Tulisan Emak-emak yang memohon kepada semua Supermarket, Minimarket Indonesia untuk tidak meletakkan barang dagangan kinder joy di dekat kasiran viral di Grub Facebook Komunitas Kasir Alfamart. Tulisan itu di Posting oleh pemilik akun facebook bernama Ikha yang katanya di Akhir tulisan itu copas dari emak-emak sebelah. Tulisan itu memohon kepada semua pihak Supermarket dan Minimartket seluruh Indonesia agar tidak meletakkan Kinder Joy di Area Kasiran.

Tulisan yang di diposting pada tanggal 12 Oktober 2018 sekitar Pukul 22.35 viral di Grub Facebook Komunitas Kasir Alfamart, yang memiliki jumlah kurang lebih Like 21.000, Komentar 13.000, Share 22.000 orang. Pasalnya tulisan dari emak-emak itu menyampaikan agar tidak jualan Kinder Joy di dekat Kasiran. Inilah 3 Alasan Jeritan permohonan Emak-emak kepada seluruh supermarket di Indonesia yang Viral yaitu:

KEPADA SEMUA SUPERMARTKET, MINIMARKET INDONESIA.

PERMOHONAN UNTUK TIDAK MELETAKKAN JUALAN INI DI DEKAT KASIR.

Berdasarkan pada hal di atas, saya mewakili Mamak mamak diseluruh Indonesia memohon agar pihak minimarket, supermarket untuk tidak meletakkan barang (seperti dalam gambar) ke tempat lain selain dikasir.

1.Ini dikarenakan kami ibuk ibuk tidak mampu untuk melayani kecengengan anak yg sangat menginginkan jualan ini sehingga terjadilah episode guling-guling didepan kasir yang juga menyebabkan kami malu.

2.Selain dari pada itu, harga yg sangat mahal (sama dengan 1 liter minyak goreng), jualan ini juga tidak memberi manfaat kpd
anak-anak kami. Orang lain bolehlah sudah kaya dan bisa beli banyak barang ini.

3.Pihak toko berfikirlah, setiap kali saya berbelanja, anak saya pasti beli jualan ini
dan anak saya ada 3, kalau beli 2 hilang lagi 30ribu, itu sudah dapat beras berapa kg, sudah bisa buat makan.
Sehubungan dengan itu saya berharap pihak toko dapat mempertimbangkan serta merealisasikan impian saya juga impian setiap bapak2 di negara ini. Atas perhatian
dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

#COPASDARIMAMAKSEBELAH
#YangJadiKorbanBolehShare Nihhhh

Tulisan Emak-Emak Viral Protes Agar Tidak Jualan Kinder Joy Dekat Kasiran Inilah Alasannya


Berperan sebagai model dan disebut cewek cantik itu adalah hal yang lumrah/wajar-wajar saja. Namun ketika cewek cantik yang sekaligus mempunyai profesi lebih dari satu itu lebih layak lagi kita sebut  cewek terhebat/tangguh. Nah taukah kalian ada seorang kasir cantik minmarket Alfamart yang sempat viral foto-fotonya bertebaran di media sosial ?? 

Dia adalah wanita dengan nama akun Instagram @biila___ jadi viral di jagad media sosial karena parasnya yang cantik dan bekerja sebagai kasir Alfamart. Banyak netizen yang merasa kagum atas kecantikannya yang seperti model itu. Seperti apa sosoknya? (Baca Juga: 6 Alasan Paras Cantik Kasir Yang Dimiliki Cewek Alfamart Dan Indomart Juga Layak Jadi Istri Idaman Cowok Pegawai Swalayan Modern)

Memiliki nama asli Herlin Novita, wanita yang akrab disapa Bila ini memang sempat menjadi model sebelum akhirnya bekerja sebagai kasir di Alfamart. Pada 2015 lalu, Bila sudah terjun ke dunia entertainment. Ia sempat mengikuti modeling di agensi yang berada di Subang, Jawa Barat.

"Abis lulus sekolah, aku ikutan itu, modeling kalau ada show-show bawain baju pengantin," tutur Bila saat dihubungi Wolipop.detik.com, Kamis (5/10/2017).

