Masuk Pesantren seharusnya adalah alasan nyata tempat yang tepat kalau kamu mau mengembangkan Ilmu Agama. Dari tanda bukti bahwa mondok atau masuk Pesantren itu merupakan tempat yang paling sempurna untuk belajar Agama sudah ada bukti-bukti nyata. Dalam sejarahpun sebelum Indonesia merdeka bawasannya Pondok Pesantren merupakan Pendidikan yang paling baik dari waktu kewaktu sampai generasi milenial saat ini, tetap di percayai sebagai pencetak generasi terbaik lembaga pendidikan.

Namun jikalau kamu saat ini mondok sudah cukup lama bahkan belasan tahun tapi kamu masih mengalami semua tanda ini, itu tandanya kamu tidak berkembang disana dan ini seharusnya jadi pikiran utamamu apakah kamu harus pindah pesantren atau tetap disana.


1.Kamu tidak memiliki rasa kenyamanan dan bahagia menjalani kehidupan Pesantren

Hal yang utama yang bikin seorang santri itu gagal untuk berkembang dan sukses adalah ketika kamu saat berada di Pondok mempunyai ketidaknyamanan. Mungkin hal ini terjadi karena kamu hanya terpaksa dan tidak ikhlas dengan orang tua yang memasukkan kamu ke Pesantren. Ataupun juga kamu termasuk santri yang sering berulah atau disebut santri mbelink/nakal, hal inilah yang memicu kamu cenderung tidak memiliki teman baik dan kasih sayang dari pengasuh dan pengurus Ponpes. Maka di situlah kamu nantinya dalam waktu ke waktu kamu pasti akan merasa tidak nyaman yang mengakibatkanmu akan cepat boyong/keluar pondok sebelum Lulus.

2.Kamu tidak mengerti hal lain di luar jadwal kegiatan

Yang kamu tahu hanya masuk madrasah saja. Kamu tidak tahu bagaimana teman-teman santri di sekelilingmu bersosialisasi dengan baik, kamu tidak tahu bagaimana meluangkan waktu dengan sebaik-baiknya, seperti menghafal, membuka kitab-kitab setelah di kaji/muroja'ah kembali. Itulah termasuk tanda-tanda kamu gagal berkembang saat mondok atau belajar Ilmu Agama di Pesantren.

3.Kamu tidak mempunyai pribadi yang seimbang atas kenyamananmu selama bertahun-tahun

Semuanya merupakan segala kewajibanmu dalam belajar di Pesantren. Setiap hari, setiap detik mengaji. Kamu bahkan tanpa sadar bahwasannya mondok di Pesantren telah menghabiskan waktu bertahun-tahun tanpa ada sesuatu hasil yang kamu capai.

4.Kamu tidak memiliki rasa cinta terhadap Ilmu dan tidak cinta terhadap Ulama

Setiap hari langkah-langkahmu dalam menuntut Ilmu di Pondok Pesantren itu kamu sama sekali tidak merasakan cinta ulama dan Ilmu. Padahal hal yang paling utama yang bisa membuatmu memilki Ilmu yang berkah dan manfaat adalah dengan mempunyai alasan nyata yang terpanggil dari hati sanubari untuk mencintai Ilmu dan Ulama.

4 Alasan Masuk Pesantren Yang Membuatmu Tidak Bisa Berkembang Sukses


Untuk Kalian Para Laki/Cowok Jomblo yang sedang membanding-bandingkan antara memilih pasangan cewek santri dengan wanita selain kalangan anak Pesantren, ataupun bisa dikatakan kamu sedang ingin mencari jodoh, ada baiknya kamu sebagai pria sejati untuk lebih berani mengincar Cewek Santri Pondok Pesantren. Tanpa kalian ketahui, seorang yang pernah menjadi santri putri/santriwati di sebuah Pesantren, ternyata cewek santri mempunyai kelebihan yang lebih di unggulkan dari pada wanita yang tidak pernah mondok.

Ya tentu saja sebagian banyak orang khususnya cowok ketika menyinggung atau mendengar Gadis Pesantren tentu terbayang dalam benak kita, sosok perempuan yang polos, lugu, style/gaya dandan berpakaiannya biasa, dan tinggal di tempat yang sangat mulia sekali serta banyak sekali yang bilang Wanita Pesantren adalah Pasangan Idaman.

Tetapi masalah tentang anak pesantren putri itu lugu,polos dan terkesan biasa serta terlihat kurang pergaulan, kenyataannya enggak seperti itu juga. Cewek Pesantren jaman now (jaman sekarang) sudah memiliki banyak pengalaman dan sudah banyak yang mengikuti style wanita muslimah kekinian tanpa mengurangi ciri khas sebagai seorang santri dan tetap menjaga Syariat Agama.

Maka dari situlah tetap saja ada kelebihan cewek pesantren yang dimiliki dibanding Wanita awam yang bukan kalangan pesantrenan. Bagi kalian, janganlah ragu/bimbang untuk merubah sasaran atau incaran dalam memilih pasangan jodoh halal kamu. Jangan takut dan pernah berfikiran "Ah lebih sulit rasanya memperjuangkan sosok cewek pesantren itu, keburu usia semakin Tua." Masalah jodoh tentu sudah di sediakan oleh Tuhan yang terbaik untukmu. Hal ini adalah hanya sekedar buat kamu biar lebih semangat mencari dan memperjuangkan jodoh yang mempunyai kelebihan-kelebihan seperti yang banyak orang katakan tentang Santriwati. Berikut Kutipannya,

1.Insyaallah rajin dalam beribadah

Beliau Nabi Muhamad Saw pernah berpesan: "Nikahilah perempuan yang strong (KUAT) Ilmu Agamanya, Niscya kamu pasti beruntung" [HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasai]

Nggak bisa dipungkiri lagi cewek pesantren tentu mempunyai bekal-bekal Ilmu Agama yang mumpuni, apalagi jika dia memang benar-benar santriwati sejati serta udah lama belajar atau mondok di Pesantren. Ketika itulah saat menuntut Ilmu Di Pondok Pesantren mereka sudah dibiasakan dengan melaksanakan ibadah-ibadah. Seperti yang sudah di Perintahkan oleh Allah Swt diantaranya Puasa, Zakat, Shalat dll sebagainya. Nah, wanita seperti itulah yang layak dan pantas di sebut sebagai pasangan istri idaman.

2.Lebih paham tentang Agama

Nggak lengkap rasanya, jika mendengar tentang rajin ibadah tapi hanya sedikit paham Ilmu Agama. Yah, tentunya seorang santriwati lebih memahami Ilmu Agama. Karena setiap hari mereka selalu di mempelajari Agama. Inilah kelebihan tersendiri bagi wanita yang mondok dibandingkan dengan yang tidak mondok, dan tentunya memiliki pasangan sosok gadis pesantren menjadi lebih mempunyai banyak sisi positifnya.

3.Sosok Wanita yang bisa diajak hidup sederhana

Bagaimana tidak, seorang santri memang identik dengan kehidupan sederhana. Hal itu terlihat dari caranya bertahan hidup dan dengan bagaimana penampilannya yang sangat sederhana. Walapun anak wanita jaman sekarang melihatnya iuh banget, tapi wanita yang mondok itu justru cenderung bisa diajak untuk hidup yang sederhana dan tentu hal ini sangat menguntungkan bagi laki-laki/cowok pasangannya itu untuk tidak terlalu terbebani dengan gaya hidupnya yang sederhana.

