodohan, semangat menghafalnya tentu akan bertambah sebagai trik pemicu agar ada rasa simpati terhadapnya (perihal cinta).

4.Merubah sikap dan akhlak semakin baik, Ketika santri putra/cowok pesantren jatuh cinta menuai perasaan dengan santriwati, ia akan melakukan berbagai cara bagaimana sebisa mungkin agar santriwati tertarik dengan pesona sikap khlak baik yang ditonjolkannya.

5.Aktif dan penuh gairah semangat dalam berbagai kegiatan pondok ketika menjadi anggota panitia

Kaktifan dalam berbagai kegiatan juga bisa menjadi fakta ketika santri putra jatuh cinta dengan seorang santriwati. Hal ini ditonjolkannya karena biar menjadi pusat perhatian lebih, dari salah satu santriwati/santri putri yang menjadi sosok incarannya.

6.Terus mengasah kecerdasannya untuk selalu bisa membaca kitab kuning

Sebagaimana mungkin terus belajar tanpa henti agar bisa membaca kitab kuning dengan baik dan benar, kadang ada juga yang melakonoi dengan niat agar terlihat pandai/cerdas.

7.Menjadi sosok santri yang terlihat mandiri, dengan menjadi santri yang suka menjalani bisnis kecil-kecilan ataupun usaha-usaha lain demi terlihat dia adalah santriwan yang mapan tanpa harus mengandalkan uang jajan dari orang tua.

7 Fakta Santri Putra Untuk Membuat Santri Putri Jatuh Cinta Sampai Klepek-Klepek Yang Menjadi Sebuah Kisah Cerita Cinta Santri Juga Lhooo


Mungkin dari beberapa orang pernah pacaran dengan seorang santri dan menemui sebuah kata-kata cibiran dari teman dekat karena menjalin hubungan asmara dengan santri ( Pacaran Kok Dengan Santri), "Nggak banget gue deh". Berbagai alasan dikatakan yang sangat menyudutkan tentang santri apalagi dalam perkara jatuh cinta pasti menuai banyak kontroversi dari berbagai kalangan masyarakat.

Sebuah fenomena kata-kata pacaran menurut berbagai pendapat jelas hukumnya haram, Namun harus bagaimana apabila sudah terlanjur memiliki cerita cinta pacaran dengannya. Masa menjalin hubungan pacaran dengan santri sudah terlewati dan menjadi hal tabu tinggal kenangan saja yang hanya membekas dihati menjadi sebuah nama mantan kekasih. Mendengar kalimat ini pasti di dalam pikiran kita tentang dia adalah seseorang yang selalu datang dalam kenangan tanpa permisi, orang yang selalu hadir di dalam mimpi tanpa hati-hati, dan orang yang memberi kenangan penuh arti. Banyak cara tentunya untuk move on darinya, dan banyak sekali cara bagi kita untuk kembali menjadi kita yang dahulu, ceria tanpa batas atau periang tanpa irama.

Hampir di sepanjang hidup kita pun pernah patah hati. Patah hati tidak saja mengenai cinta kita kepada pasangan, ketika kecil saat orang tua tidak membelikan kita mainan pun kita sudah patah hati,kita diperkenalkan patah hati sedari kecil. Seharusnya sedari kecil kita sudah bisa mengatur masalah hati, yang obatnya hanya satu yaitu waktu.

Tetapi sadar tidak sadar, kita hari ini adalah hasil dari kita yang dahulu. Sadar tidak sadar, guru terhebat di dunia ini adalah pengalaman, salah satunya pengalaman tentang cinta. Meskipun kita sempat dibuat sakit hati oleh pengalaman cinta bersama mantan, ternyata ada hikmah-hikmah berharga yang bisa kita ambil. Berikut ini adalah, 7 hikmah yang bisa kita petik dari sang mantan kekasih khususnya dengan anak pondok ataupun lulusan pesantren.

1. Mantan pacar pesantren menyadarkan bahwa segala sesuatu itu perlu waktu untuk menjadi yang lebih baik dari yang kemaren.

Sebenarnya kita nggak perlu bersedih dengan mantan yang masih membekas dalam diri ini, melupakannya adalah sebuah tips dan trick untuk move on yang menjadi obat paling mujarab. banyak sekali pelajaran/hikmah dengan cowok/cewek pondok itu karena telah melewati masa-masa hubungan cinta suka sama suka (PACARAN). Rasionalnya kita bisa mengambil hikmah bahwa menuju masa depan yang lebih baik itu, perlu adanya waktu yang cukup lama, seperti halnya dengan yang terjadi pada orang-orang penuntut Ilmu di Pondok Pesantren, mereka memerlukan waktu yang lama untuk bisa berhasil mendapatkan Ilmu yang manfaat dan berkah.

Maka dari itu bersikaplah lebih bijak dan mengambilnya menjadi sebuah hikmah pengalaman hidup menjadi sebuah koreksi diri dan mengkonversinya, bahwa kita akan lebih baik menuju masa depan dengan perjuangan-perjuangan mengorbankan waktu lebih lama demi standar mimpi masa depan lebih baik.

2.Mempunyai cerita cinta pacaran dengan santri pondok pesantren sesungguhnya, santri yang kini menjadi mantan kekasih telah mengajarkan kita untuk bersyukur.

Menganggap itu sebuah takdir yang telah terlewati dan sudah menjadi tabu, yang sudah biarlah berlalu. Namun dengan begitu kita harus memiliki cara agar tidak menjadi hal tabu tentang pengalaman perjalanan cinta pacaran dengan anak pondok , salah satunya yaitu dengan mengkonversinya menjadi sebuah hal yang layak kita syukuri.

Selama kita pacaran, kita harus belajar tentang syukur yang sering kita lupakan dan sia-siakan saat kita sedang merasa senang maupun susah.