Setelah sempat mengikuti karantina di agensi tersebut, wanita lulusan SMK 2 Purwakarta ini diminta memilih untuk tetap menjadi model atau seni peran. "Cuma kalau dari model aku nggak terlalu disaranin, soalnya tingginya kurang dua senti. Jadi aku ikutnya ke akting," tambahnya.

Dari situ, Bila pun hijrah ke Jakarta dan mengikuti beberapa casting iklan maupun sinetron. Wanita berusia 20 tahun ini kemudian berhasil menjejal dunia akting dan berperan sebagai wanita figuran di sinetron dan FTV.


"Aku nyari penghasilan jadi figuran, waktu itu ada sinetron Anak Jalanan, iya aku sempet main di situ jadi anak sekolah, kadang aku dapet dialog juga dikit-dikit," terang Bila.

Namun, karena orangtua Bila merasa khawatir anaknya tinggal di Jakarta seorang diri, Bila akhirnya memutuskan untuk berhenti mengejar mimpinya menjadi model ataupun berkarier di dunia hiburan.

"Orangtua khawatir karena aku ngekos sendiri. Suka nelpon terus setiap malam. Kasian, yang awalnya nggak pernah begadang jadi begadang terus, mikirin aku terus di Jakarta. Yaudah aku pulang cari kerjaan disini (Purwakarta)," ujarnya.

Pada 2016, Bila pun akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai kasir Alfamart. Sejak saat itu, ia berhenti menjadi model. Namun, ia pun tak menolak pekerjaan sampingan jika ada seseorang yang menawarinya menjadi model di Purwakarta.

"Sekarang aku lewat foto-foto aja. Kan di daerah Purwakarta banyak fotografer, jadi aku suka diajakin buat foto terus posting di Instagram. terus suka ada endorse kaos," jelas Bila.

Meskipun masih ada beberapa tawaran menjadi model ataupun endorsement dari berbagai produk, Bila mengaku tak ingin berhenti dari pekerjaannya sebagai kasir Alfamart yang telah dilakoninya selama lebih dari setahun itu.

"Kalau yang namanya endorse nggak tiap hari, paling cukup berapa sedangkan di sini aku nyicil motor, belum juga makannya, aku juga nggak mau ngerepotin dari orangtua kan kasihan," jelas Bila.

"Banyak juga yang nawarin mau nggak ke Jakarta ikut casting, tapi nggak diizinin sama orangtua ah buat apa, yaudahlah di Alfamart aja yang kelihatan lah gajinya, kalau misalnya itu kan nggak nentu lolos apa nggak," pungkasnya.

Bila anda penasaran dengan foto-foto cewek cantik kasir Alfamart tersebut langsung saja cek akun Instragamnya Instagram @biila

Dikutip dari wolipop.detik.com

Kasir Cewek Cantik Alfamart Juga Berprofesi Model Ini Viral.Yuk Kepoin Foto-Fotonya??


Semua tempat kerja pasti masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Seperti halnya juga yang akan kita bahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan jika bekerja di salah satu swalayan toko ternama yaitu Alfamart dan Indomaret. Kedua perusahaan tersebut memang sudah tak asing lagi kita temui disetiap sudut kota bahkan desa di Indonesia.

Hampir kedua swalayan modern tersebut mempunyai sistem yang sama mulai dari sistem pemasaran/penjualan dan sistem kerja bagi karyawannya. Maka dari situlah mengapa Alfamart dan Indomart banyak kita temui saling berdekatan yang mungkin dijadikan alasan perusahaan memang untuk saling bersaing ataupun memang juga strategi perdagangan kedua perusahaan itu.

Berdasarkan pengalaman seseorang yang pernah kerja di Alfamart dan Indomart  katanya perusahaan tersebut cukup mempunyai sistem strategi atau cara pemasaran yang rapih dalam bersaing dengan pasar.