4.Hal yang tidak bisa dipungkiri seorang santriwati tentu sudah berpengalaman mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Bagaimana tidak hal ini terjadi?. Hidup mandiri jauh dari orang tua yang selalu memberikan kasih sayang tinggi, apa-apa selalu lebih enak jika dirumah diabandingkan di Pesantren. Hal itulah ketika mondok memang memberikan tuntutan untuk lebih bisa hidup mandiri dan lebih dewasa dalam menjalani setiap langkah kehidupan. Nah, maka dari itu juga sosk santriwati tentu lebih mempunyai kualitas pengalaman dalam mengerjakan segala pekerjaan-pekerjaan Rumah Tangga. Seperti, Menyapu, Ngepel, Mencuci dll sebagainya.

5.Kebiasaan untuk mengatur uang sudah terlatih

Jadi, nggak perlu heran jika nantinya kamu sebagai pria/cowok bisa memiliki pasangan santri, itulah sebuah takdir yang sudah digariskan dan patut kamu syukuri. Karena mereka santriwati-santriwati mempunyai sisi kebiaasaan yang jarang ditemui/dilihat dengan wanita yang bukan dari kalangan Pesantren (Cewek Jaman Now). Ciri khas yang sudah membekas dengan kebiasaannya kala di Pesantren untuk mengatur keuangan tentu sudah menjadi hal yang lumrah anak rantauan.

Terbiasa hidup hemat dan sederhana ini tentu bukan hal yang mudah dilakukan setiap wanita. Namun dari terlatihnya dan kebiasaan waktu mondok bisa membawanya untuk mengatur keuangan kala berkeluarga.

6.Membagi waktu udah menjadi hal yang biasa

Hidup berkeluarga dan bermasyarakat sudah pasti akan mualai merasakan padatnya kegiatan kehidupan sehari-hari. Nah, disitulah kelebihan/keunggulan cewek pesantren, banyaknya jadwal kegiatan yang padat kala mondok/mengaji menjadikan ia lebih diunggulkan dalam membagi waktu. Yang lebih spesial lagi jika dia pernah merangkap dengan belajar di luar Pesantren, seperti mondok sambil kuliah, tentu sangat istimewa dan Idaman banget bagi Pria.

7.Lebih profesional dalam mendidik anak sejak dini perihal Agama

Ada sebuah kalimat ungkapan “Jika Ibu adalah tempatnya awal madrasah dan paling utama bagi buah hati itu benar adanya. Jadi, jika kamu mempunyai seorang istri santri, maka itu adalah suatu kelebihan dan anugerah yang sangat istimewa, karena dia bisa menjadi madrasah paling terbaik untuk anak-anak kamu kelak.

8.Sifat ke Ibuannya lebih mendalam karena mereka di Jamannya Mondok biasanya sering menjaga Putra/Putri Kiai

Sifat ini diterapkannya dari keberkahan ketika dia sering merawat atau menjaga Gus/Putra-Putri Pengasuh ataupun juga cucu-cucu dari Guru mereka di Pesantren. Sifat ke ibuan yang mendalam sudah pasti mereka miliki dan sudah mereka rasakan, pasalnya banyak sebagian santri ketika mondok sering merawat atau menjaga Gus/Putra-Putri Pengasuh atau cucu-cucu beliau.

9.Cewek santri lebih jago memasak

Suami mana yang nggak bahagia jika istrinya pintar memasak, hal ini sebuah fakta cewek pesantren adalah sosok yang sudah jago masak. Terlihat dengan adanya mereka sering memasak sendiri, membantu memasak Bu Nyai mereka, dan masak-memasak dalam event-vent terentu.

10.Cewek Santri Cenderung Lebih Polos Daripada Wanita-Wanita Jaman Sekarang

Tidak semua sih tapi kebanyakan mereka lebih polos dibandingkan dengan gadis-gadis lain yang buka berlatar belakang pesantren. Pergaulan seorang santri putri lebih terjaga dan lebih cenderung biasa dibandingkan dengan cewek lain. Apalagi pergaulannya dengan cowok-cowok pemuda jaman sekarang tentu hal sedikit mereka kurangi hubungan dekatnya dengan yang bukan mahramnya.

11.Akhlak Budi Pekertinya Lebih Baik, hal ini karena mereka mengerti dan pernah mengaji kitab-kitab akhlak yang diajarkan di Pondok Pesantren

12.Kebiasaanya Di Pesantren Membuat Cewek Santriwati Itu Lebih Sedikit Mempunyai Ruang Gerak yang bisa mengurangi sisi negatif pergaulan anak jaman sekarang.

Tidak seperti dengan cewek-cewek luar sana yang senang bermain dan bergaul sana-sini itulah yang membedakan dan memberikan sedikit kelebihannya. Dengan begini wanita pesantren lebih mempunyai keterbiasaan yang cukup dibilang lain dari pada yang lain.

13.Jangan Heran, Meskipun kadang Wanita Terlihat Kuper (kurang pergaulan) Dia Justru Bisa Menjadi Sosok Istri Idaman

Demikianlah alasan dan kelebihan mengapa cewek santri pesantren lebih diunggulkan untuk jadi sosok istri Idaman. Bukan untuk menjelek-jelekkan wanita yang tidak mondok, tapi hal ini hanya sebagai bentuk ilustrasi tentang artikel santri yang bersifat hiburan yang menemani setiap langkah perjalanan santri.

13 Kelebihan Pasangan Cewek Santri Dibanding Wanita Non Pesantren, Idaman Banget !!!

6 Hal Yang Dapat Jadi Inspirasi Ketika Mondok Sebelum Memutuskan Keluar/Boyong
Foto:IG Ala Santri
Masuk ke Pesantren adalah sebuah komitmen seseorang ataupun dilatar belakangi oleh kemauan orang tua yang sangat menginginkan anaknya mondok. Orang yang memutuskan masuk kepesantren adalah orang-orang yang berani berkomitmen demi kebahagian jangka panjang dalam menuju kehidupan yang hakiki dan juga tentunya semua demi memperjuangkan Agama.

Menjalani kehidupan jadi seorang santri itu memang tak mudah, selain saat di pesantren selalu ada cobaan terberat yang selalu hadir menemani setiap langkah dalam menuntut ilmu serta nantinya setelah keluar dari pesantren (boyong) seorang santri juga di tuntut menjadi PAKU, yang bisa menyatukan berbagi lapis masyarakat meski dia sendiri tak terlihat (Kata Inspirasi KH Abdul Aziz Manshur).


Bukan maksud mengolok-olok anak pesantren yang gak betah sebentar mondok atau tidak sampai lulus dan menguasai ilmu, karena santriyai.com pun juga begitu. Namun untuk melepas kepenatan pribadi sendiri maka dari situlah admin menulis artikel ini, yang barangkali menjadi sebuah inspirasi seorang santri yang mondok.

1.Sebetulnya mesantren lama ataupun sebentar adalah hak preogatif setiap masing-masing individu. Menuntut Ilmu di Pesantren itu emang harus didasari kemantapan/keyakinan hati untuk sebuah kemanfaatan diri sendiri serta tak lain untuk kemanfaatan keluarga juga masyarakat.

Namun kadang kita juga pernah mendengar dan juga perlu kita renungkan jika ada orang yang sebentar mondok tapi jago membaca kitab kosongan (GANDUL). Namun juga perlu di ketahui semacam itu hanya orang-orang tertentu saja dan biasanya orang yang sudah bernasab Kiai. Setiap orang bisa menguasai/mendapatkan Ilmu itu dengan berbagai cara yang berbeda dalam setiap langkah yang dijalaninya.