Kita sering terlupa saat kita sudah mendapatkan hatinya, kita terlalu kelewat bahagia hingga kita jarang mensyukurinya. Saat kita sudah terlepas darinya dan kehilangan dirinya, kita baru tersadar bahwa dialah anugerah yang pernah singgah di hati walau sudah tidak lagi.

3.Dari perjalanan pacaran dengan anak pondok yang sudah menjadi sebuah kata kisah cinta mantan, seharusnya semua itu mengajarkan kita tentang ikhlas secara langsung

Saat kamu mendengar kalimat ini, hatimu akan hancur lebur entah berbentuk seperti apa. Mungkin sudah tidak ada bentuknya. Ingatlah, semua orang pernah patah hati, semua orang pernah putus asa dan mungkin sempat berpikir untuk mengakhiri hidup karena gagal menikah dengan pasangan, karena diputus secara sepihak. Sakit memang, namun apa hal yang seharusnya kamu lakukan? Hanya satu IKHLAS.

Sewaktu kamu sekolah, kamu selalu diajarkan ilmu ikhlas oleh guru agama, namun pada praktiknya itu semua tidak mudah bukan? Namun, seburuk apapun mantan kekasihmu, ternyata dialah orang yang mengajarkanmu ikhlas secara praktik. Mantan adalah guru terbaik dalam hal cinta, yang memberimu BAB tentang ikhlas yang mana hanya orang hebat yang bisa menjalaninya.

Kalau kamu bisa berlapang dada dan mengikhlaskan dirinya yang sudah membiatmu patah hati, kamu adalah orang hebat itu. Jika kamu bisa berpikir positif, sebenarnya mantan kekasih adalah orang yang baik.

4. Mantan mengajarkan bahwa, ‘’Jangan selalu memikirkan aku, pikirkanlah juga karirmu dahulu."

Mantan kekasih mengajarkan kita untuk tidak selalu memikirkan dia, dan menangis semalaman hingga berminggu-minggu hanya untuk memikirkan dirinya. Secara tidak sadar, mantan kekasih mengajarkan agar kita lebih fokus untuk mengejar karir dahulu dan masa depan. Misalnya menjadi penulis atau mengejar cita-cita keren lain yang dahulu tidak sempat kamu kejar saat bersamanya, keep calm and think positive!

5. Mantan kekasih menyadarkan kita bahwa sesuatu yang dipaksakan tentu selalu tidak pernah berujung pada kebaikan.

Pernah gak sih kamu merasa pasanganmu memang tidak cocok denganmu, tapi kamu mempertahankan dia hanya karna dia cantik, ganteng, dan kaya raya? Hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Bagi sebagian orang, fisik seorang kekasih tentu sebuah keistimewaan dan patut untuk dibanggakan, namun ada hal yang lebih penting dari sekadar penampilan, yaitu kenyamanan hati.

Mendapatkan seseorang yang nyaman pada dirimu itu tidaklah mudah. Kamu bisa saja nyambung ngobrol dengan seseorang yang baru saja kamu temui, atau kamu bisa saja nyambung dengan seseorang setelah bertahun-tahun kamu kenal. Soal kenyamanan hati, tidak ada yang pernah tahu sebabnya apa, selalu ada misteri dalam hal cinta yang tentunya tidak semua bisa menemukan rahasianya.

6. Mantan kekasih mengajarkan kita untuk meihat dunia, bukan hanya melihat negara.

Mantan kekasih mengajarkan bahwa di dunia ini tidak hanya dia yang paling baik atau cantik, namun juga banyak bidadarilain yang bisa kamu temui. Kamu harus sadar saat kamu melihat keindahan Indonesia kamu juga harus tahu ada keindahan lain di luar Indonesia yang wajib kamu tahu.

Tidak sekadar tahu, tapi juga kamu syukuri bahwasanya dunia ini luas. Secara tidak sadar, saat kamu diputuskan, mantanmu memberi kesempatan untuk kamu melihat dunia lain yang lebih berwarna yang penuh dengan pengalaman baru bagimu. Bagus bukan?

7. Mantan kekasih mengajarkanku untuk harus selalu dekat dengan Tuhanmu.

Saat kamu putus, ada satu hal yang selalu kamu ucap, yaitu Tuhan. Saat hatimu perih, kamu akan selalu menyebut nama-Nya, kamu akan semakin dekat pada-Nya, kamu mengeluh,menangis berhari-hari hingga ingin mati.

Hal ini menyadarkanmu bahwa ternyata mantanmu telah mengingatkanmu untuk mendekati Tuhan secara halus. Tuhan yang selalu ada buatmu, dan hampir selalu kamu lupakan saat kamu bersama mantan kekasihmu dulu.

Bangunlah dan dekatkanlah dirimu pada pemilik langit dan bumi. Bila kamu dekat dengan-Nya, hatimu akan selalu lebih tenang dari sebelumnya, Dan kamu akan tahu jbahwa hidup ini terlalu singkat bila hanya memikirkan dia yang dulu pernah menyakitimu.

Hapuslah kesedihan,berdoalah pada-Nya agar diberikan ketenangan hati yang lebih baik, dan mendapatkan pengganti yang sesuai dengan jalan- Nya.

Pacaran Dengan Anak Pondok 7 Hikmah Setelah Memiliki Mantan Pacar Pesantren InI Mengajarkan Kehidupan Yang Amat Dalam


Banyak sekali seseorang didunia ini dibodohi oleh cinta yang pada akhirnya kamu melakukan hal-hal konyol yang bisa dikatakan bodoh sekali. Timbulnya mencintai seseorang adalah hal yang wajar dan lumrah sebagai seorang fitrah manusia sempurna.

