Kelebihan dan manfaat anak jika mondok.

Banyak admin dengar dikalangan pesantren mereka mengatakan jika santri itu adalah orang-orang yang terpilih dari Tuhan, Kedengaran itu bukan hanya dari satu tempat pesantren, dari beberapa alumni jebolan pesantren dari berbagai daerah pondok juga berkata seperti itu.

Nah, Namun bagi kebanyakan orang ketika mendengar kata pesantren khususnya remaja yg terbiasa hidup mewah dan bebas tanpa aturan agama,pondok pesantren merupakan suatu PENJARA SUCI dimana di benak mereka PONPES adalah suatu komplek atau lembaga di mana kita hidup serba terikat, aturan ini aturan itu, kegiatan padat, ngaji ini ngaji itu, dgn sangsi yg berat, hidup serba terbatas, makan pun hanya tempe tahu dan juga tindak kriminal yg bermacam2 mulai dr pencurian, penganiayaan (bulying), bahkan homosexual..dan semua itu HAMPIR SEMUANYA SALAH (gak semuanya). Padahal nih gan, pondok pesantren memberikan banyak manfaat setelah kalian jadi alumni suatu lembaga pondok pesantren,Berikut Ulasan 12 Kelebihan dan manfaat anak jika mondok.


1.Anak Bakal Mandiri

Era zaman seperti ini semuanya menjadi serba mahal dan semakin melaju deras gaya hidup, Anak zaman now (Jaman sekarang) nih keinginananya semakin meningkat, Semuanya ingin cepat terwujud. Tanpa menghiraukan sesuatu posisi yang terjadi dengan dirinya. Tentu semua ini akan menjadi jurus merengek ke Orang Tua. Nah Jika anak mondok berstatus santri dia akan mempunyai pola pikir yang berbeda dan memiliki batas nafsu yang berlebihan, Sebab mereka terbiasa ngapa ngpaain sendiri mulai dari miakan masak sendiri, nyuci baju, nyapu ngepel, bersihin kamar mandi, nyuci piring dll.

Berbeda dengan anak zaman now (Zaman Sekarang) mereka kebanyakan saat ini hidup mewah, hp dan kendaraan yang bagus menjadi prioritas untu sekarang ini. Bahagianya Orang Tua zaman Now bila anak mondok pergi ke Pesantren mereka pasty memiliki standart akhlak mulia.

2.Skil Sosial Meningkat

Kenapa bisa begini? ya karena di pesantren itu kebanyakan orang perantauan sEmua jarang yang asli orang sekitar pesantren , di pondok hampir 70% orang luar kota dan 30% doang asli orang situ jadi mau ga mau anak pesantren haru bisa bersosialisasi sama semua orang dengan berbagai latar belakang dan buadaya yang berbeda beda, nah di sini lah skil sosialisasi anak bakal meningkat.

3.Banyak Teman Yang Seperti Saudara Sendiri

Kelebihan dan manfaat jika anak nyantri bakal mempunyai banyak teman karena di pondok banyak orang perantauan dari berbgai macam kota daerah yang tersebar. Setiap hari hidup berdampingan dan bersama-sama tentu membuat satu sama lain sperti saudara sendiri dengan adanya kegiatan atau saling gotong royong. untungnya nih kalo mau travel kemana mana ga usah nyari tempat nginep yang mahal harganya
nginep aja di rumah temen, uda mah gratis, di kasih makan lagi,hehehehe

4.Kuat Fisik dan Mental

Kalo di pondok tuh hampir semuanya di atur ya gan, pasti lah kita kita banyak yang melanggar, kalo ngelanggar otomatis dapet hukuman, saking seringnya di hukum tuh udah kebiasaan, mulai dari di bentak bentak lah di push ap lah ini lah itu lah banyk deh, jadi lama kelamaan ga ngepek lagi tuh hukuman begituan.

5.Terjaga dari pengaruh buruk lingkungan bebas

Anak yang tinggal di asrama atau pondok pesantren lingkungan belajarnya dibatasi dan ada skat-skat tertentu, bahkan dalam lingkungan itupun terkadang ada zona terlarang. terpisah lagi antara komplek putra dan putri. ini adalah salah satu bukti bahwa lingkungan pondok pesantren itu terjaga dari pengaruh yang dapat merusak pola fikir santri.

6.Ibadah terjaga

Ini yang paling penting, kalo di pondok pesantren shalat lima waktu dan ibadah sunnah lainnya berjalan dan terprogram dengan baik. dibina dan di didik ilmu agama secara bertahap sehingga mampu menguasai ilmu tersebut dengan baik. Ke enam ini jika anak memilih hidup di pesantren alangkah bahagianya pasti orang tua di hari akhir nanti.

7.Pondok pesantren tidak hanya mengajarkan kecerdasan intelektual, tapi juga ilmu agama yang bermanfaat untuk kehidupan mendatang.

Berbeda dengan sekolah umum, siswa di pondok pesantren tidak hanya diajarkan untuk mengejar kecerdasan intelektual (IQ). Pondok pesantren juga menekankan kematangan emosional dan spiritual (EQ & SQ). Selain matang secara logika, siswa di pondok pesantren juga memiliki kecerdasan mengelola emosi dan kebutuhan batin.