2.Masuk Pesantren bukan hanya sekedar hasil mendapatkan ilmu, namun soal bisa atau tidak itu urusan belakangan yang terpenting adalah mengaji dan mengaji saat di Pondok, nggak usah mikir ini itu. Karena Kamu tidak akan bisa mengubah apa yang kamu inginkan melainkan atas izin Tuhan.

Jangan pernah berfikir saat di Pesantren bisa buat kamu jadi anak orang yang paham Ilmu Agama seperti apa yang kamu harapkan. Karena itu malah bisa membuat merasa kecewa atas ekspetasimu yang berlebihan. Daripada berusaha mengubah setiap harapanmu mending berusaha untuk istiqomah belajar, tirakat dan menurut apa yang Kiaimu sarankan.

3.Latar belakang keluarga tentu menjadi salah satu yang bisa mempengaruhi seorang santri menjalani hidup di Pesantren jadi kurang full time/konsisten serta pasti terasa sulit karena mungkin keluarga cenderung ingin kamu cepet pulang karena berbagai hal sebab.

Orang tua/keluarga adalah hal yang utama bagi setiap orang merasa sedikit membuat bimbang saat kamu nyantri. Kalau keluarga nggak pernah mendorong atau memberikan hal apa kamu butuhkan ketika mondok tentu hal ini semakin terasa berat dan sulit. Namun, kata wejangan dari Guru santriyai.com yang pernah saya peroleh,

Tidak ada jalan mundur,” ujar Kiai, “Seperti halnya Khalid bin Walid yang membakar kapal-kapal tentara kaum muslimin saat ekspansi ke Eropa. Sehingga mereka tak lagi bisa mundur, takada pilihan lain selain maju bertempur. Maka begitulah semestinya pemuda, kalian-kalian ini, perjalanan masih panjang. Jangan sampai patah semangat!Dalam hidup tidak ada jalan mundur.”

4.Tentu banyak masyarakat kampung halamanmu kala mendengar anak yang mondok itu selalu dikaitkan dengan sosok orang generasi tokoh kampung dan hal ini juga tentu menjadi salah satu bagaimana kamu mempunyai cara agar tetap bisa bertahan di Pesantren sebelum akhirnya sesal menghampiri karena belum bisa menguasai.

Hal ini bisa jadi masalah di masa yang akan datang saat di kampung halamanmu, terlebih kamu membawa nama santri serta Pondok Pesantren yang kamu tinggali itu. Di saat kamu pulang sudah tak kembali lagi ke Pondok seiring berjalannya waktu tentu Ilmu seorang santri dibutuhkan oleh masyarakat.

5.Kebiasaan ketika di pesantren dan apa yang kamu terima kala mondok, itulah yang membawa seumur hidupmu jadi bagian hidup yang akan selalu bersanding dalam langkahmu.

Kalau kita masih masih mempunyai kebiasaan buruk dan masih mentah menelan Ilmu bersiap-siaplah menemui kehidupan bermasyarakat yang berbagai lapis. Dan hal yang terpenting adalah buat diri sendiri.

6.Ambisi soal pekerjaan yang mungkin jadi belenggu seorang santri, Ketakutan soal ladang pekerjaan mungkin cukup ngebuat cenderung mengalami keresahan bagi sebagian santri.

Inilah yang memang Kendala atau hambatan. Itu semua adalah tantangan. Paradigma semacam ini membentuk sikap yang berbeda. Kalau kita menganggap masalah sebagai hambatan, kita cenderung akan berusaha menghilangkannya. Tapi kalau anggapan kita adalah tantangan, maka kita akan berupaya menghadapinya.”

6 Hal Yang Dapat Jadi Inspirasi Ketika Nyantri Sebelum Memutuskan Keluar/Boyong


Secara logika pemikiran alasan logis tentang pacaran haram merupakan pendapat yang bisa diterima oleh kalangan masyarakat umum. Tetapi jika dilihat dengan hukum syariat agama islam dalil-dalil alasan kenapa pacaran itu haram tentu semakin jelas dan sangat keras, mengapa tidak di perbolehkannya seseorang pacaran. Yaa, setiap orang tentu tahu ataupun mengerti larangan-larangan tentang menjalin ikatan hati dengan seseorang yang bukan sedarah maupun sebelum ada ikatan resmi pernikahan (pacaran) adalah haram. Karena persoalan ini sudah tak asing lagi didengar, yang oleh para pendakwah seperti ustad/zah, kiai/ulama  yang membahas tentang menjalin hubungan dekat yang bukan muhrimnya itu adalah hal yang sangat fatal.

Banyak faktor sebab-sebab orang sudah tahu hukum tapi masih tetap nekat melanggar, mereka entah sadar atau tidak bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah perbuatan yang sebetulnya mempunyai dampak-dampak yang tanpa di sadari yang justru membawa ke jurang yang terjal serta mengerikan.


Berikut ini adalah hal dan dampak yang sering tidak di sadari saat pacaran:

1.Sadar atau tidak sebagai pasangan kamu sering nempel/bersentuhan layaknya kamu udah menjadi pasangan yang halal

2.Kamu dengan pasangan pacarmu yang belum halal itu kadang sering banget menggerutu kekurangan. Padahal setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Disinilah yang sering terjadi saat pacaran saling menilai kelemahan-kelemahan pasangan. Dan dari situlah kadang terjadi sebuah masalah pertengkaran. Karena kamu merasa paling benar saat ada masalah dengannya

3.Disalah satu pihak tentu setiap pasangan selalu ingin menjadi sosok yang kamu inginkan. 

4.Saat sering bertemu dengan pasanganmu itu kamu mungkin tidak menyadari untuk membedakan cinta dan nafsu. Dengan demikian tentu seseorang yang normal akan berfikiran berbuat mesum dengan pacarmu itu.

5.Udah banyak bukti bahwa pacaran itu membuat kecanduan dan tidak akan merasakan kepuasaan. Terbukti adanya banyak cowok maupun cewek yang sering gonta-ganti pacar.Baca Juga: Nasehat Untuk Orang Pacaran Yang Merasa Bahwa Cinta Dalam Pacaran Itu Benar Atau Hanya Nafsu

6.Baik itu pasangan laki-laki maupun wanita tentu salah satunya cenderung selalu mengandalkan kecantikan dan ketampanannya sebagai cara untuk membuat pasangan agar mempunyai daya tarik.

7.Berdasarkan alasan logika, logisnya manusiawi itu tentu mengatakan pacaran sebagai bentuk ekspresi cinta tetapi sebenarnya menurut agama islam sendiri adalah sebuah pelampiasan nafsu.

8.Egomu yang mempunyai prinsip pacaran dahulu dengan sepuas-puasnya mumpung belum menikah menjadikan kamu menjadikan sosok orang yang sombong. Karena kamu merasa dengan mudah mendapatkan pacar dengan mengandalkan segala kelebihan yang ada pada dirimu. Padahal itu justru hal yang perlu kamu syukuri atas segala nikmat yang Tuhan berikan.

9.Berujung penderitaan jika terlalu lama pacaran, hal ini sebuah fakta yang banyak di alami khususnya bagi perempuan. Seringkali perempuan dengan serius pacaran tapi pria pasangannya malah tertarik/selingkuh dengan perempuan lain.

10.Efek negatifnya jika kamu pacaran parah atau berlebihan biasanya cenderung mengakibatkan keprawanan seorang wanita hilang, serta yang sangat fatal lagi adalah berujung aborsi.