Namun jika kamu terlalu berharap memiliki cintanya, biasanya juga banyak kegalan-kegalan dan tanpa sadar pola hidupmu berubah drastis, karena kamu tak berhenti mengejar, demi memperjuangkan sosok seseorang yang yang kamu idolakan, hingga akhirnya pola hidup kamu berubah dengan melakukan berbagai cara bodoh yang konyol tanpa sadar demi menaklukkan seseorang tersebut, saking mengidam-idamkannya kamu rela melakukan apa saja namun tanpa kamu sadari itu ternyata terlihat bodoh dimata orang lain.

Dengan demikian juga banyak sekali orang yang terlalu berharap memiliki cinta orang yang ia kejar malah berujung membuatmu sakit hati dan malah menjadikanmu depresi. Sudah menjadi fakta bahwa penyesalan yang akhirnya membuat kamu menjadi sakit hati dan depresi khususnya jika terlalu berlebihan dalam mencintai seseorang.

Dan demi memperjuangkan cintanya kamu berubah total dan konyol karena dibodohi oleh nafsu yang menggebu-gebu hingga 9 kekonyolan ini menjadikan tingkah pola hidupmu tak karuan dalam pandangan orang lain.

1.Merubah Gaya Penampilan Hanya Demi Bikin Dia Jatuh Cinta Kepadamu

Demi mendapatkan perhatiannya cewek maupun cowok, saat jatuh cinta muncul yang berlebihan biasanya kamu sampai mengorbankan jati diri. Seperti halnya kamu merubah gaya penampilan hanya demi bikin dia jatuh cinta. Perjuanganmu memang benar tetapi jika kamu terlarut dalam cinta yang berlebihan dan terlalu berharap memilikinya itu adalah hal yang negatif, jika nantinya cara ini terlanjur sudah terlewati tetapi tak kunjung bisa mencuri perhatiannya itu malah membuat kamu bakal sakit hati dan depresi. Itulah yang dinamakan kamu sudah tenggelam dalam kebodohan jatuh cinta pada seseorang yang berlebihan. Maka dari itu janganlah terlalu berharap memilikinya.

2.Mengorbankan Teman-Temanmu Yang Justru Membawamu Semangat Dalam Segala Keaktifan Sehari-hari Untuk Menuju Masa Depan Lebih Baik Malah Semakin Jauh

Kamu sebetulnya adalah seseorang yang sangat dekat dari berbagai jenis teman cowok-cewek sekitarmu. Hubungan pertemanan yang tadinya harmonis saling mengisi satu sama lain dan selalu memberikan motivasi, inspirasi layaknya sudah kayak keluarga sendiri malah terjauhi. Semua telah berubah setelah kamu mengenal pasanganmu. Bukannya makin mendekatkan ikatan pertemanan, keberadaannya justru membuat hubunganmu dan teman-teman jadi renggang.

Kamu yang sedang jatuh cinta setengah mati biasanya akan memilih untuk mengorbankan teman-teman demi bisa bersama si dia, Mengikuti segala aktivitas cowok/cewek yang kamu sukai kemanapun pergi, selalu mencari cara untuk mencari perhatiannya hingga pokoknya udah cinta mati, deh. Gak bisa diganggu gugat.

Seperti contoh halnya seseorang cewek yang cinta mati terhadap seorang cowok, padahal cowok itu adalah cowok vokalis dan banyak manggung kesana kemari. Namun bagi si cewek yang sudah cinta setengah mati ini tak peduli kemanapun cowok itu manggung dia selalu menghadiri tempat dimana cowok tersebut manggung. Semuanya dilakukan demi perjuangan mencuri isi hati terhadap cowok itu.

Dengan demikian semua jalinan pertemanan dekat yang selama ini dijalani malah terjauhinya semua, karena sebab terlalu berlebihan ingin mendapatkan isi hati cintanya. Hal yang bodoh sekali kan, padahal belum pasti si cowok itu ada rasa terhadap cewek tersebut.

3.Kamu Rela Membohongi Siapa Saja

Kamu berbohong demi bisa terlihat baik. Kamu menutupi apa yang kamu rasa gak pantes buat dia, agar dia kagum sama kamu. Nggak cuma sama dia, kamu juga berbohong ke teman-teman dan keluargamu demi bisa terus bersama dia atau juga lagi dalam posisi PDKT. Sadar deh. Kamu hanya sedang menyakiti orang-orang yang sungguh-sungguh menyayangimu dengan ketidak jujuranmu.

4.Jauh Dari Keluarga Karena Sikapmu Yang Berlebihan Saat Jatuh Cinta Itu Membuat Hubungan Kekeluargaanmu Menjadi Morak Marik

Fakta yang terkdang mencintai seseorang terlalu dalam bisa membuatmu jauh dari keluarga. Bahkan nggak jarang terlibat konflik sama mereka. Ini terjadi karena egomu yang gak mau mendengar saran dan masukan dari keluargamu. Kalau ini yang terjadi, lebih baik kamu tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan dengan rasional. Apa sih yang sedang kamu kejar sampai harus mengorbankan keluarga sendiri?

5.Merasa Nggak Berharga Kalau Tanpa Dia

Kamu jadi rendah diri kalau dia gak ada. Seakan-akan hidupmu nggak ada artinya tanpa kehadirannya. Kamu merasa cuma dia yang bisa mencintaimu apa adanya, dan kalau kehilangan dia kamu nggak akan merasakan perasaan cinta lagi.

6.Kamu Nggak Sadar Bahwa Cowok/Cewek Yang Selama Ini Kamu Kejar Secara Berlebihan Malah Menurunkan Standar Mimpi dan Pencapaian Hidupmu

Benar nggak sih ketika kamu mencintai seseorang terlalu dalam, tetapi semua itu malah malah membuat sakit hati dan stres, Karena nggak berhasil mendapatkan cintanya. Hingga akhirnya kamu sadar bahwa perjuanganmu untuk mendapatkan hatinya berlai sia-sia dan malah menurunkan standar mimpi masa depan dan pencapaianmu selama ini.