Namun perlu anda ketahui dibalik sistem strategi perdagangan yang sangat baik tentu ada kelebihan dan kekurangan terlebih bagi orang yang ingin bekerja disana. Berikut sistem dan kelebihan kekurangan PT.Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) atau juga Indomart:




1. Hari kerja yang tak kenal tanggal merah

Sistem kerja Alfamart/Indomaret adalah shift. Ada sift 1 dan sift 2. Khusus untuk toko 24 jam maka ada juga sift 3. Sift 1 mulai dari jam 07.00- 15.00 sift II dari jam 15.00 – 10.00 sedangkan sift III dari jam 10.00 - 07.00. untuk hari kerja buat karyawan adalah 5 dan 1 yang artinya 5 kali kerja 1 kali libur. Kurang Lebih seperti itu.

Begitu juga dengan tanggal merah dan hari besar karyawan yang bekerja khususnya di Toko tak akan kenal yang namanya libur. Ditanggal merah tetap wajib berangkat kerja tetapi lain dengan halnya jika saat anda sudah masuk kerja selama 5 hari, hari ke 6 baru akan menikmati istirahat.

2. Gaji dan benefit

Perushaan menggaji karyawan disesuaiakan UMK daerah tersebut. Jadi antara toko satu dengan yang lainya sudah bisa dipastikan berbeda. Dismping itu karyawan juga mendapatkan manfaat BPJK ketenagakerjaan, BPJS pensiun, asuransi serta tunjangan lainya. Setiap tahun jika penjualan bagus karyawan juga mendapatkan Bonus akhir tahun serta THR yang sifatnya wajib. Perushaan juga membiayai untuk keperluan dinas luar kota yang besarnya disesuaikan masing – masing jabatan. Kenaikan gaji karyawan juga di tentukan sesuai dengan kinerja karyawan masing – masing. (Kutipan http://fafauzizi.blogspot.com/)

3. Karir

Ini yang paling penting sebagai seorang karyawan. Tentunya karyawan menginginkan adanya karir yang jelas. Hampir sama antara indomaret dan alfamart, yang membedakan mungkin hanya sebutanya saja. Ketika calon karyawan baru masuk, maka karyawan tersebut masuk sebagai crew store grade 5. Kemudian selang 2 th crew store akan mengalami assesment untuk kenaikan level. Jika lolos maka akan naik grade 6 dengan jabatan assisten chief of store (asisten kepala toko). Kemudian selang 1 th akan promosi ke chief of store grade 7. Kemudian senior chief of store grade 8. Setalah dirasa mampu maka akan dilakukan pemetaan dan promosi untuk jabatan korwil grade 9. Nah di posisi ini karyawan mendapat mobil dinas dari perusahaan carry dan tidak hanya bertanggung jawab atas 1 toko saja namun harus bertanggung jawab 10 – 15 toko. Setelah karyawan masuk ke grade 10 atau senior korwil maka karyawan akan dilakukan assesmen untuk posisi manager area. Untuk manager area sendiri karyawan sudah di bekali dengan mobil livina dan membawahi 100 – 150 toko. Untuk jabatan selanjutnya kebih detail nanti akan saya share lagi. (Kutipan http://fafauzizi.blogspot.com/)

Demikianlah informasi tentang kekurangan dan kelebihan jika bekerja di Alfamart/Indomart Perusahaan yang mempunyai sistem perdagangan yang rapi. Anda tentu sudah ada gambarannya sendiri apa kekurangan dan kelebihannya.hehe

Kekurangan Dan Kelebihan Kerja Di Alfamart Yang Mempunyai Strategi Perdangan Sangat Rapih

sumber foto:http://alfamartku.com/blog/2015/09/pimpinan-alfamart-layani-pelanggan
Sebenarnya bukan saja kasir swalayan toko modern seperti yang kita kenal yaitu Alfamart dan Indomart yang mempunyai alasan kenapa profesinya, layak disebut sebagai profesi pekerjaan paling tangguh di Dunia. Melainkan juga semua yang bekerja atau berprofesi jadi Kasir Toko di seluruh Dunia. Artikel versi santriyai.com ini hanya sekedar gagasan motivasi untuk orang yang bekerja agar lebih bersemangat lagi ketika berprofesi jadi kasir Toko, disini santriyai.com mengambil contoh dan melihat-lihat dari cara-cara kasir toko Alfamart/Indomart sehingga versi ini muncul kenapa pekerjaannya layak disebut profesi paling tangguh bahkan di dunia.

