Menjadi anak Pesantren memang menjadi hal yang tak akan pernah terlupakan. Hal ini terjadi karena santri di sebuah pesantren mempunyai ciri khas tersendiri yang tak akan ditemui ditempat lain. Mulai dari berbagai gaya hidup yang unik seperti halnya berpenampilan dan cara mempertahankan hidup.Kenangan menjadi anak pesantren menjadi masa-masa seorang santri bakal membuat rindu dihari saat sudah tidak mondok. Bahkan sampai dihari tua nanti anak cucunya juga akan mendengarkan ceritanya saat masa-masa dipesantren.

Bagi mereka yang pernah menjadi santri kenagan-kenangan dipesantren pasti pernah merasakan hal ini. Dan yang belum pernah menjadi santri tentu belum asyik kalau belum membaca ini.Yuk kita simak kenangan saat menjadi anak pesantren yang bakal membuat Rindu simak pengalamannya.

1.Berkesan Aneh Dan Asing Saat Tiba Pertama Kalinya Dipesantren



Dimanapun seseorang tiba disebuah lingkungan baru tentu merasakan hal yang berkesan aneh dan asing. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku diponpes, dimana ada hal yang baru pasti terkesan berbeda dan asing. Tapi kalau anak pesantren pasti kebanyakan hal yang unik dan asinng yang pernah ditemui pasti ya di pondok. Sulit dijelaskan sebetulnya, kita akan merasakan sendiri apabila sudah dipesantren saat pertama kalinya. Mulai dari canggung beradaptasi, (Bagi yang pendiam) Bagi yang supel hal ini tentu tidak menjadi masalah bagi mereka. Terkesan aneh dan Asing karena melihat suasana nya berbeda dengan yang lain sebelumnya ditemui.

2.Sempat Berfikir Untuk Mengurungkan Nyantri



Santri original baru dan belum sama sekali mondok di pesantren  bakal spontan  kaget dengan aktivitas kegiatan  di pesantren. Mulai dengan harus membiasakan  hidup sehari-hari hingga jadwal ngaji yang full . Nggak sedikit juga santri pesantren yang pernah kepikiran untuk boyong alias keluar dari pesantren. Tapi keinginan itu akan sirna seiring dengan tekad yang kuat dan bimbingan dari pengurus atau teman yang selalu memotivasi untuk tetap harus menjadi santri. Karena berbagai penjelasan bla bla bla.

3.Makan Bareng-Bareng Satu Nampan Di Kroyok Beberapa Orang Bahkan Satu Nampan Belasan 



Segala aktivitas dipesantren memang sering dilakukan bersamaan dan masih tetap berlaku dipesntren umumnya. Hal ini menjadi kenangan anak pesantren paling manis yang membuat masa-masa saat menjadi santri terkesan sampai hari tua dan bakal membuat rindu dan kenangann yang tak akan terlupakan sampai seumur hidup.hehehe

  4.Merasakan Ngantri Mandi

Namanya juga hidup ramai-ramai. Ya pasti segalanya harus berbagi dengan sesama teman. Kamar mandi contohnya. Karena jumlah kamar mandi yang nggak sebanyak jumlah santri, maka antre adalah hal wajib yang harus dilalui sebelum masuk kamar mandi. Saling meminta peralatan mandi juga sudah menjadi hal lumrah. Katanya sih harus saling ridho. Hmm..

5.Pinjam Meminjam Barang

Hidup dalam kebersamaan memang mengasyikan juga menjengkelkan, Meminjamkan sesuatu ke orang lain tentu hal yang asyik dan dapat dinilai sebagi orang yang baik serta lebih mendapatkan banyak teman. Tapi urusan pinjam meminjam barang ini juga kerap menjengkelkan sebab sering terjadi keteledoran tanggung jawab. Hingga barang pinjaman itu hilang tak tau kemana jejaknya Hal itu terjadi karena Teman dengan teman lainya juga seterusnya meminjam dan dibalik banyak seseorang yang berbagai macam kriteria sifatnya. ya pasti resiko sabar dan sabar harus mengelus dada.heheehe

6.Terjerat Hutang Yang Menjadi Jurus Andalan Saat Bokek



Nggak cuma barang aja yang dipinjamkan, uang juga sering dipinjamkan. Saat bokek dan kiriman belum sampai, maka pinjam meminjam uang alias utang jadi solusi tepat.