7.Mencintainya Lebih Daripada Kamu Mencintai Diri dan Perasaanmu Sendiri, Hingga pada akhirnya lalai dengan sosok siapa dirimu sendiri. Kamu rela melakukan apa saja demi mendapatkan cintanya dan selalu ingin bersamanya. Hal yang fatal jika kamu sampai pada akhirnya mempunyai sebuah cerita cinta penyesalan karena telah memilih dia sebagai sosok dambaan cinta yang katamu cinta sampai mati hingga mengorbankan harga diri. So, jangan korbankan harga diri dan perasaanmu sendiri demi orang yang kamu cintai ya.

8.Kamu Malah Rela Disakiti Dan Malah Selalu Membiarkan Dia Terus Menyakiti.

Saking cintanya kamu rela tersakiti olehnya. Inilah faktor sebab masalah yang seharusnya kamu hindari dari mencintai orang yang terlalu dalam dan terlalu mempercayai bahwa ada harapan dia mencintaimu layaknya kamu mencintainya. Padahal dia terbukti setiap saat selalu menyakitimu. Duh, konyol banget sih jika ada orang yang seperti ini. Kalau gue pasti udah ane tendang jauh dari kehidupan ini.

9.Kamu Tidak Bisa Move On Jangka Pendek 

Realita kehidupan percintaan yang kerap di alami seseorang, Walaupun tidak mudah menghilangkan rasa sedih sakit hati oleh hubungan percintaan yang sudah terjadi, ini adalah realita jika terlalu mencintai hingga pada saat putus masih belum bisa melupakan dia.

9 Kebodohan Konyol Ini Malah Membuat Kamu Sakit Hati Dan Depresi Karena Terlalu Berharap Memiliki Cintanya


Mendengarkan kata-kata ucapan jatuh cinta tentu sudah tak asing lagi. Jatuh pada seseorang itu memang hal yang wajar-wajar saja dan sudah menjadi anugerah dari Tuhan yang pasti bakal dimiliki pada setiap orang. Tapi juga harus kita perhatikan jika ada salah satu orang cewek maupun cowok malah membuat kita tumbuh perasaan cinta dan yang perlu diwaspadai adalah apabila kita memliki rasa cinta yang berlebihan. Nggak jarang kok, didunia ini banyak orang yang tergila-gila pada seseorang karena saking cintanya pada dia. Sebenarnya penyebab-penyebab yang membuat tumbuhnya rasa jatuh cinta baik itu cewek atau cowok itu muncul karena berbagai alasan faktor yang mempengaruhi hati dan pikiran kita, yang nanti akan dibahas dibawah ini.

Hal-hal yang membuat tumbuhnya rasa cinta pada seseorang didasari oleh kenikmatan yang ada dalam diri kita, seperti penglihatan, pendengaran, akal sehat dan lain-lain yang diberikan Tuhan kepada Kita. Namun atas kenikmatan yang diberikan Tuhan itu kadang kita salah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya tumbuh rasa cinta yang berlebihan.

Kadang juga anugerah/kenikmatan yang diberikan Tuhan dijadikan seseorang untuk membuat cara-cara agar seseorang cewek/cewek jatuh cinta meskipun kita tahu bahwa dia tidak cinta. Seperti halnya kata-kata yang diucapkan "Aku Bisa Membuatmu Jatuh Cinta Kepadamu Meski Kau Tak Cinta, Kepadaku"

Berikut 11 Faktor Penyebab Ini Yang Membuat Tumbuhnya Rasa Cinta Pada Seseorang Bahkan bisa digunakan sebagai cara membuat orang jatuh cinta.


1.Penampilan justru menjadi peran utama  yang membuat munculnya rasa cinta
Penampilan adalah penyebab paling umum orang bisa jatuh cinta. Biasanya hal ini didasari karena nafsu. Untuk pembuktian, saat orang yang dianggap menarik dan telah membuat jatuh cinta tersebut berubah penampilan, maka rasa cinta itu bisa berkurang bahkan perlahan bisa hilang. Dan rata-rata awal tumbuhnya rasa cinta karena satu hal ini, yaitu penampilan. Sehingga semakin baik penampilan seseorang, bisa membuat rasa cinta itu semakin besar dan sulit untuk dihilangkan.

2.Sikap
Kedua jatuh cinta karena sikap. Sikap yang dimiliki begitu mengagumkan. Cinta karena hal ini biasanya jika kedekatan sudah cukup lama diantara keduanya. Atas dasar kagum tumbuhlah rasa cinta. Selama sikap itu ada maka cinta akan tetap bisa terjaga. Sayangnya meski cinta itu terjaga, belum tentu mendapatkan balasan yang sesuai.

3.Kebutuhan
Cinta karena kebutuhan maksudnya adalah apa yang dibutuhkan ada pada orang yang telah membuat jatuh cinta. Apa yang bisa dia berikan atau dia punya jarang bisa didapat dari orang lain. Kalaupun bisa dapat dari Orang lain sepertinya tidak begitu maksimal bahkan jauh dari cukup.

4.Kebersamaan
Kebersamaan bisa menjadi penyebab adanya rasa cinta. Apapun status awalnya jika kebersamaan itu sering terjadi maka rasa kehilangan akan ada jika keduanya terpisah. Cinta karena satu hal ini, rata-rata dialami oleh orang yang satu lokasi dalam aktivitas rutinan. Cinlok menjadi sebutan umum dalam keadaan ini.

5.Kenyamanan
Merasa nyaman saat ada didekatnya. Entah dia merasakan hal yang sama hanya pada satu orang atau biasa saja karena rasanya biasa pada semua orang, jika apapun yang ada dan dilakukan bisa memberikan kenyamanan, bisa membuat jatuh cinta.