Logika Dan Dalil Tahu Alasannya Hukum Pacaran Itu Haram 10 Hal Ini Dampak Yang Tak Disadarinya


Menjalani kehidupan di Pondok Pesantren emang nggak mudah. Ada tantangan-tantangan yang perlu di hadapi, terlebih kamu saat ini menjadi seorang santri yang tergolong santri generasi milenial. Tantangan itulah yang biasanya bisa membuat menyerah. Karena santri jaman sekarang so pasti di tuntut berbagi hal yang otomatis berjalan mengikuti arus dunia ini yang semakin maju.

Yaaa, bagi seorang santri yang masih setia tinggal di Pesantren bahkan hingga belasan tahun mondok, berusahalah keras untuk lebih berkembang menjadi pribadi yang sukses. Bukan hanya sekedar bertahan lama tinggal di Pondok Pesantren tetapi bertahan sekaligus berkembang sukses saat mondok yang juga hal ini jarang di lakukan orang lain.

Biar kamu bisa bertahan saat di rantauan pesantren sekaligus sukses berkembang, kamu juga harus melakukan peran-peran penting menjalani kehidupan sebagai seorang santri generasi milenial. Ada hal-hal yang perlu kamu lakukan. Mulai dari bersikap keras pada diri sendiri  mengingat ada keluarga yang diam-diam mendoakanmu dalam hati setiap harinya.

Berikut 6 tantangan yang harus kamu hadapi sebagai seorang santri jaman now (jaman sekarang):

1.Buanglah rasa malas pada diri sendiri, Disitulah santri bisa lebih mandiri dan berani

Hidup di Pesantren tidak secara otomatis membuat anak santri jadi mandiri. Memiliki rasa malas tentu akan selalu ada. Tinggal bagaiamana kamu sebagai seorang santri menyikapinya. Namun, bersikap keras terhadap diri sendiri itu menjadi pilihan yang semestinya tertanam dalam diri. Bersikap keras pada diri sendiri bukan berarti kamu menyiksa diri. Namun kamu bersikap lebih dari biasanya. Lebih rajin. Lebih sadar kesehatan. Atau lebih berani dalam mengambil tindakan. Dari bersikap keras pada diri sendiri, kamu jadi lebih mandiri dan berani dalam menjalani kehidupan di perantauan.

2.Tetaplah berteman dengan siapa saja, namun kamu juga wajib ngerti tanda teman santri yang baik, suapaya kamu lebih terjaga dan bisa lebih waspada terhadap pergaulan teman yang tak patut kamu tiru.

3.Aktiflah dengan berbagai kesukaan yang sesuai dengan pilihanmu, hobi serta cita-citamu perlu kamu lakukan. Dari situlah kamu bisa nyaman tinggal di pesantren dan lebih berkembang.

4.Tuntutan belajar yang sangat ketat, seperti mengahafal perlu kamu sikapi dengan bijak sebagai bentuk kedewasaan seorang santri. Lelah dan sulit untuk menghafal saat mondok itu bukan suatu alasan yang tepat, coba lagi dan jangan menyerah pada keadaan yang membuat kamu jadi pribadi yang nggak berkembang.

5.Disaat santri kehabisan bekal/Menipis, janganlah kamu memberi kabar orang tua dengan tergesa-gesa. Coba carilah peluang usaha yang pas dan cocok di Pesantren siapa tahu ada peluang.

6.Kamu mungkin sangat lama bertahan di pesantren, bahkan belasan tahun, Karena nyaman sekali di Pesantren karena mungkin kamu mondok sambil bekerja.

Tapi perlu di perhatikan juga, sisihkan sedikit penghasilan itu untuk keperluan kelurga dan buat jenjang masa depanmu terlebih tabungan buat ke pernikahan nanti.

7.Disaat kamu didera cobaan penyakit itulah yang seharusnya kamu sadari, itu menjadi bagian hidup bahwa kamu semestinya bisa sehat lagi dengan caramu sendiri. Karena sembuh dengan cara keyakinan diri sendiri itu adalah obat utama paling manjur. Apalagi kamu jauh dari keluarga yang udah pasti seharusnya itulah kamu lakukan. Siapa lagi kalau bukan dirimu sendiri.

8.Meskipun seorang santri jauh dari orang tua, mereka tentu selalu mendoakanmu diam-diam. Maka teruslah berjuang sampai titik terang jalan kamu terlihat.

Santri Generasi Milenial 8 Tantangan Agar Berkembang Sukses Ini Perlu Dilakukan Saat Di Pesantren


Santri juga manusia biasa,toh juga sama dengan seperti yang lainnya, memiliki quotes (kutipan-kutipan) kata sedih/galau mengharukan, karena memang manusia tak lepas dari unek-unek perasaan yang kapan saja bisa terketuk hatinya untuk merasakan sebuah cinta. Yaa sebuah quotes santri yang pasti selalu di iringi setiap saat oleh perasaan pernak-pernik cinta yang senang ataupun sedih kala menjalani kehidupan di Pesantren. Mereka setiap santri memiliki cara pandang berbeda dalam menyikapi jikalau sedang di ketuk hatinya dan cara mengutarakan sebuah perasaan ke orang tua pun tentu berbeda-beda.


Berikut 7 Quotes Santri Kepada Orang Tua

1.Di tengah kejauhan dari sosok orang tua, anak santri selalu mengharapkan doa dan keridhoan dari keluarga yang bisa jadi sebuah spirit batin anak dalam menimba ilmu.

2.Duhai Ibu dan Bapak jika engkau rindu serta menginginkan kepulanganku dari pesantren, tunggulah aku dan janganlah bersedih ,sampai aku kembali kerumah kampung kelahiran itu, untuk berkumpul dengan engkau yang membesarkanku. Bersabarlah menunggu kepulanganku menuntut ilmu, Waktu yang tepat kadang menjadi sebuah perjuangan pilihan hidup ini.

3.Senantiasa aku disini selalu bersyukur dan berusaha untuk memberikan yang terbaik untukmu, karena engkau telah memasukkan aku ke pesantren. Sehingga aku sadar inilah takdir kewajiban yang harus kujalani dengan sebaik-baiknya

4.Di tengah cobaan, penderitaan atau suka duka menjadi seorang santri, mondok di pesantren selalu memberikan hikmah pembuka hati dan pikiranku lebih dewasa dalam menghadapi berbagai masalah. Mandiri adalah pilihan

5.Hidup hemat adalah bagian dari proses perjuangan. Aku yakin, tidak ada proses yang mengkhianati hasil,

6.Kesendirian dan kesepian perasaan kangen merindumu kadang selalu ku temui, Apakah aku sedih ???? Iya, tapi aku sadar ini merupakan bagian perjuangan.

7.Teruntuk orang tuaku, seiring berjalannya waktu kini aku semakin sadar bahwa engkau mengizinkanku ke pesantren ini menjadikanku lebih tahu arti sebuah hidup serta menjadikan hidup ini lebih berarti menjadi seseorang yang lebih kuat untuk menghadapi dunia yang fana ini.