Nah, swalayan modern seperti judul diatas merupakan swalayan modern yang berstandart nasional ataupun juga internasional. Jadi orang-orang yang berbelanja disana sangatlah ramai pengunjung orang-orang berbelanja, tentu hal ini sangat perlu di perhatikan oleh para kasir toko dalam kejeliannya menghitung uang dan barang. Karena biasanya mines atau kurang setor uang saat selesai jam kerja jadi momok paling mengesalkan bagi mereka para kasir toko.

Selain itu sosok Kasir toko yang ramah, serta tampak berdandan rapi dan raji senyum dengan konsumen tersimpan kekuatan luar biasa yang siap menghadapi segala terjangan badai bermacam-macam jenis tipe pembeli dan repotnya dalam menangani konsumen. Maka dibalik itu santriyai.com akan memberikan 10 Alasan Kasir Alfamart Dan Indomart Jadi salah satu Pekerjaan Paling Tangguh didunia.

1.Gaya bicaranya dengan konsumen yang sangat lancar, tegas dan jelas tetapi tetap mempunyai nuansa lembut.

Menjalani profesi seorang kasir toko memang dituntut untuk harus menyapa dan menanyakan hal-hala pada konsumen dengan intonasi yang jelas, yah kalimat yang tegas tapi tetap tanpa kehilangan kelembutan itulah standart seorang kasir. Mulai dari jargon (menyapa bahasa Alfamart), bertanya apa yang akan konsumen beli, mau dibayar cash atau debit, dan lain-lain sebagainya samapai akhirnya ucapan "terima kasih, silahkan datang kembali"

2.Dalam keadaan atau situasi apapun harus selalu tersenyum

Setiap orang tentu akan mempunyai masalah di waktu-waktu tertentu, entah itu masalah pribadi dengan pacar, keluarga dan yang biasanya paling kesal adalah ketika baru saja ditegur oleh atasan. Seorang kasir toko harus tetap menanggapi konsumennya dengan penuh tipe-tipe senyuman yang bisa membuat hati orang lain terpesona.

3.Harus fokus dan cermat dalam menghitung barang dan uang walaupun banyak orang/konsumen tanpa sadar mereka menyela pembicaraan saat sedang melayani di kasiran.

Tugas seorang kasir adalah melayani pembayaran. Perhitungan yang dilakukan oleh kasir toko harusnya cermat, mulai dari menghitung barang yang dibeli sampai memastikan jumlah uangnya. Itu harus tetap dilakukan dengan baik walau pelanggan sedang marah-marah di tengah prosesnya. (dikutip IDNTIMES).

4.Harus mampun mengangkat barang yang di beli konsumen

Produk di toko itu bervariasi dan kadang kabel scanner barcode tidak cukup panjang untuk menjangkau stiker label harga pada barang. Masalah akan bertambah jika barang yang dibeli pelanggan adalah sesuatu yang sangat besar dan berat, apalagi stikernya tidak semudah itu dicopot (bisa sobek jika asal dilepas). Kasir toko akan dengan "terpaksa" mengangkat barang mendekati scanner barcode bak seorang Superman.

5. Mampu menjawab tentang produk, perusahaan bahkan pengetahuan umum.

Kasir adalah proses terakhir bertransaksi di toko, kadang proses pembayaran berlangsung cukup lama apalagi jika barang yang dibeli banyak atau mesin pemroses kartu debit ataupun kredit mengalami masalah. Hal ini akan membuat pelanggan bertanya apapun kepada kasir toko mulai dari barang yang akan keluar selanjutnya, asal muasal perusahaan dan sebagainya.

6. Sabar dicaci maki walau akhirnya ditanyakan, "Mana manajernya? Saya mau ketemu!"

Kasir toko harus selalu siap dengan satu hal, menjadi bulan-bulanan kemarahan pelanggan. Pelanggan akan dengan sepuas mungkin mengungkapkan apa yang membuatnya emosi meskipun pada akhirnya bukan kasir lah yang dipercaya oleh si pelanggan untuk menyelesaikan masalahnya karena dia akan bertanya, "Mana manajernya? Saya mau ketemu sama manajer Anda!". Kemudian sang manajerlah yang melaksanakan solusinya sementara caci maki sudah habis ditumpahkan pada kasir.