6.Karakteristik idaman
Phillips menjelaskan bahwa ketika kita tertarik pada sesuatu, dan itu menjadi idaman kita selama ini, kita akan merasakan lebih dari sekadar tertarik. Itulah alasan orang jatuh cinta, baik karena segi penampilan maupun kepribadian.

7.Situasi gairah
Bukan bicara soal seks, melainkan bicara situasi yang membuat perasaan kamu terpacu, baik rasa gembira berlebihan atau saat merasa terancam. Saat-saat seperti itulah kita membutuhkan orang lain di samping kita, disadari atau tidak.

8.Kesiapan hubungan
Orang jatuh cinta ketika mereka memang matang dan siap untuk kembali merasakan debaran terhadap orang lain paska patah hati dengan mantan kekasih.

9.Sudah lama jomblo
Orang yang lama menyendiri sudah sewajarnya untuk jatuh cinta. Jatuh cinta pada seseorang akan memberinya energi baru tersendiri.

10.Alasan misterius
Tentu saja yang tahu orang itu sendiri mengapa bisa jatuh cinta. Namun tindakannya bisa kita lihat misalnya tindakan terlalu ekstrem, misalnya menguntit orang yang dicintai sampai ke mana pun dan kapan saja. Atau bisa juga ada orang yang cinta mati sama pentolan gangster yang beringas abis.

11.Penerimaan sosial
Penilaian sosial tempat kita tinggal bisa membuat kita membenci atau mencintai seseorang. Misalnya penilaian sosial menyebutkan bahwa seseorang dari budaya lain baik dan sesuai dengan nilai-nilai sosial kita, maka akan ada penerimaan. Penerimaan sosial inilah yang membentuk cara pandangan kita sebagai individu.

Munculnya Kata-Kata Jatuh Cinta 11 Faktor Penyebab Ini Yang Membuat Tumbuhnya Rasa Cinta Pada Seseorang


Orang tua memondokkan anak di Pesantren pasti tak lepas dengan sebuah tujuan dan harapan yang sangat mulia, demi cita-cita masa depan anaknya kelak. Terlebih mengingat masa-masa di dunia ini semakin tua, banyak pengaruh global negatif yang secara cepat bisa menyerang siapa saja. Maka dari itu sebagai orang tua memilih Pondok Pesantren sebagai prioritas utama dalam pendidikan anak. Tujuan Mondok di pesantren juga adalah sebagai investasi akhirat orang tua. 

Maka dari itu orang tua pastinya terus berusaha memiliki cara agar anak mau masuk pesantren, mulai dari kata-kata untuk mengajak, kata-kata pesan ketika nanti anaknya di Pondok, intinya adalah berusaha supaya anak mau mondok.


Berikut tujuan orang tua memondokkan anak dan harapan-harapannya sebagai orang tua ketika anak Nyantri.

Harapan
1. Harapan terpenting pertama kali orang tua adalah betah/kerasan mondok

Pondok Pesantren adalah sebuah lembga pendidikan yang bersifat 24 jam  penuh keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar tanpa dampingan sosok orang tua, sangat lumrah jika wali santri berharap anak bisa kerasan dan betah berada di lingkungan pondok. umumnya dalam satu angkatan, ada saja santri yang tidak kerasan atau pindah ke sekolah umum karena berbagai alasan.

2. Berharap anak rajin belajar dan sehat selalu

seperti umumnya orang tua yang anaknya sekolah, ini merupakan harapan standar orang tua. Supaya anak rajin belajar dan kondisi selalu sehat ketika berada di pondok pesantren. utamanya dalam bidang kesehatan karena lokasi anak berada di pesantren yang tidak langsung berada dalam pantauan orang tua.

3. Anak menjadi soleh solihah ketika berada di pesantren

Salah satu motivasi orang tua atau anak menjatuhkan pilihan pendidikan asrama atau boarding school yaitu pendidikan agama. arah pendidikan agama tentunya menjadi orang yang soleh berakhlak mulia.

pada kasus tertentu, ada wali yang memondokkan sang anak karena sudah angkat tangan karena kenakalannya. Dengan berada di pesantren maka diharapkan sang anak berubah sifat buruk menjadi anak yang baik. (bagi saya kalau pesantrennya bukan khusus untuk rehabilitasi atau konsentrasi anak badung, maka seperti memasukkan tembaga dan pada saat keluar berubah menjadi emas).

4. Harapan anak bisa adaptasi dengan teman dan lingkungan pontren

Ada beberapa orang tua yang khawatir anaknya di bully di pondok pesantren. Bisa jadi karena anak tersebut pendiam, zaman sekolah SD sering jadi bahan bulian atau sang anak selalu mengalah maupun anak memiliki hal untuk di bully (tidak cakep, kulit gelap, bongsor dll).

adaptasi santri di lingkungan pesantren dan teman

kondisi ini menjadikan orang tua mengharapkan si anak bisa segera memiliki teman baik yang baik serta segera beradaptasi dengan irama pendidikan dan kegiatan pada pesantren.

5. Harapan sang anak cocok dengan menu makan pondok pesantren

Seringnya pondok pesantren memiliki fasilitas dapur umum untuk santri. dimana dapur ini sekaligus sebagai lokasi ruang untuk makan, baik sarapan, makan siang ataupun malam.

Dengan jumlah santri yang mencapai ratusan bahkan ribuan, maka masakan yang dibuat tentunya akan memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan buatan ibu dirumah.

bisa jadi awalnya sang anak akan sedikit tidak cocok makan, lambat laun seringnya anak akan bisa beradaptasi dengan menu makan yang ada.

Lain lagi dengan kasus santri yang mengidap alergi makanan tertentu semisal daging ayam, ikan ataupun kacang kacangan. tentunya akan semakin ketar ketir orang tua dalam mengharap sang anak bisa cocok dengan menu makan yang ada.