Untuk Anak Yang Sedang Di Pesantren Inilah 7 Quotes Santri Terhadap Orang Tua

Mempunyai teman dekat seperjuangan kala menjadi santri di Pondok Pesantren semestinya bisa bikin yang menjalaninya nyaman dan bahagia serta semakin betah tinggal di Asrama Pesantren tersebut, sampai akhirnya kamu bisa lulus dengan meraih ilmu yang bermanfaat. Itu alasan kenapa mempunyai teman dekat santri saat di Pesantren begitu penting. Teman yang bisa nyambung dan cocok merupakan suatu langkah pertama, yang bikin kamu betah/kerasan sekaligus jadi sahabat terbaik yang bisa membuat jiwamu merasa lepas saat kamu nantinya dihampiri sebuah cobaan dan masalah-masalah lainnya.

Memiliki teman yang sekaligus sahabat saat mondok bisa ngebuat kamu menjalani pahit kerasnya kehidupan lingkungan pesantren. Dia akan menjadi salah satu teman yang selalu menemani setiap langkah perjuanganmu dalam belajar di pondok lebih terbuka, santai dan menyenangkan. Namun perlu kamu ketahui, apa saja sih yang menunjukan bahwa teman mondok (santri) itu mempunyai tanda-tanda dia adalah sahabat terbaikmu juga ???

1.Dia adalah tempat kamu curhat segala keluh kesahmu secara fisik empat mata

http://syihab-blog.blogspot.com/2013/02/pandai-memilih-teman-yang-membawa-kita.html
Ketika teman sudah seperti layaknya saudara kandung dirimu sendiri, kamu bakal mudah percaya sama dia. Bercerita hal-hal penting yang sedang kamu alami. Teman santri kala mondok bakal menjadi pertama kali kamu cari waktu saat ketemu kesulitan. Dan dia tentu bakal mendengarkan apa keluh kesahmu serta biasanya apabila kamu sudah sangat paham agama sebelumnya kamu sudah bermunajad/curhat kepada Tuhanmu terlebih dahulu.

2.Kamu lebih merasa nyaman dan bahagia kala sedang berkumpul dengannya


Kita tentu banyak sekali menghabiskan waktu dengan teman-teman yang hanya ala kadarnya berkumpul, ngobrol, nongkrong doang tanpa adanya faedah yang lebih kamu dapatkan. Memang itu perlu tapi tak seharusnya over hingga waktu kamu tidak tersadari habis dengan cuma-cuma. Namun apabila dia adalah betul-betul teman dekat terbaik dan bisa memberikan kamu faedah menjalani hidup di Pesantren lebih baik untuk kedepan tentu secara langsung seharusnya kamu bisa sadar, dia adalah sahabat yang nyaman serta bisa membuatmu bahagia karena kamu mendapatkan suatu yang lebih dari dia. Seperti belajar bareng, tukar pemikiran dll sebagainya.

3.Kamu merasa jelas/paham ketika dia menasehatimu

http://picbear.online/tag/pondokmahasiswa
Tidak semua orang merasa paham dan jelas ketika ada yang menasehati. Namun berbeda jikalau dia adalah sahabat terbaik tentu kamu akan lebih cepat paham dan menerima apa yang dia ucapkan.

4.Saling berbagi hobi, selera dan kesukaan

https://www.pontianakpost.co.id/lanjutkan-cita-cita-lama-ayahnya-yang-tertunda
Kamu bisa menganggap seseorang sebagai sahabat karena kecocokan dan kesamaannya denganmu. Ketika kamu dan teman santri dekatr punya banyak kesamaan, kamu bakal ngerasa dia adalah sahabatmu. Kamu dan dia sama-sama suka bola, traveling, vespa, atau The Beatles. Dan ini bisa jadi cerita seru buat kalian berdua.

5.Dia dan kamu mempunyai bahan candaan yang gak orang lain pahami

http://barudaksantrialhidayahnf.blogspot.com/2017/02/kumpulan-santri-alhidayah-nf-riung-asih.html
Kamu dan temanmu itu punya guyonan lucu yang bikin kalian berdua tertawa lepas, sampai kalian kadang ngerasa bersalah kalau ketawa keras-keras di tempat umum.

6.Kalaupun ada kesalahpahaman diantaranya kalian tetap santai dan hanya sejenak saja


7.Dia adalah lawan debat terfavoritmu.Seorang sahabat santri nggak cuma sharing tentang hobi, selera, dan kesukaan aja. Dia juga bisa jadi lawan debat favoritmu.



Baca Juga:Cara Menyenangkan Hati Sahabat, Kata-Kata Ini Yang Hanya Bisa Ku Persembahkan Kala di Pesantren

7 Tanda Teman Seperjuanganmu Di Pesantren Adalah Sahabat Terbaikmu Sekaligus Membuat Makin Kerasan Mondok


Bagi siapa saja yang pernah menjadi santri tentu tak akan lepas dari kebiasaan-kebiasaan unik yang banyak menuai kisah.Yah, seorang santri memang berbeda jauh dengan seseorang penuntut ilmu-ilmu di sekolah umum lainnya. Karena memang Pesantren adalah tempat pendidikan yang banyak di anggap masyarakat awam menjadi tempat pendidikan yang mempunyai anak didiknya mengalami kebiasaan-kebiasaan buruk, baik itu seorang anak didik santri laki-laki ataupun juga seorang santri putri. Namun kenyataannya hal-hal yang dianggap buruk, remeh, dan tentu menjadi topik pembicaraan masyarakat awam yang tak enak di dengar oleh sebagian santri. Namun kebiasaan tersebut malah menjadi sebuah tradisi/adat yang sering dilakukan anak pondokan baik itu santriwati/santri putra.

Dan biasanya yang dianggap buruk dalam lingkungan pesantren adalah dalam segi kesehatan, apalagi bila dipandang oleh dunia ilmu kedokteran, kehidupan lingkungan ponpes itu tentu sangat dianggap tidak layak apabila dilihat dari cara beraktivitasnya, Seperti cara makan dan minumnya para santri serta tempat-tempat lingkungannya yang rata-rata banyak ditemui kurangnya pemerhati kebersihan dalam kamar mandi. Memang betul dan fakta sebagian, banyak ditemui begitu. Tetapi tidak semua seperti itu juga, tapi biasanya hal ini paling banyak ditemui di lingkungan Pondok Pesantren Salaf (tradisional). Namun tetap saja mereka mempunyai banyak alasannya dan berbagai macam faktor penyebabnya.

Walaupun secara ilmu kedokteran dianggap tidak layak untuk diterapkan bagi para anak yang mondok dan juga anggapan-anggapan ini sangat tidak asing lagi bagi khalayak umumn yang awam untuk para santri, tetapi ini adalah sebuah fakta ilmiah mereka. Kenyataannya yang terjadi pada para santri semua itu tidak pas. Mereka para santri tetap saja berlawanan dengan ilmu kesehatan para dokter, terbukti sampai saat ini pula tentu masih banyak yang menjalani tradisi anak pesantren layaknya sudah turun temurun sejak dahulu kala. Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan unik para santri yang tergolong buruk tapi tetap saja aman dan ampuh untuk kesehatan mereka ?? Beriku ini adalah ulasannya:

1.Tradisi minum air kran

https://www.plukme.com/post/hanya-ada-di-dunia-santri-1519823367

Pengalaman ini juga di alami admin santriyai.com sendiri, terbukti bahwa minum air kran di lingkungan  pesantren tetap aman untuk kesehatan. Pasalnya admin juga saat di Pesantren bertahun-tahun minumannya paling banyak adalah air kran setiap hari. Baik itu air kran di masjid maupun di kolah pesantren. Tetapi hal ini apabila admin lakukan selain di lingkungan pesantren cukup mempunyai efek bagi tubuh yang kurang baik. Seperti terlalu sering kencing (buang air kecil) serta perut agak mulas. Mungkin menurut pengalaman prbadi memang itu adalah sebuah keyakinan dan sudah menjadi kebiasaan tradisi saat mondok di Pesantren. Jadi khasiatnya pun berbeda dan betul-betul nyata saya rasakan. Secara sudut pandang ini juga  memang disana tempat mulia karena setiap hari di iringi doa-doa dan tempatnya orang-orang penuntut ilmu. Jadi tidak menutup kemungkinan juga ini adalah sebuah keistimewaan yang di berikan Tuhan untuk kehidupan lingkungan Pondok Pesantren.