8.Belajar di pesantren juga membuat ikatan kekeluargaan jadi lebih dalam. Rasa empati juga banyak ditempa di sini

Jangan ragu terhadap ikatan kekeluargaan di pondok pesantren. Kehidupan bersama yang dijalani oleh para siswa, membuat mereka terbiasa untuk membangun atmosfer kekeluargaan dan mendidik rasa empati. Hal ini karena hubungan antar individu di pondok pesantren tidak hanya terjadi sewaktu pelajaran, tetapi juga kehidupan sehari-hari.

9.Pondok pesantren menanamkan budaya menghormati guru.

Meskipun semua institusi pendidikan mengajarkan hal serupa, namun pondok pesantren membawanya ke level yang lebih jauh. Guru benar-benar dianggap sebagai orang yang menyampaikan ilmu. Tanpa guru, kehidupan manusia akan tersesat. Dan hanya di pondok pesantren, seorang benar-benar dihormati.

10.Tak dipungkiri, belajar di pondok pesantren membuat anak-anak lebih terfokus untuk belajar.

Hal ini karena budaya dalam pondok pesantren yang menjauhi kehidupan duniawi. Alhasil kabar soal tren terbaru sangat jarang sampai di telinga para penghuni pondok. Berita yang mereka juga lebih tersaring. Jadi hanya berita yang memang diperlukan yang akan disampaikan. Karena itu, mereka menjadi terfokus untuk belajar.

11.Anak pondok pesantren terbiasa dengan perbedaan yang sangat beragam. Gak ada kata egois dan keras kepala.

Perbedaan ekonomi, sosial dan budaya melebur atas nama belajar bersama. Anak pondok pesantren akan belajar yang namanya ber-Bhinneka Tunggal Ika!

12.Saat bicara tentang Islam, ilmu anak pondok pesantren juga lebih mumpuni dan lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Manfaat anak berstatus santri pasti Ilmu agama didapatkan lebih bisa dipertanggungjawabkan. Ilmu agama Islam yang mereka dapatkan juga lebih mumpuni. Mereka memiliki kelebihan dari pada anak zaman now yang tidak mondok dan awam.


Jika anak mondok dipesantren kelebihan dan manfaatnya akan terbentuk lebih baik untuk masa depan mendatang.

Salam santriyai

12 Kelebihan Dan Manfaat Jika Anak Zaman Now Pergi Mondok.Bahagianya Orang Tua Anak Berstatus Santri

Kelebihan dan manfaat anak jika mondok.

Banyak admin dengar dikalangan pesantren mereka mengatakan jika santri itu adalah orang-orang yang terpilih dari Tuhan, Kedengaran itu bukan hanya dari satu tempat pesantren, dari beberapa alumni jebolan pesantren dari berbagai daerah pondok juga berkata seperti itu.

Nah, Namun bagi kebanyakan orang ketika mendengar kata pesantren khususnya remaja yg terbiasa hidup mewah dan bebas tanpa aturan agama,pondok pesantren merupakan suatu PENJARA SUCI dimana di benak mereka PONPES adalah suatu komplek atau lembaga di mana kita hidup serba terikat, aturan ini aturan itu, kegiatan padat, ngaji ini ngaji itu, dgn sangsi yg berat, hidup serba terbatas, makan pun hanya tempe tahu dan juga tindak kriminal yg bermacam2 mulai dr pencurian, penganiayaan (bulying), bahkan homosexual..dan semua itu HAMPIR SEMUANYA SALAH (gak semuanya). Padahal nih gan, pondok pesantren memberikan banyak manfaat setelah kalian jadi alumni suatu lembaga pondok pesantren,Berikut Ulasan 12 Kelebihan dan manfaat anak jika mondok.


1.Anak Bakal Mandiri

Era zaman seperti ini semuanya menjadi serba mahal dan semakin melaju deras gaya hidup, Anak zaman now (Jaman sekarang) nih keinginananya semakin meningkat, Semuanya ingin cepat terwujud. Tanpa menghiraukan sesuatu posisi yang terjadi dengan dirinya. Tentu semua ini akan menjadi jurus merengek ke Orang Tua. Nah Jika anak mondok berstatus santri dia akan mempunyai pola pikir yang berbeda dan memiliki batas nafsu yang berlebihan, Sebab mereka terbiasa ngapa ngpaain sendiri mulai dari miakan masak sendiri, nyuci baju, nyapu ngepel, bersihin kamar mandi, nyuci piring dll.

Berbeda dengan anak zaman now (Zaman Sekarang) mereka kebanyakan saat ini hidup mewah, hp dan kendaraan yang bagus menjadi prioritas untu sekarang ini. Bahagianya Orang Tua zaman Now bila anak mondok pergi ke Pesantren mereka pasty memiliki standart akhlak mulia.