6. Anak anak terawasi secara baik oleh pihak pondok pesantren

Tidak dipungkiri bahwasanya orang yang berumur antara 35-55 tahun merupakan saat efektif bekerja. Apesnya (atau untungnya?) pada umur kisaran tersebut merupakan hal umum saat anak beranjak remaja dan dewasa. Disaat anak beranjak remaja dan dewasa sering diperlukan pendampingan dan bimbingan dari orang lain. Akan tetapi karena aktivitas ekonomi dan pekerjaan yang menguras waktu menjadikan kerepotan sendiri bagi orang tua untuk mendampingi dan mengawasi perilaku sang anak.

Nah disini keuntungan orang tua jika anak disekolahkan pada pondok pesantren. Mereka bisa lebih tenang terhadap anak karena buah hati berada di pesantren dengan pengawasan yang relatif lebih baik daripada jika berada dirumah.

Tujuan setelah anak lulus dari pondok pesantren

Setelah disampaikan beberapa hal yang sering diharapkan oleh orang tua untuk anaknya yang sedang berada di pesantren, berikut beberapa hal yang umumnya menjadi harapan orang tua bagi anak setelah lulus dari pondok pesantren

1. Menjadi anak yang taat dan patuh kepada orang tua

Walaupun anak kaya raya dan memiliki kedudukan yang tinggi dan pangkat yang mentereng, akan tiada menyenangkan jika tidak patuh dan taat kepada orang tua. Sehingga ini merupakan harapan umum orang tua termasuk bagi wali santri pondok pesantren selepas sang anak lulus dari pendidikan di ponpes.

2. Bisa meneruskan perjuangan dalam bidang keagamaan minimal di kampungnya

Ada beberapa orang tua yang memasukkan sang anak ke dalam pondok karena berharap nantinya akan melanjutkan estafet perjuangan dalam bidang dakwah agama. Semisal mengurusi yayasan, masjid atau tokoh masyarakat dimana dia berdomisili. Hak ini dilakukan karena pada beberapa kasus, adakalanya suatu daerah memiliki kecenderungan kekurangan figur agamis untuk menjadi inspirasi dan penggerak kegiatan keagamaan di lingkungan masyarakat.

3. Menjadi suri tauladan dan berakahlak mulia

Salah satu hal menarik saat ini adalah usaha keras dari berbagai pihak untuk menyelamatkan akhlak anak bangsa. Salah satu tujuannya yaitu agar individu bisa menjadi suri tauladan yang baik atau uswatun hasanah.

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga yang mengedepankan pendidikan ahlak bagi para anak didik. Sehingga wajar jika orang tua berharap sang anak menjadi suri tauladan di kemudian hari selepas lulus dari pondok pesantren.

4. Meneruskan ke perguruan tinggi favorit

Melanjutkan studi pendidikan ke universitas atau perguruan tinggi s1 merupakan hal yang lumrah bagi alumni pondok pesantren. Hal ini karena umumnya santri memiliki ijazah formal semisal SMA atau Madrasah Aliyah, maupun ijazah non formal yang diakui oleh negara seperti Ijazah Paket C maupun Muadalah. Dengan berbekal ijazah SLTA atau sederajat otomatis bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang s1 sesuai dengan keinginan dan hasil seleksi dari kampus dimaksud.

Akan menjadi kesenangan tersendiri bagi orang tua dan anak jika bisa masuk ke universitas terkenal, favorit dan irit biaya. Karena dengan banyaknya pelajaran di pesantren akan tetapi tetap bisa menembus persaingan Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta Favorit.

5. Mempunyai pekerjaaan yang mapan dan terhormat

Di era yang cenderung materialistis, pada saat ini kehormatan seseorang cenderung diukur dengan banyaknya harta dan tingginya pangkat serta pengaruh seseorang. Guna di dengarkan suara oleh masyarakat maka tentunya seorang santri seyogyanya memiliki posisi yang bagus secara pekerjaan maupun pangkat. Dengan begitu mengikuti era dan kebutuhan zaman, tentunya orang tua berharap sang anak bisa mendapatkan pekerjaan yang mapan dan terpandang di kalangan masyarakat.

6. Makmur secara ekonomi

Kemakmuran ekonomi akan mempermudah seseorang untuk beraktivitas saat ini. Termasuk didalamnya adalah melaksanakan rukun Islam yang ke-5. Dengan biaya pendaftaran Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) maka seseorang yang tidak makmur secara ekonomi akan sulit untuk melaksanakan rukun Islam kelima ini (walaupun pada kasus tertentu ada juga kejadian dimana orang yang pas pasan bisa berhaji dengan berbagai cara dan kisah yang menarik).

Inilah 12 Tujuan Orang Tua Memondokkan Anak Juga Harapannya Ketika Sudah Di Pesantren


Sifat Orang Munafik adalah sebuah perbuatan yang bisa menjadi perusak tatanan kehidupan pribadi maupun masyarakat umum bangsa ini. Sebuah perilaku keji orang Munafik ini menjadi hal yang harus kita waspadai dalam kehidupan kita sehari-hari. Karakter dan sifat
orang Munafik tentu dapat kita lihat dalam tingkah perilaku perbuatannya sehari-hari. Padahal sifat orang Munafik mempunyai arti juga sifat yang melebihi setan maupun iblis serta nantinya akan menyeretnya kelubang Api Neraka Jahanam.

Pengertian/Penjelasan Tentang Sifat Orang Munafik (Nifak) Dalam Islam

Munafik adalah pelaku orang yang memiliki karakter sifat yang sangat dibenci Allah Swt serta menurut syariat Islam Nifak, adalah ‘menampakkan keislaman dan kebaikan, tetapi menyembunyikan kekufuran dan kejahatan’. Dinamakan demikian karena orang munafik memasuki syariat dari satu pintu dan keluar dari pintu yang lain. Karena itu, Allah memperingatkan dengan firman-Nya,

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Sesungguhnya, orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik.” (QS. At-Taubah:67)

“Orang fasik” artinya ‘orang yang keluar dari syariat’.