2.Sering begadang dengan ditemani kopi dan rokok setiap malam hari

https://www.qureta.com/post/kopi-santri-dan-nalar-akademisi

Yah, seorang santri salaf tentu sangat erat yang namanya kopi dan rokok untuk menemani hari-harinya belajar. Terlebih hal ini memang banyak dilakukan setiap malam hari. Tentu saja orang banyak memandang kopi dan rokok itu adalah teman yang dianggap kurang baik untuk kesehatan. Namun, bagi sebagian santri itu bukan suatu yang buruk tapi malah menjadi bahan untuk penyemangat dan menemani setiap langkahnya untuk belajar. Jangan tanya kenapa ? Memang itulah kenyataannya kok.he santri pasti banyak yang setuju kopi dan roko adalah teman sejatinya.

3. Tidak mengenal yang namanya makan pagi (Sarapan)

http://wardiantomuhammad.blogspot.com/2012/12/budaya-unik-masyarakat-pondok-pesantren.html

Diwaktu pagi hari sehabis ngaji ba'da subuh tentu kebanyakan santri suka tidur sampai siang bagi yang tidak sekolah umum. Jadi hal ini mereka jarang banget untuk sarapan, tidak begitu juga bagi mereka yang ada kegiatan sekolah umum, tak jarang mereka juga sering tidak sarapan. Mereka kadang malah memilih minum dan temani sebatang rokok sebelum persiapan untuk berangkat sekolah,

4.Membaca buku sambil tiduran

http://datariau.com

Fenomena membaca sambil tiduran pasti akan kita temui saat di pesantren, entah itu di kamarnya ataupun diserambi masjid. Hal ini akan lebih banyak di temui ketika di pesantren salaf (TRADISIONAL).

5.Kamar mandi banyak pakaian yang berserakan, yah namanya juga orang banyak tentu banyak berbagai macam sifat karakternya. 

https://docplayer.info/52669317-Pengaruh-pemahaman-keagamaan-terhadap-kebersihan-santri-pondok-pesantren-fadlun-minalloh-wonokromo-pleret-bantul.html

6.Memakai peralatan mandi secara rame-rame

http://www.pulsk.com/654022/77/

Nyata Kebiasaan Santri Yang Dianggap Buruk Untuk Kesehatan Tapi Malah Jadi Tradisi Dan Tetap Aman


Sebenarnya bagaimana sih kriteria-kriteria santri putri yang bisa bikin cowok santri jatuh cinta. Apakah hanya hanya seorang santriwati yang memiliki wajah menawan saja seperti layaknya artis-artis yang cantik mempesona ? Sebenarnya cantik bukanlah hal utama yang bisa bikin kebanyakan cowok jatuh cinta. Namun juga dari beberapa cowok ada yang lebih mengutamakan penampilan seorang wanita mulai sifat penampilan asli dan cara-cara ia mengenakan pakaian.Tetapi tetap saja seseorang gak bisa mengelak, pada dasarnya Style-nya anak pesantren putri itu memang selalu di perhatikan oleh santri putra, dan menilai penampilannya berdasarkan menurut apa yang mereka cantik dari wanita tersebut.

Namun, ada hal lain juga yang bisa bikin menarik perhatian cowok santri sehinga dia jatuh cinta saat di pesantren. Simak 6 ulasan Dibawah ini:

1.Santri Putri yang jago masak

http://asrama-h.blogspot.com/2016/03/cilok-isi-telur-dadar-ala-santri-asrama.html

Yah, seorang anak putri ketika di pesantren jago masak adalah kriteria yang mungkin besar dikatakan bisa bikin santri putra ngefans. Karena santri putri yang jago masak ini biasanya sangat dekat dengan Bu Nyai (istri pak Kiai) yang dimana selalu membantu untuk hal urusan masak-memasak. Alasan lain karena yang ini adalah langka untuk ditemui tidak semua santriwati jago masak dan dekat dengan Bu Nyai dan dalam pandangan umum kalangan anak pondok tentu hal ini di lihat bahwa mereka adalah sosok yang rajin.

Kenapa lebih suka yang rajin dalam urusan ini ? Pada dasarnya cowok itu kebnyakan malas untuk urusan dapur (pawon), juga dalam hal masak-memasak pun laki-laki itu juga tidak mahir. Maka dari itulah para cowok menggantungi sama wanita yang pinter masak.

Jadi, buat para anak pesantren putri yang jago masak, tenang saja kamu mempunyai kelebihan tersendiri sebagai nilai plus untuk mudah menaklukkan hati para anak pesantren putra yang kamu sukai. Yakin aja deh

2.Sebagai makhluk visual, tak dapat di pungkiri juga santri putra tentunya juga lebih menyukai santriwati-santriwati yang cantik dan sexy walaupun tetap mengenakan pakaian khas ala santri entah saat didalam pesantren ataupun juga di luar pesantren.

https://deskgram.org/santri.bening

Anugerah yang perlu kamu syukuri dan perlu kamu jaga dengan sebaik-baiknya ketika kamu di karunia wajah cantik dan mempunyai tubuh sexy. Disaat itulah kamu sebetulnya di uji Tuhan, dengan bagaimana seharusnya kamu mempunyai cara-cara untuk menjaganya sesuai tatanan ajaran Agama. Nah, disaat kamu bisa menjaga penampilan itulah yang termasuk kriteria seseorang cantik dimata para lelaki.

3.Aktif dan pinter dalam segala hal di bidang-bidang materi pelajaran pesantren

http://kabarbaikonline.com/alasan-kenapa-muslimah-lulusan-pesantren-layak-jadi-calon-istri-yang-baik-buat-kamu/

4.Tetapi perlu di perhatikan, cowok manapun tak lain halnya seorang santri rata-rata risih jika wanita terlalu lebay

https://lisafajarm.wordpress.com/category/kenangan-terindah/

5.Semangatnya yang luar ketika mendampingi adik-adik kecil (kelas TPA) ketika belajar dan biasanya juga saat melatih kegiatan-kegiatan yang akan di selenggarakan itu membuatnya tampak lebih tampil cantik.

http://darunnajah.com/semangat-pagi-bersama-santri-cilik/

6.Dianggap lebih cantik, ketika santriwati itu tampil sederhana asli tanpa make up

http://memecomicsantri.blogspot.com/2017/04/inilah-keunggulan-cara-berpakaian.html

6 Kriteria Santri Putri Cantik Yang Bisa Bikin Cowok Santri Jatuh Cinta


Mungkin bagi siapa saja tentu mempunyai cerita-cerita nyata pengorbanan tentang cinta, tak lain juga seorang santri. Meski hidup di Pesantren dan so pasti terhalang oleh tembok dinding Pesantren serta peraturan yang ada, baik secara hukum Agama atau aturan-aturan Ponpes tetap saja ada yang namanya kisah cinta antara santriwan dengan santriwati. Yah, Seperti yang dialami juga oleh santriyai.com yang juga mempunyai sebuah kisah nyata pengorbanan cinta terhadap santriwati/santri putri yang menjalani hubungan diam-diam saat di Pesantren, tanpa sepengetahuan oleh pengasuh dan pengurus Ponpes.