  7.Harus Membiasakan Hafalan 

Harus membiasakn hafalan tentu dimanapun pesntren hal ini menjadi kewajiban santri Dan menjadi makanan setiap hari

  8.SendaL Selalu Menjadi Petak Umpet.



Ini nih kebiasaan buruk santri. Udah tahu kalau menggunakan barang tanpa izin itu nggak baik, tapi masih saja tetap dilakukan. Sandal jadi sasaran yang sering dighosob alias dipinjam tanpa izin dulu. Ujung-ujungnya, mereka yang sandalnya hilang bakal ghosob sandal teman juga. Ghozob berjamaah deh! Tapi semua ini terkadang sudah menjadi kesepakatan bersama bahhwa setiap sandal yang tidak disandarkan berdiri semua orang halal memakainya.

  9.Mengantuk Saat Mengaji

 Hal yang satu ini sepertinya sulit dihilangkan. Seakan menjadi ciri khas, setiap pelajaran pasti ada juga santri yang mengantuk. Bahkan terkadang mengantuk jadi aktivitas berjamaah. Menahan mata agar tetap fokus pada saat ngaji bisa menjadi hal yang sangat berat. Mungkin dia lelah...! Tidak hanya itu untuk urusan tidur dimaanapun santri bisa pulas tidur tak memandang posisinya.ihhihhiihhi

10.Siap Dihukum/Ta'zir

Hal ini terjadi saat santri melanggar aturan yang ada dipesantren.Oleh sebab itu mereka dihukum dengan berbagai macam hukuman sesuai pelanggaran yang dikenainya. Ada yang dicukur gundul,Ada yang menggali tempat sampah,dll

 11.Tetap Harus Bangun Pagi. 



Hidup dipesantren memang harus membiasakan bangun pagi.Padahal enak-enaknya tidur itu saat pagi.hehehehe


12Saat sudah tak lagi di pesantren, segala kenangan bikin kangen, dan ingin merasakan jadi santri lagi 

Nah, bagi para alumni pesantren, masa-masa membahagiakan di pesantren memang menarik unuik diingat terus. Kalau sekarang untuk mengobati kangen dengan pesantren sih cukup mudah, kan sudah ada banyak media sosial yang jadi penghubung antara kamu, teman, dan pesantren.

Kenangan Menjadi Santri Masa-Masa Yang Membuat Rindu Hal ini Pasti Di Rasakan.Alumni Wajib Baca

 Menjadi anak Pesantren memang menjadi hal yang tak akan pernah terlupakan. Hal ini terjadi karena santri di sebuah pesantren mempunyai ciri khas tersendiri yang tak akan ditemui ditempat lain. Mulai dari berbagai gaya hidup yang unik seperti halnya berpenampilan dan cara mempertahankan hidup.Kenangan menjadi anak pesantren menjadi masa-masa seorang santri bakal membuat rindu dihari saat sudah tidak mondok. Bahkan sampai dihari tua nanti anak cucunya juga akan mendengarkan ceritanya saat masa-masa dipesantren.

Bagi mereka yang pernah menjadi santri kenagan-kenangan dipesantren pasti pernah merasakan hal ini. Dan yang belum pernah menjadi santri tentu belum asyik kalau belum membaca ini.Yuk kita simak kenangan saat menjadi anak pesantren yang bakal membuat Rindu simak pengalamannya.

1.Berkesan Aneh Dan Asing Saat Tiba Pertama Kalinya Dipesantren



Dimanapun seseorang tiba disebuah lingkungan baru tentu merasakan hal yang berkesan aneh dan asing. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku diponpes, dimana ada hal yang baru pasti terkesan berbeda dan asing. Tapi kalau anak pesantren pasti kebanyakan hal yang unik dan asinng yang pernah ditemui pasti ya di pondok. Sulit dijelaskan sebetulnya, kita akan merasakan sendiri apabila sudah dipesantren saat pertama kalinya. Mulai dari canggung beradaptasi, (Bagi yang pendiam) Bagi yang supel hal ini tentu tidak menjadi masalah bagi mereka. Terkesan aneh dan Asing karena melihat suasana nya berbeda dengan yang lain sebelumnya ditemui.

2.Sempat Berfikir Untuk Mengurungkan Nyantri



Santri original baru dan belum sama sekali mondok di pesantren  bakal spontan  kaget dengan aktivitas kegiatan  di pesantren. Mulai dengan harus membiasakan  hidup sehari-hari hingga jadwal ngaji yang full . Nggak sedikit juga santri pesantren yang pernah kepikiran untuk boyong alias keluar dari pesantren. Tapi keinginan itu akan sirna seiring dengan tekad yang kuat dan bimbingan dari pengurus atau teman yang selalu memotivasi untuk tetap harus menjadi santri. Karena berbagai penjelasan bla bla bla.