7. Tegas mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

Entah itu presiden yang ingin mengembalikan barang yang sudah dibeli, menteri yang ingin tukar duit kecil sampai mafia kelas kakap yang ingin minta kantong plastik, seorang kasir toko harus dengan tegas memutuskan boleh atau tidak sesuai dengan peraturan yang diberlakukan di toko. Kalau memang tidak boleh, ya kasir tidak memperbolehkan, karena nasib pekerjaannya ada di keputusannya. Tapi tetap seorang kasir harus mampu memutuskan sendiri dengan pertimbangan matang dan mampu bertanggung jawab jika ditanya manajernya.

8. Mampu jadi juri tinju ataupun hakim penentu.

Tidak jarang ada pelanggan yang ribut dengan pelanggan lain di dalam toko. Entah karena berebut antrian atau saling menuduh sesuatu. Kadang tetap tersenyum sampai permasalahan selesai menjadi solusi untuk menjaga kredibilitas toko, tapi menjadi hakim dalam pertengkaran juga bisa menjadi jalan dengan cara tegas mengatakan, "Maaf, Bu. Ibu yang baju merah ini yang duluan." Tapi seperti hakim pada umumnya, harus siap dengan konsekuensi bahwa yang tidak terbela akan berpikir kamu tidak adil.

9. Dianggap sebagai cenayang yang bisa mengetahui letak barang hilang sampai anak hilang.

Setiap kali kamu pergi ke toko yang tidak ada penjaga keamanannya dan kamu kehilangan barang, tempat pertama yang kamu datangi pasti adalah kasir tokonya. Kamu berharap bahwa kasir toko menemukan barangmu yang hilang di toko kemudian menyimpannya, atau bahkan kamu berharap kasir toko mengetahui di mana letaknya di seluruh bagian toko tersebut. Ini berlaku juga anak hilang, walaupun yang namanya anak kecil itu bisa berlari dan belum ada yang tahu pasti dia sudah berada di mana.

10. Menjaga keamanan toko dengan sepenuh nyawa.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di bawah meja kasir terdapat tombol alarm bahaya yang disediakan pihak keamanan gedung ataupun bisa dipasang oleh pemilik tokonya sendiri untuk dihubungkan pada pihak berwajib. Setiap kasir toko menemukan sesuatu yang jelas-jelas menyangkut kejahatan atau mengalami kekerasan, dia harus sigap menekan tombol tersebut agar kedamaian toko tetap terjaga. Uang di mesin kasir yang dia tangani pun harus terjaga dengan baik.

Nah, sudah tahu kan kenapa kasir toko bisa dianggap sebagai salah satu profesi tertangguh di dunia. Kamu bisa mencoba untuk magang ataupun bekerja sebagai kasir toko supaya dapat menempamu menjadi manusia super yang tahan banting. Be strong seperti seorang kasir toko? Sumber kutipan IDNtimes.com.

Baca Juga:10 Pengalaman Nyata Suka Duka Kerja Di Alfamart, Mulai Dari Sistem, Jam, Gaji Yuk Simak!!!!

10 Alasan Kasir Alfamart Dan Indomart Jadi Pekerjaan Paling Tangguh


Bagi siapa saja yang pernah jadi karyawan Alfamart/Indomart atau sampai saat ini masih bekerja di perusahaan tersebut, pasti mempunyai pengalaman dan kisah-kisah nyata kerja di tempat tersebut. Yah, mereka adalah perusahaan dalam bidang swalayan ritel atau penyedia barang-barang kebutuhan sehari-hari yang di kelola dengan sistem yang sangat rapi dan apik. Toko-Toko Alfamart maupun Indomart sangat menjamur di berbagai kota besar bahkan sudah sampai kepelosok desa-desa itulah kenapa disebut mempunyai sistem yang sangat bagus.