Kisah ini muncul saat awal-awal ketika itu santriyai.com menjadi santri baru di salah satu pondok di Jawa. Dimana pada suatu ketika bertemu dengan sosok wanita pesantren yang membuat jantung ini berdebar-debar hingga ane jatuh cinta kepadannya. Pada saat itulah seiring berjalannya waktu saya mempunyai tekad untuk mendekatinya dengan berfikiran ia bisa menjadi pacar, yang tentunya tanpa sepengetahuan pihak-pihak pengurus ponpes. Karena apabila ketahuan sudah pasti akan dihukum berat bahkan bisa jadi dikeluarkan dari pondok.

Sebut saja dia namanya fulan seorang santriwati yang dimana menjadi pandangan pertama kali saya yang membuat hati ini campur aduk tak karuan. Karena tempat mondok saya memperbolehkan para santrinya membawa handpondne (HP) maka di situlah saya bisa mengambil keuntungan untuk mendekati santri putri tersebut.

Berawal dari mencari-cari akun Facebooknya disitulah saya bisa tahu informasinya. Ya, namanya juga masih tergolong santri jaman now hal yang lumrah dan sangat mudah untuk berbuat nakal. Mulai inbok dia lewat akun fb sekedar basa-basi demi bermodus mendapatkan nomer teleponnya. Dan di saat itulah hatiku bertambah berdebar kencang karena dia ternyata juga meresponku dengan baik hingga memberikan nomer teleponnya. Setelah mendapatkan nomer telepon hingga action untuk menaklukkan hatinya dengan cara chattingan di mulai hingga beberapa hari. Ku gombali dia dengan kata rayuan-rayuan manis cinta akhirnya selang seminggu dia bisa menjadi cinta monyet (PACAR)hehehe

Pengorbanan-pengorbanan cinta pun dimulai walaupun berakhir dengan sedih dan penyesalan itu cukup memberikan pengalaman pacaran di Pesantren yang bisa buat pelajaran yang berharga. Karena di kala itu cukup menguras tenaga dan sedikit uang demi rasa cinta terhdapnya tetap bisa terjaga. Mulai dari hujan-hujan dimalam hari untuk membeli makanan dia bersama-teman-temannya santri putri di asrama, ku tetap berjuang menjaga hubungan itu. Padahal waktu itu uang yang ada didalam kantongku ngepres banget tidak cukup untuk bertahan sampai kiriman masuk rekening. Semua kulakukan demi dia bisa makin bertambah cinta sehingga di saat itu yang ada dalam pikiranku hanya kelak dia bisa jadi istriku.hehehe

Namun kisah cinta saat di Pesantren itu berakhir penyesalan sedih menyiksa batin. Karena saat di dalam madrasah mendapat sindiran-sindiran dari ustad tentang tema pergaulan anak santri jaman sekarang. Jadi ku putuskan saja dia namun tetap masih menjalin komunikasi dengan baik dan tetap menjalani hari-hari seperti biasa dengan menganggap dia hanyalah teman seperjuangan menuntut ilmu di Pondok.

Tetapi seiring bejalannya waktu dia ternyata makin menjauh denganku, mulai hilang kontak dan di sudah boyong (keluar dari pesantren duluan). Hingga lama-lama tak saling komunikasi terdengar dia akan menikah dan sampai saat ini sudah mempunyai anak.huhuhuhu

Begitulah jatuh cinta anak remaja, terkadang di saat jatuh cinta dengan wanita merasa dia adalah sosok pasangan yang tepat dan mempunyai keyakinan dia adalah jodoh untuk dirinya. Tetapi semua itu rata-rata hanyalah pembohongan diri, yang berarti nafsu saja. Banyak orang mengalami pacaran lama tetapi berakhir dengan sakit hati walaupun juga tidak sedikit yang samapai kejenjang pernikahan. Namun jika dilihat dengan seksama saat pacaran itu banyak hal kerugian-kerugian yang dialami kedua pasangan, mulai dari saling adu pendapat dan biasanya berakhir pertengkaran, saling benci-membenci, saling mepersalahkan, curhat dengan teman dekat ngegosipin dia dll sebagainya.


Kisah Nyata Pengorbanan Cinta Santri Putra Dengan Santriwati Saat Di Pesantren


Sebagai admin santriyai.com saya tidak setuju dengan kata-kata orang jaman sekarang yang kekinian mengatakan bahwa santri itu merupakan anak yang tidak gaul, tidak keren, kurang update, tidak mempunyai masa depan yang baik, dan lain-lain yang mengatakan secara langsung atau hanya di media sosial seperti apabila ada gambar-gambar kata-kata santri yang pasti tidak layak dishare.

Namun kali ini santriyai akan memposting kata kata santri yang kreatif dan penuh hikmah mutiara pesan baik itu menyentuh hati, juga untuk menumbuhkan rasa gairah semangat belajarnya agar menggebu-gebu serta tentunya sangat baik untuk di share seperti buat caption IG (Instragam), Untuk status Wa (Whatshap), Profil Fb (Facebook) yang pasti sangat cocok dan paling keren di kata-kata santriyai yang juga memang terkhususkan buat para kalangan anak-anak Pondok Pesantren baik yang sudah lulus maupun masih nyantri.

~Santri apa kabar kitabmu? Disini masyarakat menunggumu.
Kuharap kitabmu cepat selesai, Karena orang-orang datang melamarmu.

~Santri, apa kabar ngajimu? Sudahkah kamu buka qur'anmu.
Ku rindu. . .merdu tilawahmu. Deresanmu bagai buaian surgaku.

~Santri semangatlah, kamu di Pondokmu. Kami mendoakanmu.
SANTRI, Istiqomahkan ngajimu. Untuk bekal nanti di hidupmu.

Nasehat atau pesan dari orang tua ini sangat cocok buat para orang tua khusus biasanya para ibu yang rindu dengan anaknya yang sedang mondok. Namun janganlah bersedih wahai para ibunda-ibunda saat kamu dilanda kangen anak yang sedang mesantren/menuntut Ilmu serta lama tak berjumpa. Ada beberapa pesan kata dari Ulama/Kiai Baca Selengkapnya.