Allah menjadikan orang-orang munafik lebih jelek daripada orang-orang kafir. Allah berfirman,

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيراً

“Sesungguhnya, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan paling bawah dari neraka, dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.” (QS. An-Nisa`:145)

Mengenali sifat perilaku ciri-ciri perbuatan keji orang Munafik

Tentu sangatlah menderita perasaan ini jika seseorang mengkhianati. Marah dan jengkel, tentu akan di alami korban kemunafikan. Apalagi jika kita dikhianati oleh teman/sahabat, pasangan kekasih/pacar, pasangan suami/istri, dan saudara-saudara dekat. Bahkan fenomena ini juga terjadi dalam permasalahan bangsa negara ini seperti pelaku koruptor-koruptor yang terjadi.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui ciri-ciri orang munafik. Ciri-ciri orang munafik dapat kamu temukan dalam hadis Rasulullah yang disampaikan Abu Hurairah berikut ini:

“Tanda-tanda kemunafikan orang ada tiga, yaitu: 1) jika berbicara ia berdusta, 2) jika berjanji ia ingkar, dan 3) jika dipercaya ia berkhianat.” (H.R. al-Bukha-ri)

Sifat nifak akan mendatangkan akibat-akibat negatif yang sangat membahayakan, baik bagi pelakunya maupun orang lain. Diantara akibat-akibat negatif tersebut, sebagai berikut:

Perilaku nifak sangat merugikan orang lain, baik secara moril maupun materiil.
Orang yang berlaku nifak telah merugikan dirinya sendiri. Ia tidak akan lagi dipercaya karena kebiasaannya berbohong,berkhianat, dan ingkar janji.
Perilaku nifak dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat karena setiap individu menaruh curiga terhadap individu lain.
Perilaku nifak dapat menyeret pelakunya ke dasar neraka yang paling dalam.
Dengan kita mengingat bahaya dan sifat nifak, sudah sepantasnya jika kita berusaha untuk menghindari sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Menghindari Sifat Munafik

1. Menghindari Perilaku Munafik di Lingkungan Rumah
Sifat munafik harus kita jauhkan dari lingkungan rumah. Terhadap anggota keluarga lain harus membiasakan untuk berlaku dan berkata jujur.

Sekali kita berbohong, kita akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan yang telah kita lakukan. Selain itu, jika kita mengucapkan janji kepada anggota keluarga atau terhadap sesuatu, harus kita tepati janji tersebut.

Jika kita mendapat suatu kepercayaan dari anggota keluarga kita, kita harus menjaga kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Misalnya, bapak dan ibu hendak pergi ke luar kota dan kamu mendapat kepercayaan untuk menjaga rumah, kamu harus menjaga rumah dengan sebaikbaiknya.

2. Menghindari Perilaku Munafik di Lingkungan Sekolah
Selain di lingkungan keluarga, kamu harus menghindarkan perilaku munafik dari lingkungan sekolahmu. Jika di rumah kamu telah berlaku jujur, di sekolah kamu juga harus berlaku dan berkata jujur. Tidak menyontek waktu ulangan atau perbuatan yang lain.

Jika kamu memiliki janji dengan teman atau gurumu, kamu harus menepatinya. Seseorang yang berjanji dan tidak menepatinya, jika suatu saat ia berjanji dengan orang yang sama, orang tersebut tidak akan percaya lagi. Dengan demikian, jika kamu berjanji, tepatilah janji tersebut dengan cara apa pun.

Di sekolah biasanya ada sebuah organisasi. Jika suatu saat kamu dipercaya untuk memegang jabatan dalam organisasi tersebut, pergunakanlah kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Untuk mendapatkan kepercayaan itu susah, tetapi menjaga kepercayaan jauh lebih susah. Oleh karena itu, pergunakan kepercayaan yang telah kamu dapat dengan sebaik-baiknya.

3. Menghindari Perilaku Munafik di Lingkungan Masyarakat
Dengan kita memperhatikan hadis tentang ciri-ciri orang munafik di depan, tampaknya kita harus sangat hati-hati dalam segala ucapan dan tindakan. Ketika kamu berbicara, berhati-hatilah.

Jangan sampai kata-kata yang kamu ucapkan dusta, sebab dusta itu termasuk ciri-ciri nifak. Begitu juga jika kamu berjanji, berhati-hatilah. Jangan sampai kamu mengingkarinya karena ingkar janji juga dapat menjerumuskanmu ke jurang kemunafikan.

Berhati-hatilah juga dalam menjaga kepercayaan orang lain. Jangan sekali-kali kamu berbuat curang atau berkhianat sehingga tidak dipercaya lagi oleh orang lain.

Perilaku munafik tersebut harus kita hindari saat menjalin hubungan dengan orang lain di tengah masyarakat. Dengan menjauhi perilaku munafik, hubungan silaturahmi bersama masyarakat akan terjalin kukuh.

Kita akan terhindar dari kesalahpahaman yang bisa menyebabkan kesatuan dan persatuan di antara kita terganggu.

Munafik (Nifak) Dalam Islam Yang Menjadi Perusak Tatanan Kehidupan. Inilah 3 Cara Menghindari Munafik


Berkah tinggal di Pondok Pesantren adalah suatu hal yang selalu dicari para santri, bahkan demi mendapatkan berkah tinggal di Pondok para santri menggunakan cara-cara unik/aneh untuk mendapatkan keberkahan saat hidup di penjara suci.

Budaya rebutan di pesantren juga sudah menjadi ciri khas sebagian anak pondok manapun. Mulai dari budaya berebut benda-benda serta sisa-sia makanan guru atau pun saling berebutan mendahului, barang-barang milik orang alim untuk dirapikan dan dibersihkan biasanya.