3.Makan Bareng-Bareng Satu Nampan Di Kroyok Beberapa Orang Bahkan Satu Nampan Belasan 



Segala aktivitas dipesantren memang sering dilakukan bersamaan dan masih tetap berlaku dipesntren umumnya. Hal ini menjadi kenangan anak pesantren paling manis yang membuat masa-masa saat menjadi santri terkesan sampai hari tua dan bakal membuat rindu dan kenangann yang tak akan terlupakan sampai seumur hidup.hehehe

  4.Merasakan Ngantri Mandi

Namanya juga hidup ramai-ramai. Ya pasti segalanya harus berbagi dengan sesama teman. Kamar mandi contohnya. Karena jumlah kamar mandi yang nggak sebanyak jumlah santri, maka antre adalah hal wajib yang harus dilalui sebelum masuk kamar mandi. Saling meminta peralatan mandi juga sudah menjadi hal lumrah. Katanya sih harus saling ridho. Hmm..

5.Pinjam Meminjam Barang

Hidup dalam kebersamaan memang mengasyikan juga menjengkelkan, Meminjamkan sesuatu ke orang lain tentu hal yang asyik dan dapat dinilai sebagi orang yang baik serta lebih mendapatkan banyak teman. Tapi urusan pinjam meminjam barang ini juga kerap menjengkelkan sebab sering terjadi keteledoran tanggung jawab. Hingga barang pinjaman itu hilang tak tau kemana jejaknya Hal itu terjadi karena Teman dengan teman lainya juga seterusnya meminjam dan dibalik banyak seseorang yang berbagai macam kriteria sifatnya. ya pasti resiko sabar dan sabar harus mengelus dada.heheehe

6.Terjerat Hutang Yang Menjadi Jurus Andalan Saat Bokek



Nggak cuma barang aja yang dipinjamkan, uang juga sering dipinjamkan. Saat bokek dan kiriman belum sampai, maka pinjam meminjam uang alias utang jadi solusi tepat.

  7.Harus Membiasakan Hafalan 

Harus membiasakn hafalan tentu dimanapun pesntren hal ini menjadi kewajiban santri Dan menjadi makanan setiap hari

  8.SendaL Selalu Menjadi Petak Umpet.



Ini nih kebiasaan buruk santri. Udah tahu kalau menggunakan barang tanpa izin itu nggak baik, tapi masih saja tetap dilakukan. Sandal jadi sasaran yang sering dighosob alias dipinjam tanpa izin dulu. Ujung-ujungnya, mereka yang sandalnya hilang bakal ghosob sandal teman juga. Ghozob berjamaah deh! Tapi semua ini terkadang sudah menjadi kesepakatan bersama bahhwa setiap sandal yang tidak disandarkan berdiri semua orang halal memakainya.

  9.Mengantuk Saat Mengaji

 Hal yang satu ini sepertinya sulit dihilangkan. Seakan menjadi ciri khas, setiap pelajaran pasti ada juga santri yang mengantuk. Bahkan terkadang mengantuk jadi aktivitas berjamaah. Menahan mata agar tetap fokus pada saat ngaji bisa menjadi hal yang sangat berat. Mungkin dia lelah...! Tidak hanya itu untuk urusan tidur dimaanapun santri bisa pulas tidur tak memandang posisinya.ihhihhiihhi

10.Siap Dihukum/Ta'zir

Hal ini terjadi saat santri melanggar aturan yang ada dipesantren.Oleh sebab itu mereka dihukum dengan berbagai macam hukuman sesuai pelanggaran yang dikenainya. Ada yang dicukur gundul,Ada yang menggali tempat sampah,dll

 11.Tetap Harus Bangun Pagi. 



Hidup dipesantren memang harus membiasakan bangun pagi.Padahal enak-enaknya tidur itu saat pagi.hehehehe


12Saat sudah tak lagi di pesantren, segala kenangan bikin kangen, dan ingin merasakan jadi santri lagi 

Nah, bagi para alumni pesantren, masa-masa membahagiakan di pesantren memang menarik unuik diingat terus. Kalau sekarang untuk mengobati kangen dengan pesantren sih cukup mudah, kan sudah ada banyak media sosial yang jadi penghubung antara kamu, teman, dan pesantren. Baca Juga
Loading...
Post a Comment

Random