Santri memang di selalu banyak menyimpan cinta seperti pengorbanan cinta untuk selalu memegang teguh nama baik Pondok Pesantren, Cinta kebersamaan bersama teman-teman santri: Saat ro'an (kerja bakti), mayoran (makan bersama), dll. Tidak hanya itu kata-kata santri kekinian jaman now (jaman sekarang) tentang cinta yang sudah menjadi sangat populer di kalangan santri yaitu kata cinta yang ada dalam bait-bait syair kitab Alfiyah Baca selengkapnya

Kata Mutiara dalam syair bait-bait Kitab Alfiyah sangatlah banyak dan sering muncul di medsos karena mempunyai pesan-pesan mutiara hikmah untuk kehidupan yang baik serta yang mungkin terjadi adalah kata-kata penting yang diharapkan bisa untuk bermanfaat untuk orang lain Baca Selengkapnya

Kata santri gaul lebih cenderung mengutamakn kata-kata  penyemangat buat memotivasi diri sendir ataupun buat teman-teman sekelilingnya Baca selengkapnya

Kata ini sangat didedikasikan buat kalangan umum yang lagi kesepian, sedih, humor sebagai sarana untuk menghibur hati seseorang Baca selengkapnya

Kalangan Santri salaf atau salafy yang memiliki kata kata yang keren. Kamu sebenarnya bisa menemukannya di media sosial dengan mudah mengenai kata kata santri salafi Baca Selengkapnya

Banyak para dai atau pendakwah dalam ceramah/pidatonya menggunakan kata-kata bijak yang sangat menyentuh. Disamping itu beliau-beliau para pendakwah sering mendapatkan kata-kata bijak Baca Selengkapnya 

Biar tidak kalah dengan santri putra santriwati juga bisa unjuk gigi juga denga kata-kata Baca Selengkapnya



Hidup di Pesantren memang penuh cobaan berat, sehingga saat santri terkena musibah ini bisa menjadikannya galaunya hati. Walaupun begitu dia para santri tetap berkata-kata Baca Selengkapnya


Karena memang banyak orang-orang sunda yang pada nyantri tentu halnya didaerah sana memang banyak Pondok Pesantren. Maka untuk kalangan santri orang sunda inilah kata-kata kalimat keren berbahasa sunda Baca Selengkapnya


Tak cuma kata ala santri sunda kalangan santri daerah jawa pun juga punya kata-kata santri berbahasa jawa Baca selengkapnya

13.Gambar Serta Kata-Kata Keren Ala Santri (Santriwan, Santri Putra, Santri Putri, Santriwati, Mbak Pondok, Kang Pondok~~(sebutan nama khas santri) ) Baca Selengkapnya


Gambar Kata-Kata Santri Paling Populer Versi Santriyai.com ini bertujuan untuk hiburan saja. Dengan adanya gambar kata-kata santri yang diambil dari berbagai situs, tampilan kata-kata santri ini akan melepaskan rasa sedih, rindu kangen, kenangan, ataupun hanya untuk hiburan semata saja. Baca Selengkapnya


Sebuah Ilmu Cinta kata rayuan gombal paling romantis adalah salah satu cara merayu wanita/cewek (yang berarti pasangan halal kita) agar makin cinta serta membikin wanita/perempuan/cewek meleleh hatinya. Contoh kata rayuan gombal romantis untuk melelehkan perempuan/wanita/cewek salah satunya yaitu dengan merayu atau menggombalinya Baca Selengkapnya

15 Topik Kata-Kata Untuk Santri Terlengkap (Cinta, Keren, Lucu, Bijak, Galau, Gaul Salaf, Dll)


Kurang lengkap rasanya kalau santri gak punya kata-kata berbahasa jawa, Karena banyak sejarah mengakui bahwa pusat ilmu-ilmu kajian ala Pondok Pesantren itu terlahir di tanah jawa. Maka dari itu khusus untuk kalangan santri di jawa inilah kata kata yang pas dan cocok berbahasa jawa lengkap beserta artinya yang dikutip dari alasantri.com

Jumbuh karo unine bebasan, sabar iku kuncining swarga, ateges marganing kamulyan.
Artinya : Sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah “jalan utama” untuk mendapatkan “surga”. Yang dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan.

Sabar iku ingaran mustikaning laku.
Artinya : Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan.

“Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu”.
Artinya : Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga.

“Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana.”
Artinya : Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.

“Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati.”
Artinya : Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.

Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip.
Artinya : Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing.

Byung-byung tawon kembu.
Artinya : Orang yang suka berkumpul-kumpul tanpa ada keperluan.

Brojol saselaning garu.
Artinya : Selamat dari keadaan buruk berkat kecerdikan.

“Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki.”
Artinya : Sebaliknya kita harus menjalani dengan penuh harapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yang ada di dunia ini. Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan.

Nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep.
Artinya : Akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan.

Kata Kata Santri Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya


Kata-kata santri ala bahasa sunda selalu hadir bertebaran di media sosial, karena memang banyak orang-orang sunda yang pada nyantri tentu halnya didaerah sana memang banyak Pondok Pesantren. Maka untuk kalangan santri orang sunda inilah kata-kata kalimat keren berbahasa sunda beserta artinya yang dikutip dari basasunda.com

"Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a sarta ditutup ku rasa sukur"
Hidup ini harus diawali dengan do'a dan ditutup dengan rasa syukur

"Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi"
Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga

"Dina mikacinta, lamun aya hiji perkawis anu lepat, mending dipilarian jalan kanggo ngabenerkeunana, tibatan sibuk milarian saha baé anu kedah di salahkeun"
Dalam percintaan, kalau ada sesuatu yang salah, lebih baik mencari jalan untuk memperbaikinya, dari pada sibuk mencari siapa yang harus di salahkan

"Ulah sieun mikacinta, ku sabab kantos ngarasa gagal, aya hiji jalmi diluaran ditu anu naros, sepertos kumaha rasana dimikacinta ku salira?"
Jangan takut mencintai karena sebab pernah merasa gagal, ada seseorang di luar sana yang bertanya, bagaimana rasanya di cintai oleh mu?

"Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana."
Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya.

"Pilih hiji perkawis anu saluyu kana haté salira, sanajan kaayaan henteu mihak ka salira, yakin! kaayaan tangtos tiasa robah lamun salira tiasa ikhlas dina jero haté."
Pilih suatu hal yang sesuai dengan hatimu, walaupun keadaan tidak berpihak kepadamu, yakin! keadaan pasti akan berubah jika kamu bisa ikhlas dari dalam hati.

"Réréncangan éta sapertos bulan, onggal weungi anu poék cahyana teteup nyaangan urang. Cacak manéhana jarang dongkap, nanging manéhana teras aya."
Sahabat itu bagai rembulan, tiap malam yang gelap, sinarnya tetap menerangi kita. Walau ia jarang datang, tapi ia selalu ada.

"Sateuacan masihan naséhat dina cariosan salira, pasihan maranehanana naséhat ku sikep salira."
Sebelum memberi nasehat dengan ucapanmu, berilah mereka nasehat oleh sikap mu.

"Napsu nyaéta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng."
Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai, dari pada hal-hal yang abadi.

"Salira rumaos ngarasa leuwih hadé, sanés sabot sadaya masalahna tos réngsé, nanging sabot salira eureun ngahawatirkeun masalah salira"
Anda merasa lebih baik, bukan ketika semua masalah telah selesai, tapi ketika kamu berhenti menghawatirkan masalahmu

"Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seueur cara. Sedengkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seueur teuing alesan."
Orang bisa sukses, karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal, karena dia punya banyak sekali alasan.

"Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya ogé salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa."
Sekali kamu katakan tidak bisa. Maka disana juga kamu kehilangan kesempatan untuk bisa

"Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanés kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana."
Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya.

"Ereun naroskéun, kumaha carana meunangkeun anu salira pikahayang? Margi jawaban anu salira panggihan nyaéta ngan saukur iwal ti "USAHA"."
Berhenti bertanya, bagaimana cara mendapatkan yang kamu inginkan? karena jawaban yang kau temukan hanyalah "USAHA".

"Lamun salira mikahayang hiji perkawis anu teu acan kantos salira mipiboga, mangka salira kedah ngalakukeun hiji perkawis, anu teu acan kantos salira pigawéan."
Jika anda menginginkan sesuatu yang belum pernah anda miliki, maka anda harus melakukan sesuatu hal yang belum pernah anda kerjakan.


Kata-Kata Ala Santri Berbahasa Sunda Beserta Artinya

Older Posts Home

Random