Perusahaan Alfamart dan Indomart kalau tentang masalah gaji tidak dapat di pungkiri selalu tepat waktu, yang berdasarkan kenyataan pengalaman kerja di Alfamart/Indomart. Namun yang sering menjadi pengalaman atau kisah suka duka saat kerja di Alfamart/Indomart itu menurut pengalaman pribadi ada 10 hal yaitu berikut ini ulasannya.

1.Jam kerja yang sering molor

Berdasarkan pengalaman teman yang sudah mempunyai pemgalaman kerja di Alfamart bahwa sistem kerja di perusahaan tersebut seringkali molor, khususnya buat para penjaga Toko. Hal katanya sering terjadi saat pergantian shift.

2.Sekalipun gaji selalu tepat waktu, tapi kadang selalu dapat NBH

NBH adalah nilai barang hilang, yah betul mereka yang tidak tahu apa-apa, orang yang jujur, saat bekerja di Alfamart/Indomart pasti pernah mengalami ini yaitu Potong Gaji. Walaupun mereka tidak pernah telat membayar upah kerja.

3.Alasan loyalitas kerja, yang sering tidak enaknya kerja di Alfamart karena tidak ada upah gaji tambahan

Loyalitas kerja di Alafamart memang tinggi, pengalaman ini juga dikatakan oleh teman yang mempunyai pengalaman yang sudah cukup lama bekerja di situ. Dia menuturkan enak atau tidak kerja di Alfamart termasuk yang sangat menyedihkan ketika ada alasan loyalitas, seperti ada jam kerja di luar jadwal karyawan contoh di setiap dua minggu sekali ada yang namanya perubahan harga, nah hal itu sering terjadi alasan karena loyalitas. Anak toko terpaksa berangkat di malam hari padahal tidak ada gaji tambahan dan juga kadang ada meeting yang melebihi waktu dari jam kerja.

4.Kadang juga sering dapat komplain dari konsumen/customer

Suka duka karyawan Alfamart yang di Toko itu ketika ada konsumen rewel, dan kadang terjadi komplain yang berlebihan kepada atasan. Seperti halnya harga di label price dengan harga di Kasir berbeda.

5.Sering terjadi mis komunikasi antara teman kerja kala di toko, hal yang sangat lumrah seorang manusia dalam hidup bersama-sama tapi kalau di Alfamart ini kadang menjadi hati tersakiti, baik sama kepala toko ataupun sesama crew.

6.Karyawan Alfamart yang di Toko sering menjadi sasaran atasan (Korwil)

Hal yang sering ditakuti karyawan toko berdasarkan pengalam atau cerita nyata saat bekerja di Alfamart adalah Korwil atau atasan penjaga Toko. Karena memang biasanya sosok Korwil memang selalu mencari titik lemah penjaga Toko.


7.Ribetnya kalau ngurus masalah

Contoh ada masalah KS kurang setor, inpu qty dikasiran terlalu banyak yang gak bisa di hapus kecuali IT yang menangani dll. Hal ini menjadikan sangat malas bekerja disana, karena harus mengikuti terlebih dahulu alur ini itu. Padahal di Toko udah sangat genting.

8.Shalat Jum'at jadi masalah yang rumit

Yang jadi kendala apabila saat hari Jum'at dan satu toko itu karyawannya laki-laki semua. Tutup salah gak tutup dosa kalau gak shalat jumat, padahal juga muslim semua.

9.Tidak bisa istirahat Full,  hal ini sering terjadi ketika sekalipun barang datang tetap harus kerja nurunin barang, karena biasanya sang sopir minta buru-buru dan harus cepat selesai.

10.Tidak ada kata libur sekalipun tanggal merah nasional

Padahal waktu ini adalah waktu-waktu yang sering berharga seperti lebaran misalnya, Alfamart tetap menuntut selalu buka

Demikianlah singkat pengalaman kerja di Alfamart, suka duka ada tapi tetap semua harus disyukuri dan sudah menjadi takdir jalan rezeki.

10 Pengalaman Nyata Suka Duka Kerja Di Alfamart, Mulai Dari Sistem, Jam, Gaji Yuk Simak

Older Posts Home

Random