2.Skil Sosial Meningkat

Kenapa bisa begini? ya karena di pesantren itu kebanyakan orang perantauan sEmua jarang yang asli orang sekitar pesantren , di pondok hampir 70% orang luar kota dan 30% doang asli orang situ jadi mau ga mau anak pesantren haru bisa bersosialisasi sama semua orang dengan berbagai latar belakang dan buadaya yang berbeda beda, nah di sini lah skil sosialisasi anak bakal meningkat.

3.Banyak Teman Yang Seperti Saudara Sendiri

Kelebihan dan manfaat jika anak nyantri bakal mempunyai banyak teman karena di pondok banyak orang perantauan dari berbgai macam kota daerah yang tersebar. Setiap hari hidup berdampingan dan bersama-sama tentu membuat satu sama lain sperti saudara sendiri dengan adanya kegiatan atau saling gotong royong. untungnya nih kalo mau travel kemana mana ga usah nyari tempat nginep yang mahal harganya
nginep aja di rumah temen, uda mah gratis, di kasih makan lagi,hehehehe

4.Kuat Fisik dan Mental

Kalo di pondok tuh hampir semuanya di atur ya gan, pasti lah kita kita banyak yang melanggar, kalo ngelanggar otomatis dapet hukuman, saking seringnya di hukum tuh udah kebiasaan, mulai dari di bentak bentak lah di push ap lah ini lah itu lah banyk deh, jadi lama kelamaan ga ngepek lagi tuh hukuman begituan.

5.Terjaga dari pengaruh buruk lingkungan bebas

Anak yang tinggal di asrama atau pondok pesantren lingkungan belajarnya dibatasi dan ada skat-skat tertentu, bahkan dalam lingkungan itupun terkadang ada zona terlarang. terpisah lagi antara komplek putra dan putri. ini adalah salah satu bukti bahwa lingkungan pondok pesantren itu terjaga dari pengaruh yang dapat merusak pola fikir santri.

6.Ibadah terjaga

Ini yang paling penting, kalo di pondok pesantren shalat lima waktu dan ibadah sunnah lainnya berjalan dan terprogram dengan baik. dibina dan di didik ilmu agama secara bertahap sehingga mampu menguasai ilmu tersebut dengan baik. Ke enam ini jika anak memilih hidup di pesantren alangkah bahagianya pasti orang tua di hari akhir nanti.

7.Pondok pesantren tidak hanya mengajarkan kecerdasan intelektual, tapi juga ilmu agama yang bermanfaat untuk kehidupan mendatang.

Berbeda dengan sekolah umum, siswa di pondok pesantren tidak hanya diajarkan untuk mengejar kecerdasan intelektual (IQ). Pondok pesantren juga menekankan kematangan emosional dan spiritual (EQ & SQ). Selain matang secara logika, siswa di pondok pesantren juga memiliki kecerdasan mengelola emosi dan kebutuhan batin.

8.Belajar di pesantren juga membuat ikatan kekeluargaan jadi lebih dalam. Rasa empati juga banyak ditempa di sini

Jangan ragu terhadap ikatan kekeluargaan di pondok pesantren. Kehidupan bersama yang dijalani oleh para siswa, membuat mereka terbiasa untuk membangun atmosfer kekeluargaan dan mendidik rasa empati. Hal ini karena hubungan antar individu di pondok pesantren tidak hanya terjadi sewaktu pelajaran, tetapi juga kehidupan sehari-hari.

9.Pondok pesantren menanamkan budaya menghormati guru.

Meskipun semua institusi pendidikan mengajarkan hal serupa, namun pondok pesantren membawanya ke level yang lebih jauh. Guru benar-benar dianggap sebagai orang yang menyampaikan ilmu. Tanpa guru, kehidupan manusia akan tersesat. Dan hanya di pondok pesantren, seorang benar-benar dihormati.

10.Tak dipungkiri, belajar di pondok pesantren membuat anak-anak lebih terfokus untuk belajar.

Hal ini karena budaya dalam pondok pesantren yang menjauhi kehidupan duniawi. Alhasil kabar soal tren terbaru sangat jarang sampai di telinga para penghuni pondok. Berita yang mereka juga lebih tersaring. Jadi hanya berita yang memang diperlukan yang akan disampaikan. Karena itu, mereka menjadi terfokus untuk belajar.

11.Anak pondok pesantren terbiasa dengan perbedaan yang sangat beragam. Gak ada kata egois dan keras kepala.

Perbedaan ekonomi, sosial dan budaya melebur atas nama belajar bersama. Anak pondok pesantren akan belajar yang namanya ber-Bhinneka Tunggal Ika!

12.Saat bicara tentang Islam, ilmu anak pondok pesantren juga lebih mumpuni dan lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Manfaat anak berstatus santri pasti Ilmu agama didapatkan lebih bisa dipertanggungjawabkan. Ilmu agama Islam yang mereka dapatkan juga lebih mumpuni. Mereka memiliki kelebihan dari pada anak zaman now yang tidak mondok dan awam.


Jika anak mondok dipesantren kelebihan dan manfaatnya akan terbentuk lebih baik untuk masa depan mendatang.

Salam santriyai
BACA JUGA
loading...
iklan banner
LightBlog
Posting Komentar

Random