Bagi orang yang tidak sependapat soal budaya-budaya santri berebutan yang notabene, semuanya diyakini kalangan pesantren agar mendapatkan berkah dari orang-orang alim di Pesantren atau juga dari hal-hal lainnya. Tapi santri mempunyai cerita sendiri, orang di luar pesantren mungkin akan menilai sebagian acara rebutan itu kurang baik, kurang sopan, atau bahkan ada yang memvonis bidah dan syirik.

Berikut keberkahan yang diyakini anak Pesantren, 5 Benda ini jadi alasan mereka ada yang namanya budayanberebutan:

1. Sandal/Alas Kaki Para Kiai


Sandal atau alas kaki kiai diperebutkan santri? Iya. Hingga sekarang masih banyak dan masih menjadi kebiasaan para santri untuk berebutan sandal kiai. Tapi bukan berebut mengambil dan dipakai. Mereka berebutan menata sandal Kiai.

Di berbagai kesempatan, entah pengajian kitab atau acara lainnya, ada saja santri yang adu cepat untuk menata sandal ataupun alas kaki kiai. Hal itu dilakukan sebagai wujud rasa hormat dan takzim pada guru. Bukan karena mengkultuskan atau menuhakan, namun berharap sang guru senang dan lahirlah doa kebaikannya untuk si santri yang mengharap doanya.

Para santri juga meyakini keberkahan dari menata sandal kiai. Kisah-kisah santri zaman dahulu yang mengabdikan diri pada guru sering menjadi motivator agar santri tetap menjaga tradisi unik itu.

2. Sisa Makanan atau Minuman Para Kiai


Perhatikan jika di pesantren ada acara yang dihadiri para kiai. Tunggu hingga usai acara dan kiai beranjak pergi. Maka tak menunggu lama, pasti ada beberapa santri yang merangsek dan memperebutkan sisa makanan atau minuman yang disuguhan di meja para kiai. Apalagi jika dalam acara itu hadir ulama atau kiai yang tergolong tua atau tokoh ulama.

Bukan karena rakus, bukan pula kelaparan. Buktinya, mereka yang kalah cepat mendapatkan sisa tersebut, masih bisa meminta bagian sedikit kepada rekannya yang lebih dulu mengambil. Sekali lagi, sisa makanan dan minuman orang saleh diyakini mendapat keberkahan.

Jangankan sisa makanan, bahkan dalam Mausu’ah al-Yusufiyyah, juz VI, hal 18, diceritakan bahwa Imam Syafi’i meminum air rendaman baju Imam Ahmad yang masih terbilang muridnya untuk bertabaruk.

Sebaliknya, Imam Ahmad pun melakukan hal yang sama terhadap baju Imam Syafi’i yang disimpannya. Itu air basuhan baju, apalagi sisa makanan yang jelas masih lebih enak, tentu para santri tak menyia-nyiakannya. Hitung-hitung tabarukan sambil mengisi perut.

3. Puntung Rokok Kiai


Lupakan khilafiyah soal rokok dan hujatan sebagian orang terhadap ulama yang tergolong perokok. Bagaimanapun simpang siurnya bahaya rokok tak lepas dari kepentingan bisnis yang menyeret agama, yang pada akhirnya akan menyengsarakan petani tembakau lokal.

Bagi para santri yang memiliki kiai perokok, ada lagi sasaran benda yang jadi bahan rebutan. Yaitu sisa atau puntung rokok kiai. Sama seperti halnya sisa makanan dan minuman yang diharapkan jadi jalan berkah, dengan alasan yang sama para santri mengicar sisa rokok kiai.

Di pesantren yang pak kiainya merupakan perokok, ada saja cara para santri untuk mendapatkan sisa rokok kiai. Ada yang sambil membersihkan halaman ndalem sambil mencari kalau-kalau puntung rokok kiai dibuang di sudut halaman. Selain untuk ngalap berkah, lumayan buat mengurangi anggaran belanja.

4. Oleh-oleh dari Tamu/Wali Santri


Kalau yang ini masih berlaku di sebagian pesantren dan sebagian yang lain mulai menertibkan diri. Acara rebutan oleh-oleh dimulai sejak pertama kali tamu/wali santri beranjak pamitan. Begitu tamu pergi, maka… berrrrr… oleh-oleh yang dibawa segera saja jadi rebutan. Kadang makanan yang dibawa malah jadi berantakan.

Acara rebutan makanan/jajan dari tamu ini di sebagian pesantren sudah dikikis karena dianggap kurang sopan. Kalau ada oleh-oleh dari tamu atau wali santri, demi berbagi dan mengikis kebiasaan rebutan, maka makanan itu di bagi rata.

5. Kerak Nasi yang Direndam


Berebut kerak nasi sebenarnya tidak bisa dikatakan berebut karena terbatas pada anggota kelompok masak saja. Itu pun tidak semua anggota. Hanya satu dua orang yang memang hobi atau masih kurang kenyang saat makan. Tapi ini tetap tergolong hal unik yang diperebutkan santri.

Kerak nasi biasanya didapat dengan menanak menggunakan periuk dengan bahan bakar kayu. Ketika makan bersama, kerak yang ada di dasar periuk tidak ikut diambil tapi direndam dengan air minum baik air mentah maupun air matang. Air rendaman kerak nasi ini rasanya beda lho. Ada gurih-gurihnya gitu. Selesai makan, kerak nasi yang lebih lunak itu akan jadi makanan tambahan. Lebih sedap jika setelah air minumnya dibuang lalu kerak nasi direndam dengan kuah. Joos dah rasanya.

Nah, itulah benda-benda yang sering diperebutkan santri di pesantren. Yang manakah pernah Anda atau anak Anda alami?

Berkah Tinggal Di Pesantren. 5 Benda Ini Menjadi Budaya Rebutan Santri Yang Disebut Bid'ah, Syirik Wahabi

Newer Posts Older Posts Home